Pertumbuhan Sempurna Si Kecil Membutuhkan Nutrisi Tepat, Stimulasi dan Kasih Sayang - Dunia-Spasi

Friday 5 June 2015

Pertumbuhan Sempurna Si Kecil Membutuhkan Nutrisi Tepat, Stimulasi dan Kasih Sayang

Pertumbuhan anak lebih optimal jika dimaksimalkan sejak 1000 hari pertama kehidupan. Karena perkembangan otak pada periode ini, merupakan periode kritis dan sensitif. Seribu hari pertama kehidupan dimulai sejak pembuahan janin, maka pada masa ini jangan disia-siakan untuk memberi nutrisi yang diperlukan untuk mengoptimasikan otak janin yang akan berdampak sampai dewasa.

Talkshow & Presscon

Di acara launching Dancow Excelnutri+ empat narasumber ahli berbagi wawasan dengan para undangan media dan blogger, diantaranya Dokter Spesialis Kandungan Dr. dr.Ali Sungkar, Sp.OG(K), Nutrition Advisor Manager PT.Nestle Indonesia dr.Vinka Desria, Dokter spesialis Anak Tumbuh Kembang dan Psikolog dra.Ratih Andjayani Ibrahim, MM. Psi.

Menurut Dr.dr.Ali Sungkar, Sp OG(K), apa yang ditanamkan pada si kecil dalam periode emasnya, yakni sejak lahir sampai usia dua tahun, akan tertanam sampai ia dewasa nanti. Nutrisi yang baik dan stimulasi dini sangat diperlukan. Jadi, nutrisi saja tak cukup, stimulasi pun harus dilakukan. Orang tua harus bisa menemani anak bernain, berbicara dan melakukan kegiatan fisik lainnya. Melakukan kegiatan fisik dengan anak pun akan memberi kedekatan secara emosional yang baik. Melakukan stimulasi tak harus pergi ke tempat jauh, di dalam rumah pun bisa. Misalnya, melatih anak untuk makan sendiri, membiarkannya merangkak atau memegang makanan / minumannya sendiri, memperdengarkan alat musik dan bunyi-bunyian lainnya.

Dr.Vinka Desria memberi penjelasan jika orang tua memberi perhatian dan memenuhi gizi anak sesuai tahapan usia nya, anak akan tumbuh lebih sempurna. Hal yang sering terabaikan, ketika memberikan nutrisi, orang tua hanya fokus pada jenis makanan atau minuman yang diberikan, kurang memerhatikan komposisi dan kualitasnya. Faktanya, masih banyak bayi atau balita yang mengalami gangguan pencernaan. Sehingga pertumbuhannya terhambat. “Sistem daya tahan tubuh terletak pada saluran cerna sebanyak 80% dan untuk memperoleh perlindungan terhadap saluran cerna, bisa didapatkan dari berbagai sumber seperti Lactobacillus, Rhamnosus, Bifidobacterium longum, Minyak Ikan serta nutrisi penting lainnya.” Kata Dr.Vinka.

Bakteri baik dalam tubuh akan melawan bakteri jahat yang kerap mengganggu pencernaan. Dengan meminimalisir bakteri jahat, sistem pencernaan menjadi lancar, dapat mencerna makanan yang masuk dengan baik tanpa terkontaminasi dan menyebar ke jaringan tubuh sehingga membantu pertumbuhan anak dengan sempurna.

Dr.dr.Soedjatmiko. Sp.A(K),M.Si menambahkan, bahwa pemberian nutrisi lengkap berupa ASI, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta Iodium, harus dibarengi dengan pemenuhan kasih sayang orang tua. Menurutnya, pemenuhan stimulasi bisa sambil menjalin kedekatan secara fisik dan emosional dengan anak. “Luangkan waktu yang cukup untuk bermain, makan bersama atau mengajarkannya berjalan. Dengan kebersamaan yang berkualitas, akan memberikan perasaan terlindungi pada anak.” Ujar Dr.dr.Soedjatmiko.



Mendukung pemenuhan nutrisi seimbang dengan kandungan penting untuk melindungi pencernaan, Dancow melakukan inovasi melalui Dancow Excelnutri+ yang formulanya disempurnakan untuk tiga penyempurnaan pertumbuhan anak, diantaranya :
  1. Sebagai Perlindungan saluran cerna : dengan kandungan serat pangan (Inulin) , Lactobacilus Rhamnosus NCC 4007 & Bifidobacterium longum NCC 3001 serta tinggi Vitamin A, C,E dan tinggi Mineral Selenium dan Zink.
  2. Membantu Proses Belajar si kecil dengan kandungan Minyak Ikan (Sumber DHA), Omega 3 (Asam a-Linolenat) dan Omega 6 (Asam Linolenat)
  3. Tinggi protein dan kalsium untuk membantu pertumbuhan fisik.
Arena Memerah Susu Sapi
Naik Kuda Pony
Memancing ikan
 
Memberi makan domba
Sebagai dukungan dalam mengoptimalisasikan stimulasi pada si kecil, Dancow Excelnutri+ juga menghadirkan Ranch Adventure di Mall Kasablanka selama dua hari, dari Tanggal 30 sampai 31 Mei 2015. Menampilkan aktivitas sarana bermain dan belajar si kecil, terdiri dari Animal Petting, Fishing Area, Milking Cow dan Pony Riding.Puzzle dan Hay Maze. Semuanya disediakan untuk melatih kepekaan rasa empaty si kecil terhadap binatang. Bahkan bisa mengenal kambing, kuda pony dan kelinci sungguhan. Sebagai sarana untuk melatih keberanian, kemandirian juga kreativitasnya.

Aktivitas berkebun pun melatih si kecil untuk bersentuhan dengan alam. Si kecil melakukan proses penggemburan tanah, menanam bibit pohon atau bunga, menyiram dan memupuknya. Hasil tanamannya boleh dibawa pulang. 

Konsultasi Gratis
Di arena Ranch Adventure juga ada sarana konsultasi gratis buat para Bunda yang ingin menanyakan kesehatan atau pertumbuhan si kecil. Bebas mau tanya apa saja, dokter ahli menjawab dengan detail.

Sesi terakhir di acara ini, adalah acara puncak Launching Dancow Excelnutri+ dengan hiburan drama musikal.
Sebagai orang tua, dalam membekali masa depan anak, harus selalu update dengan informasi kesehatan dari berbagai sumber. 

2 comments:

  1. seru banget mancingnya ya mbak. Mudah-mudahan dari tulisan2 kay agini ibu muda yang lagi hamil dan mau hamil tahu ya jadi bisa mempersiapkan diri untuk 1000 hari kehidupan si kecil

    ReplyDelete
  2. keren.... ada acara ngasih makan domba segala heheheh. Mantaps deh!

    ReplyDelete

@templatesyard