Digital Hub BSD City Sillicon Valley nya Indonesia - Dunia-Spasi

Saturday, 18 August 2018

Digital Hub BSD City Sillicon Valley nya Indonesia

Foto : www.sinarmas.com


Siapa yang tak ingin melancong ke Sillicon Valley? Bagi yang aktif di dunia digital, berkunjung ke sana menjadi 
salah satu cita-cita yang jika mampu (Kayak naik haji saja hehe) sebaiknya berkunjung ke sana sebagai upaya menyerap inspirasi.

Tapi buat orang Indonesia sebentar lagi tak perlu jauh-jauh ke Sillicon Valley, perkiraan Tahun 2020 ada Digital Hub BSD City yang dibangun Sinar Mas Land. Salah satu perusahaan properti yang terkenal dengan inovasi terhadap layananya.

Digital Hub BSD City berdiri di lahan seluas 25,86 hektar di dekat kawasan Green Office Park BSD. Perancangnya adalah NBBJ. Bangunan perkantoran ini mengakomodir para start up dan pelaku bisnis lainnya. Melalui Digital Hub BSD City, diharapkan banyak yang berkolaborasi dan bersinergi antar perusahan. Terutama bisnis yang ada hubungannya dengan IT dan dunia digital lainnya.

Ada beberapa perusahaan besar juga yang akan ngantor di Digital Hub BSD City, diantaranya Apple, Huawei, Unilever, Juniper dan lain sebagainya. Bahkan Apple memberi sumbangsih dalam bentuk pelatihan bagi siapa saja yang ingin belajar membuat aplikasi atau belajar coding, hal ini bertujuan agar tecipta simbiosis mutualisma. Jadi, hubungan antara pelaku usaha dengan masyarakat luas terasa harmonis dan saling menguntungkan.


Pak Panji dari Sinar Mas Land, di acara blogger gathering pada 15 Agustus lalu di Dermaga Restoran Serpong Tangerang Selatan, mengatakan bahwa inovasi dalam membangun Digital Hub BSD City ini sebagai salah satu wujud dari pembangunan smart city yang banyak terintegrasi dengan segala hal yang berbau digital serta mendukung perkembangan atas semua kemajuan teknologi.

Pak Panji menambahkan bahwa kehadiran Digital Hub merupakan bagian dari komitmen Sinar Mas Land dalam meberikan kontribusi dan kepedulian terhadap lingkungan sekitarnya serta mendukung proses pendidikan yang dikembangkan dalam segala aspek. Terutama yang ada hubungannya dengan dunia digital.

Inovasi Digital Hub dibangun dilatarbelakangi tantangan kota zaman sekarang yang begitu kompleks dan memerlukan treatment yang serba terintegrasi dengan komponen-komponen lainnya. Antara lingkungan, manajemen kota, infrastruktur dan komunitas.

Dengan infrastruktur yang sangat terukur dan diperhitugkan dengan visi ke depannya untuk menjadi pemimpin dalam hal teknologi, Digital Hub diharapkan menjadi tujuan utama masyarakat dunia untuk belajar dalam hal teknologi. Dengan ini, Indonesia punya tambahan sesuatu yang dapat dibanggakan.

Sinar Mas Land juga mempunyai program SATU BSD (Silaturahmi Antar Umat Berdikari Sehat dan Damai) yang merupakan ajang pemersatu antar warga di BSD sendiri dengan warga di luar BSD. Karena, menurut Pak Panji, BSD City bukan hanya milik warga BSD City saja. Warga luar yang sering melakukan aktivitas di BSD City, seperti sekolah, bekerja dan lain sebagainya juga merupakan bagian dari keluarga besar BSD City.

Tujuan program SATU BSD adalah
  • Meningkatkan rasa memiliki antar semua warga BSD maupun yang bukan
  • Saling menggali potensi atas kehadiran BSD City sehingga warga dapat menyalurkan dan menuangkan segala ide dan inspirasi untuk dimanfaatkan bersama.
  • Menciptakan kerukunan, Warga yang multietnis, beragam agama dan suku wajib hidup rukun dan damai, hal ini disatukan melalui wadah dalam kegiatan-kegiatan positif yang diusung. Seperti bakti sosial, religi, nonton bareng film inspiratif untuk anak sekolah, program olah raga, kesehatan dan lain sebagainya.

Kota BSD City yang smart dan memerhatikan berbagai aspek sosial ini menurut saya suatu percontohan kota yang baik sebab selain modern dengan segala infrastrukturnya juga tak lepas dari memanusiakan warganya yang tidak menjadi individualis walaupun berada di kota besar dan modern. Inovasi-inovasinya selain keren secara langsung membantu aktivitas masyarakat di sekitarnya.

Blogger gathering bersama Sinar Mas Land

Saya yang warga Pamulang sering ke BSD City entah untuk numpang kerja, jalan-jalan, nonton atau sekadar menikmati alamnya di Taman Kota dan The Breeze. Pokoknya betah kalau sudah di sana dan bisa lupa waktu untuk pulang.
Saya sedang tidak sabar untuk menanti Digital Hub rampung. Bisa terus ke sana nih saya nanti.

5 comments:

  1. Wah saya juga jadi ga sabar teh pengen segera selesai ya, pengen liat juga sekeren apa yah

    ReplyDelete
  2. Amel pun ga sabar nih kesana semoga cepat jadi, program-programnya juga bagus.

    ReplyDelete
  3. Seru pasti kalau Digital hub ini ini udah jadi ya teh. Bisa jadi sarana belajar juga

    ReplyDelete
  4. Pelan-pelan kayaknya udah mulai ada startup yang pindah ke BSD nih dari Jakarta nih. Salah satu markasnya di Green yang Unilever itu.

    ReplyDelete
  5. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

@templatesyard