Merangkul Konsumen Kesupermarket.com Agar Lebih Loyal - Dunia-Spasi

Friday, 31 March 2017

Merangkul Konsumen Kesupermarket.com Agar Lebih Loyal


Menjawab tantangan iPrice untuk memberikan solusi dan masukan terhadap ecommerce, maka saya pilih kesupermarket.com sebagai ecommerce pilihan saya.

Saya mengenal e-commerce kesupermarket.com dari acara gathering tahun lalu di Jakarta Selatan. Sistem belanja via kesupermarket.com sangat memudahkan dan memanfaatkan teknologi banget. Kesupermarket baru beroperasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dan baru bekerjasama dengan Ranch Market dan Farmers Market. Hanya melayani wilayah yang jaraknya dalam batas sekitar 5 km saja. Dengan alasan supaya kesegaran terjaga. Sesuai tagline nya Fresh and Finest.
Belanja di kesupermarket.com cukup mengakses via websitenya di komputer atau aplikasi di smartphone. Dari hasil mencoba belanja, memang yang dilayani hanya ber-radius 5 km, jika lebih dari 5 km, tidak bisa dilayani. Saya waktu mencoba belanja, pinjam alamat rumah teman yang dekat dengan salah satu supermarket yang bekerjasama. Jadi saya bisa mencoba dan sukses!

Barang yang dipesan sampai dalam waktu satu jam saja. Luar biasa! Setelah itu, saya mencoba sistem bisa diambil di tempat, karena gak enak pakai alamat teman terus, saya kali ini ngarang alamat. Pakai alamat daerah lebak bulus agar terjangkau ke Ranch Market Pondok Indah. Gak takut nyasar barangnya karena kan mau diambil ke tokonya. Sukses! Pakai alamat bohongan yang penting sesuai radius kurang dari 5 km. Dan sejam kemudian, setelah diberitahu customer service belanjaan bisa saya ambil.

Dari pengalaman saya tersebut, ada beberapa catatan untuk kesupermarket.com agar bisa memperbaiki kekurangannya. Berikut catatan dari saya:



TARGET KONSUMEN:

Selama ini, target konsumen kesupermarket.com baru menyasar area Jabodetabek sedangkan daerah lain dan kota-kota lain banyak yang tertarik dan ingin juga merasakan layanan ini. Sebaiknya segera diluncurkan layanan kesupermarket.com untuk seluruh nusantara. Mengingat promosi dan jangkauan website dan sosial media kesupermarket sudah diketaui banyak orang. Jika promosi sudah menyebar, sebaiknya diimbangi dengan penyebaran cabang dan layanan yang lebih luas.

Radius layanan juga sebaiknya ditambah, tak sebatas 5 km. Saya rasa untuk bahan makanan segar yang dibubuhi es batu akan kuat untuk jarak minimum 10 km. Apa lagi untuk bahan makanan kering seperti beras, biskuit dan bahan mentah lainnya. Banyak yang ingin mendapatkan layanan ini tapi radius sangat terbatas.

SOLUSI : Jika kesupermarket.com tetap ingin memberlakukan kebijakannya seperti semula, dengan layanan radius tak lebih dari 5 km dan hanya untuk konsumen di Jabodetabek saja, strategi promosi ke target pasar dan konsumen harus lebih mengerucut dan terfokus.


PROMOSI TAK CUKUP HANYA MELALUI ONLINE

Saat gathering acara ini, menurut pihak kesupermarket.com promosi hanya dilakukan melalui digital dan mengedepankan kualitas produk. Ini oke menurut saya. 

Catatan saya untuk sistem promosi, target pasar dan konsumen yang sangat terbatas, dengan radius tak lebih dari 5 km dari rumah ke supermarket dan sebaliknya, itu pun hanya untuk wilayah Jabodetabek, maka promosi tak bisa hanya dilakukan secara online, mengingat pengguna gadget dengan aplikasi yang digunakan di area tersebut belum tentu semua memahami dan belum tentu semua punya aplikasi. 

Mengingat banyak masyarakat yang belum tanggap teknologi, sekalipun masyarakat kelas menengah ke atas. Tidak menjadi jaminan mereka ngeh dengan aplikasi keren kesupermarket.com ini.
Jadi, ini beberapa solusi promosi yang bisa dilakukan:

Penyebaran Pamplet atau Brosur

Penyebaran pamplet atau brosur bisa dilakukan di mana saja, sesuai wilayah target yang diinginkan. Misalnya, di area Ranch Market dan Farmers Market atau di tempat umum. Sebaiknya, ada petugas yang menyebarkan pamplet atau brosur ke rumah-rumah yang ada dalam radius layanan. Dengan catatan, ada evaluasi setiap bulannya, jika efektif, metode ini bisa diteruskan.

Monthly Gathering untuk Konsumen

Agar konsumen loyal, salah satu yang dapat mengambil hatinya adalah dengan membuat forum. Buat millis satu hamalan saja di website kesupermarket.com untuk menampung konsumen atau pengguna layanan yang setia dan butuh wadah. Jadi, kesupermarket.com tak hanya mengirimkan email promosi melalui subscribe saja tapi memberikan informasi melalui millis atau forum akan lebih ada kedekatan secara emosional.

Selain forum atau millis, adakan gathering rutin bisa sebulan sekali atau disesuaikan dengan kesiapan kesupermarket.com. Mau dilaksanakan dua bulan sekali atau lebih pun tak masalah yang penting ada tatap muka. Ini kesempatan untuk mengetahui masukan dan harapan konsumen.

Door To Door Introducing

Bisa juga dilakukan perkenalan dari satu lingkungan rumah ke lingkungan rumah lainnya di wilayah radius layanan, dengan cara mendatangi RT atau perkumpulan Ibu PKK atau Arisan. Melakukan aktivitas games, kuis berhadiah atau berbincang-bincang sambil memperkenalkan fitur kesupermarket.com yang bisa dimanfaatkan.  
Strategi door to door lebih mendekatkan dan memasyarakat tentunya.

Member of The Month

Beri penghargaan kepada konsumen pilihan yang setia menggunakan kesupermarket. Konsumen yang rajin belanja atau aktif di forum. Apresiasi ini akan menumbuhkan loyalitas dan pemenang Member of The Month biasanya secara otomatis menjadi brand ambassador secara sukarela. Akan menyebarkan informasi terkait kesupermarket.com secara sukarela karena ada keterikatan secara emosional. Jika sudah saling memberi dan menerima manfaat, simbiosis mutualisme pun tercapai dengan sendirinya.


PRODUK DISPLAY

Produk display sangat penting, sebaiknya beri tanda mana barang masih tersedia atau yang sudah sold out agar konsumen bisa memilih barang-barang yang tersedia saja tanpa kerja dua kali untuk memilih dan order kembali saat diberitahukan barang tersebut kosong.
Karena, pengalaman saya belanja melalui kesupermarket.com ini, beberapa kali mendapatkan stok yang kosong. Pemberitahuannya dilakukan setelah check out jadi, makan waktu lagi dan harus membuat order baru lagi.

Deskripsi produk pun harus jelas, mana yang tersedia dalam bentuk kemasan asli atau refill dan jika isi produk sama namun tersedia beda kemasan juga harus dijelaskan. Misalnya, Minyak Goreng A tersedia kemasan 2 Kg, jika kemasan Refill yang di-display apakah ada kemasan botol yang tersedia?

Di poin target konsumen di atas, saya membahas soal radius layanan pengiriman, saya menyarankan untuk menambah jangkauan dengan menambah jarak radius. Solusinya, bisa bedakan mana produk yang hanya dilayani radius kurang dari 5km dan bisa dilayani sampai radius 10 km. Caranya, bedakan produk. Jika produk segar seperti sayuran, daging dan makanan matang harus sampai cepat, tidak masalah hanya dilayani dalam radius kurang dari 5 km tapi jika makanan kering bisa dilayani pengiriman dalam radius lebih dari 5 km. Jadi, konsumen merasa puas menggunakan layanan ini.


PENGEMBANGAN APLIKASI

Usahakan aplikasi ringan saat diakses, fitur-fitur dibuat sederhana dan eye-catching jika aplikasi user friendly dan tidak berat, akan memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya.
Terpenting lagi, selalu update konten nya. Dan produk yang ditampilkan juga secepat mungkin update jangan sampai produk yang kosong tidak dikasih tanda atau pemberitahuan bahwa barang tersebut kosong.


CALL CENTER / Customer Servive

Selama saya mencoba belanja melalui kesupermarket.com, call cencter cukup melayani dengan baik. Selalu tanggap dan koordinasi baik sehingga belanjaan selalu tepat waktu sampai.

Catatan untuk call center kesupermarket.com, harus mengetahui banyak aktivitas kesupermarket.com di setiap gerai atau tempat. Info – info tersebut bisa didistribusikan oleh pusat tentunya. Mengapa saya memberi masukan ini? Karena usai gathering blogger dan media, saya mendapatkan voucher belanja kesupermarket dan ketika saya bertanya ke call center cara penggunaannya, karena kode voucher semua sama dengan yang dibagikan ke peserta. Call center tidak tahu dan tidak ada follow up untuk membantu bertanya ke atasannya atau pihak yang bisa mewakili.

KODE VOUCHER

Jika membuat kode voucher, sebaiknya buat kode unik untuk masing-masing voucher, karena kalau kode voucher sama, akan mengundang disalahgunakan orang yang tidak bertanggung jawab walaupun one use one registration tapi kode yang unik akan lebih aman dan mengunci.

Demikian masukan saya untuk kesupermarket.com. Saya menuliskan ini karena fitur kesupermarket.com sudah bagus dan sangat membantu bagi yang paham kemudahan melalui digital. Jika dibenahi, akan memberi value yang lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat luas. Dan kesupermarket.com belum tersosialisasikan bahkan untuk wilayah yang ada dalam radius layanan. Mudah-mudahan solusi yang saya tuliskan ini dapat memberikan masukan agar kesupermarket.com lebih dikenal dan dirasakan manfaatnya untuk masyarakat luas.



10 comments:

  1. Nah iya, saya juga pernah belanja di Kesupermaerket nih. Satu lagi teh, selalu update untuk stok barang-barangnya, karena saya sering banget udah pesen barang, tapi pas udah order baru dikasih tau barangnya udah sold ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL NYATA

      Delete
  2. Aplikasi gak berat, bener banget teh, saya pernah download aplikasi buat belanja, udah mah berat, lama kebukanya alhasil males duluan meski kepengen belanja :(. Kalo aplikasinya ringan dengan kapasitas kecil, kayanya bakal jadi dambaan semua orang.

    ReplyDelete
  3. Sayang banget, Bandung belum bisa ya teh. hihih. Padahal lumayan ya biar ga capek keluar

    ReplyDelete
  4. baru tahu ada kesupermarket.com, bu
    ini jadi solusi kaum urban nih
    coba ah instal aplikasinya :)

    ReplyDelete
  5. Aku malah baru tau ada kesupermarket.com. semacam belanja di supermarket online ya.

    ReplyDelete
  6. Waks, warbiyasak idenya teh Ani :)
    Barokallah ya teh selamaaaatt

    ReplyDelete
  7. Wah, saya baru tau nih ada jasa kesupermarket.com ini. Anyway, congratulations teh Ani. You're Keren! ^_^

    ReplyDelete
  8. Kalau di kampung saya mau sayur dan buah fresh bukan ke supermarket dit kom tapi langsung saja ke kebun samping rumah dot kom

    Hahaha...

    Di kota aja jarak 5 km. Apalagi ke Cianjur ya. Jaman mana....

    ReplyDelete
  9. Aku malah baru tahu ada aplikasi kesupermarket, teh. Keknya enak itu, nungguin belanjaan sambil ngetik di rumah.

    ReplyDelete

@templatesyard