Labirin Rasa - Dunia-Spasi

Monday, 16 September 2013

Labirin Rasa




Sinopsis

Kayla, gadis periang berdarah Batak yang bisa mengelola babak-babak kehidupannya menjadi  kebahagiaan. Dalam situasi terjepit dan kepanikan pun selalu dibawa ceria. Membuat orang sekitarnya ikut terhibur karena ulahnya yang polos, apa adanya dan tak mudah tersinggung. Pada saat Kayla berada di ujung tanduk untuk status kuliahnya yang nyaris terancam DO karena IPK dibawah 2. dan ancaman ayahnya yang akan memberhentikan pembiayaan kuliah untuk Kayla kalau sampai DO terjadi.

Kayla tak berlarut dalam kekalutan, atas saran sahabatnya Rossa, Kayla memutuskan cuti kuliah selama enam bulan dan berlibur ke rumah Eyang Putrinya (Yangti) di Yogya. Di kereta api, Kayla bertemu pria keturunan Cina-Portugis bernama Ruben. Super cuek tapi teknik pendekatan Kayla mampu menarik perhatian pria bernama Ruben tersebut untuk terus berlanjut melakukan pertemuan-pertemuan berikutnya. Walau Kayla berjerawat batu dan menyimpan lemak di perutnya. Ruben semangat akan menjadi pemandu Kayla selama di Yogya.

Di Yogya, Kayla melepas kangen dengan Yangti, dan mencurahkan kegelisahannya soal kuliah dan statusnya yang  sampai saat ini belum juga punya pacar. Yangti memberikan surat peninggalan Eyang Kakungnya yang telah meninggal. Isinya memberitahukan bahwa suatu saat akan ada pangeran Fajar yang datang dengan segenap penuh cinta kasih. Kayla tentu senang dan berusaha menebak dalam angan-angannya siapakah Pangeran Fajar yang akan menjadi pendamping hidupnya kelak?

Hari-hari Kayla di Yogya selalu ceria bersama Ruben, sepertinya Kayla terlalu cepat jatuh cinta pada Ruben. Mereka setiap hari menjelajah tempat wisata yang ada di sana serta sudut-sudut jalan yang menarik. Gudeg mercon adalah menu favorit mereka di sana. Keceriaan Kayla sempat berubah muram setelah mengetahui Ruben telah punya kekasih bernama Veni yang fisiknya lebih cantik darinya. Kayla yang sempat terpaut hatinya merasakan kekecewaan. Bukan juga Kayla, jika berlarut dalam kesedihan, Ia langsung memutuskan untuk travelling ke beberapa tempat, mulai dari Malang, Bali, Lombok dan Makassar. Di setiap daerah tersebut selalu bertemu pria menarik yang mendekatinya tetapi tak satu pun yang mampu menggantikan posisi Ruben di hatinya. Sempat merasa kesal tak berkesudahan saat di Makassar ada perempuan yang mengajaknya untuk lesbian.

Akhirnya Kayla pulang ke Jakarta, berusaha melupakan Ruben, berusaha membenahi kuliahnya yang sempat tertunda dan berantakan. Belajar siang malam dan banyak membaca buku, sampai ayah dan ibunya heran. Hasilnya Kayla lulus kuliah dengan hasil memuaskan. Kembali lagi ke Yogya mengunjungi Yangti, Kayla dinasihati Yangti agar memelihara kebersihan tubuh serta merawatnya dengan jamu dan ramuan tradisional. Kayla menurut dan penampilannya penjadi resik serta ramping. Tak terduga, Kayla bertemu dengan Ruben di sebuag kafe dan pertemuan berlanjut. Ruben cerita bahwa dia telah putus dengan Veni pacarnya. Sayang, Ruben harus pergi ke Medan karena mendapat tugas bekerja di sana.

Seperginya Ruben ke Medan, Kayla menyusulnya dengan dalih berkunjung ke rumah saudaranya dari ayahnya di sana. Yakni Bou Patar. Kayla bertemu Ruben kembali tetapi selalu diawasi oleh Patar, pariban Kayla.  Adalah sepupu dari adik perempuan ayahnya. Yang menurut adat Batak bisa dinikahi. Diawasi karena ingin melindungi sepupunya. Tetapi lama-lama Patar pun jatuh cinta terhadap Kayla. Tapi Ruben tak tergantikan di hati Kayla. Tetap Ruben yang diinginkan Kayla sampai kapanpun. Sifat playboy Ruben tak berubah, Kayla sempat memergoki Ruben mencium dan memeluk perempuan lain di Medan. Kayla kecewa dan memutuskan untuk kembali ke Jakarta lagi. Ia telah sadar telah berlaku bodoh mengejar Ruben walau sudah disakiti.

Pekerjaan Kayla di Jakarta menuntutnya untuk merubah penampilannya menjadi cantik, Kayla melakukan perawatan yang lengkap di salon dan berolah raga teratur. Sehingga menjadi langsing, bersih dan tak berjerawat lagi. Lima tahun kemudian Kayla bertemu Ruben secara tak sengaja di hotel tempatnya bekerja. Ruben sangat terkesima dengan penampilan baru Kayla. Mereka pun memadu kasih dengan bahagia. Kayla melupakan dua kali disakiti Ruben. Di Yogya dan Medan. Karena Ruben adalah kekasih impiannya yang tak lelah dikejar sampai menyebrang lautan. 

Tak lama dari peristiwa itu, Patar, sepupu Kayla dari Medan juga melakukan bisnisnya di Jakarta. Kayla sering curhat kepada Patar tentang suasana kerjanya yang kurang nyaman karena bos Kayla, Andy. Yang menaruh hati juga terhadap Kayla.  Hal ini membuatnya risih karena Andy selalu mendesaknya. Hari-hari Kayla bersama Patar dan sikap Patar yang melindunginya membuat benih cinta kepada Patar semakin tumbuh. Bagaimana hubungan Kayla dengan Ruben pada situasi ini? Ada apakah dengan Ruben sehingga Kayla menjadi jatuh hati kepada Patar?

Pria manakah yang akan dipilih oleh Kayla? Apakah Ruben, Patar atau Andy yang akan mendampingi hidup Kayla sampai ke pelaminan? Ketika salah satunya resmi menjadi Pangeran Fajar Kayla yang digambarkan dalam surat wasiat Eyang Kakungnya, bagaimanakah nasib dua pria yang sama-sama mengejarnya? Jawabannya ada di Novel Labirin Rasa ini.

Review 

Buku setebal 394 Halaman yang diceritakan penulisnya, selain cerita percintaan Kayla dan petualangannya ke beberapa tempat untuk travelling dan mendaki gunung, semakin membuat buku ini berisi. Karena dalam cerita romantis ini terdapat banyak pengetahuan tentang sejarah dan budaya dari beberapa tempat di Indonesia. Seperti dari Yogya, Jawa Timur, Bali, Lombok, Makassar dan Medan. Detail tempat wisata yang dikunjungi tokoh-tokoh dalam buku ini dijelaskan satu per satu dengan deskripsi yang hidup, membuat pembaca merasa ada di tempat tersebut. Kebudayaan Batak yang merupakan bawaan dari tokoh Kayla sempat diulas dan semua itu diramu dalam olahan cerita menarik dengan gaya bahasa ringan. Hal ini yang menjadi poin plus Labirin Rasa. 



Judul Novel : Labirin Rasa
Penulis : Eka Situmorang Sir
Penerbit : Wahyu Media
Harga Novel : Rp.52.000,-

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

@templatesyard