Menularkan Virus Blogging di STP Sahid Pondok Cabe - Dunia-Spasi

Friday, 18 October 2013

Menularkan Virus Blogging di STP Sahid Pondok Cabe



Bersama Mahasiswa STP Sahid dan ABC Program


Tanggal  12 Oktober 2013 lalu, saya mengisi kelas untuk menulis blog di Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata ( STP Sahid) yang berada di bilangan Pondok Cabe Pamulang Tangerang Selatan. Letaknya tak jauh dari Kampus Universitas Terbuka Pusat. Saya sampai takjub, selama 7 tahun saya tinggal di Pamulang, baru tahu ada kampus sekolah pariwisata se-keren itu di sana. Kampusnya luas dan ada asrama bagi mahasiswa yang datang dari luar daerah atau luar pulau. Menurut informasi, Kampus ini merupakan Sekolah Tinggi Pariwisata no 1 di Indonesia dan di urutan ke 7 untuk kategori kampus umum. 

Merupakan suatu apresiasi bagi saya, bisa berbagi pengalaman dan menularkan virus blogging di sana. Terima kasih banyak buat ABC Program dan Sosma (Solidaritas STP Sahid ) yang telah mengundang dan memberikan kesempatan kepada saya untuk berbagi secuil kemampuan yang saya miliki dalam hal menulis blog.

Pagi itu, saya semangat sekali melihat 54 mahasiswa yang akan mengikuti workshop menulis blog ini. Dengan tema “Dari Hobi menjadi profesi” Tema ini dibuat, hasil diskusi bersama teman-teman ABC Program. Bertujuan agar mahasiswa STP Sahid mengetahui ilmu menulis blog secara lebih spesifik. Blog tak hanya sebagai tempat menulis cerita, curhat atau memajang foto-foto saja. Tetapi diharapkan Blog akan mempunyai nilai lebih. Tentu saja dengan cara mengisi konten yang menarik, bermanfaat dan ada beberapa benefit value-nya. Terlihat semua mahasiswa antusias walau ketika sessi praktek membuat blog dan menuliskan minimal 3 paragraf mereka nampak kesulitan. Kalau ditelisik dari akar permasalahannya, mereka bukannya tidak bisa, tetapi ada rasa takut dan kurang percaya diri. Kadang-kadang yang ada dalam benak mereka adalah muncul image bahwa tulisannya yang akan dipublish dalam blog akan menuai berbagai sanksi jika salah. Padahal, menulis dalam blog adalah bebas dan blog itu bersifat personal dan mau apapun yang ditulis dalam blog itu hak kita, selagi tak mengandung unsur pornografi dan SARA. 

Tetapi, wajar saja untuk penulis blog pemula punya rasa itu, mungkin untuk ke depannya mereka dapat terpacu lagi untuk menulis lebih percaya diri lagi dan ikut merasakan benefit value yang maksimal dari kegiatan menulis blog.

Walau terlihat kesulitan, ada beberapa mahasiswa yang sangat serius dan tertarik untuk belajar lebih lanjut. Mereka menulis dengan effort yang maksimal. Sampai menurut saya hal itu sangat surprise. Buat penulis blog pemula, bisa bercerita mengalir. Walau dalam beberapa hal perlu diperbaiki, seperti ejaan yang masih kurang pas, penggunaan kata kerja dan tidak menyantumkan sumber informasi yang diulasnya. Namun, cara penyampaian mereka sudah cukup baik dan jika diasah lagi akan menghasilkan karya yang lebih baik lagi. Saya sangat terharu dan enang sekali, bahwa ada beberapa mahasiswa yang masih haus untuk mendalami kegiatan blogging ini. Meminta lagi materi via email, punya keinginan untuk bergabung dalam komunitas blogger dan aktif interaksi di twitter. Semoga saja semangat mereka tak pernah padam. 

Tugas saya hanya mengarahkan dan memberi jalan, mereka jika konsisten, akan menggali dan mengembangkan kembali apa yang telah didapatnya dari acara workshop ini.
Yang membuat saya kagum, Sosma STP Sahid terlihat matang mempersiapkan acara ini, solid dan bekerjasama dengan baik bersama ABC Program. Saya kagum dengan kreativitas mereka. Kilasan masa depan cerah generasi Bangsa terlihat aura-nya dalam kampus STP Sahid dari semua mahasiswanya yang punya motivasi tinggi. 

Oh ya, sebagai apresiasi saya, bagi mereka yang telah mengirimkan Link tulisannya, maka saya memlih 5 tulisan terbaik yang akan mendapat hadiah :

1.       MegasariDwi A
2.       Nanang
3.       Keziaolive
4.       NikoRiansyah
5.       RafidHdayatullah

Selamat ya, untuk juara 1 sampai 3 akan mendapatkan flashdisk dan juara 4 dan 5 mendapatkan kaos keren. Mohon kirim data berupa nama lengkap, alamat lengkap, email, twitter dan no HP ke aniberta@gmail.com Sebagai data pemenang untuk keperluan pengiriman hadiah.

Saya mengucapkan terima kasih banyak buat ABC Program terutama kak Jepi Noorhadi, Bang Rochmat Nurhadi, Mas Firman, Mas Teddy Lemboy, Sosma STP Sahid beserta seluruh mahasiswanya dan buat Ketua BEM Mahasiswa STP Sahid serta bagi peserta acara workshop Blogging ini, semoga kontribusi kita akan dunia pendidikan akan berkelanjutan kapan pun dan di mana pun.

2 comments:

  1. Selamat buat blogger2 keren dan ibu blogger ani berta ;)

    ReplyDelete
  2. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

@templatesyard