DPTalk Sarana Edukasi Perempuan Indonesia - Dunia-Spasi

Friday 28 March 2014

DPTalk Sarana Edukasi Perempuan Indonesia



Tak berlebihan kan judul yang saya tulis di atas? Mengingat apa yang saya ketahui dari misi DPCommunica, sebuah media kreatif yang bernaung dibawah portal media dariperempuan.com ini.Yang mempunyai misi untuk memberikan sarana edukasi bagi masyarakat khususnya para perempuan.

Apa itu DPCommunica atau Dariperempuan.com? Sebuah portal media kreatif yang lahir 12 September 2012. Memuat berita secara umum namun diulas dalam sudut pandang perempuan. Mengapa dari sudut pandang perempuan? Karena sudut pandang perempuan dapat mewakili terpenuhinya segala kebutuhan keluarga yang akhirnya selalu lebih tahu apapun yang dibutuhkan keluarga dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, kelembutan dan penggunaan perasaan yang kadarnya lebih banyak dari laki-laki, akan selalu menjadi pelengkap dan pemberi warna dalam segala aspeknya. Tak mengherankan jika solusi selalu didapat jika melibatkan perempuan dalam suatu penyelesaian masalah.

Selain memberikan informasi melalui kegiatan online, DPCommunica mempunyai program offline dengan branding DPTalk. Sebuah program Talkshow rutin yang diselenggarakan DPCommunica dengan menggandeng sponsor dan mengundang peserta dari komunitas komunitas dan masyarakat umum. Sudah tiga kali DPTalk diselenggarakan.Pertama, Bulan April 2013 bekerjasama dengan Rumah Sakit Puri Indah dan NUK. Mengusung tema “Breastfeeding While Working” yang memberikan edukasi bagi para ibu bekerja atau yang aktif di luar rumah  supaya tetap dapat memberikan ASI nya bagi sang buah hati. Talkshow ini melibatkan Narasumber dr. Joane Tikoalu seorang dokter anak dan kandungan yang berpengalaman dalam bidangnya serta menghadirkan binntang tanu Angel Karamoy artis yang juga seorang ibu dari dua anak.

DPTalk kedua, pada Bulan Juli 2013 mengusung tema “Dampak Mobile Internet Terhadap Perkembangan Anak” yang dilaksanakan di 115 Coffee menghadirkan Narasumber pakar internnet dan Sosial media, Shita Laksmi dan Elga Yulwardian dengan Moderator Utami Utar. Pada tema ini, mengedukasi para orangtua agar memerhatikan pola tingkah anak yang beraktivitas melalui gadgetnya. Bagaimana cara melindungi privacy anak di sosial media dan langkah  apa yang perlu dilakukan ketika anak mulai kecanduan gadgetnya. Awareness orangtua terhadap masalah ini sangat penting dan pengetahuan orangtua tentang internet harus ditambah melalui berbagai cara. Salah satunya mengikuti Talkshow DPTalk tema ini.



Ketiga, DPTalk kerjasama dengan CIMB Niaga, dilaksanakan di Graha CIMB Niaga Sudirman, dihadiri 100 Blogger dan Netizen. Menghadirkan Narasumber dari CIMB Niaga dan Frenavit Putra dari Internet Sehat. Mengusung tema “Transaksi dalam 1 Gadget” dengan menampilkan produk andalan CIMB Niaga, yakni “Rekening Ponsel” sebuah layanan untuk mengirim uang dengan transfer antar bank yang berbeda atau sama juga untuk keperluan pembayaran-pembayaran transaksi lainnya. Rekening ponsel dapat digunakan juga untuk menarik uang tunai di ATM tanpa kartu ATM dan tanpa harus membuka rekening dulu.Transaksi Rekening Ponsel dapat dilakukan di HP jenis apa saja, tak selalu harus smartphone. Daftarnya juga cukup mudahh,tinggal bawa KTP ke CIMB Niaga terdekat lalu langsung buat Rekening Ponsel. Menggunakan Rekening Ponsel akan lebih efisien dan hemat tenaga, dibanding harus pergi ke Bank atau antre di ATM atau Kasir. Cocok bagi para aktivis dan pebisnis yang ingin efisienkan waktunya. 




Dalam acara DPTalk ketiga ini juga dibahas untuk security transaksi online dari Narasumber Frenavit. Yang membahas bagaimana cara berbelanja atau bertransaksi online yang aman. Berikut beberapa tips mengikis risiko jual beli online dari Frenavit : Lindungi komputer, Buat Password yang aman, Ketik sendiri alamat situs yang akan dituju, Pastikan bahwa informasi anda aman, Gunakan komputer pribadi untuk bertransaksi dan selalu gunakan akal sehat.

Sedangkan untuk pengamanan Kartu Kredit, menurut Frenavit adalah, kita harus memastikan bahwa komputer tidak terinfeksi program berbahaya, Jangan mengumbar nomor Kartu Kredit, Gunakan Software keamanan dan hati-hati saat mengunjungi situs.
Selama acara cukup interaktif antara Narasumber dan peserta yang hadir. Acara pun diakhiri dengan pembagian hadiah untuk yang bertanya dan pengundian Door Prize. Acara ditutup dengan jamuan makan siang.
Akan datang lagi DPTalk seri keempat dan seterusnya. Semoga misi DPCommunica untuk merangkul dan mengedukasi para perempuan dapat sampai kepada seluruh Peremuan Indonesia dimanapun berada.

No comments:

@templatesyard