Pelanggan adalah ujung tombak
keberlangsungan sebuah perusahaan. Tanpa pelanggan, operasional perusahaan
tidak akan berjalan lancar. Laju peningkatan omzet pun ditentukan dari seberapa
banyaknya pelanggan pengguna barang atau jasa yang dikeluarkan sebuah perusahaan.
Maka, pelanggan harus kita
perlakukan dengan baik dengan pelayanan yang berkualitas. Tak hanya itu,
pelanggan yang diberikan fasilitas nyaman serta komunikasi dua arah dengan
sendirinya akan loyal terhadap perusahaan. Seperti prinsip Bluebird, dalam melayani pelanggan
berlaku terhadap dua aspek, yakni pelanggan internal yang terdiri dari pengemudi
taksi dan pelanggan eksternal yang merupakan penumpangnya. Jika pengemudi sudah
dilayani dengan baik oleh perusahaan, otomatis mereka akan melayani pelanggan
eksternal dengan baik pula. Maka dua-duanya harus dilayani sebaik mungkin. “Mission statement kami
adalah ‘mencapai kepuasan pelanggan’ dengan moto layanan ANDAL; Aman, Nyaman,
Mudah dan Personalise. Hari pelanggan ini adalah momentum untuk mengingatkan
kami kembali bahwa betapa pentingnya pelanggan dalam keberlangsungan perusahaan
kami.” Kata Maria Lihawa. Precident Central Operations Bluebirdgroups.
Lotte Shopping Avenue (LOVE) juga mempunyai prinsip dalam
melayani pelanggan. Diantaranya dengan terus
meningkatkan pelayanan dengan cara inovatif. “Berbagai usaha kami
lakukan untuk memberikan dan meningkatkan pelayanan kami. Konsep smart shopping
mall yang segera dilengkapi dengan Art & Culture Edutainment Center
(ARTURE) yang akan launching pada 7 September 2013.” Ujar Mr.Suh Chang Suk.
Selaku President Director LOVE.
Sumber foto : Lotte Shopping Avenue Facebook |
Para pengemudi Taksi Bluebird wanita yang siap membagikan souvenir |
Tanggal 4 September 2013, Bluebirdgroups dan Lotte Shopping Avenue membuat kejutan bagi para pelanggan taksi Bluebird yang akan ke mall LOVE dan pulang dari LOVE menggunakan taksi Bluebird. Para pelanggan semuanya diberi bingkisan menarik yang isinya voucer taksi, voucer belanja LOVE dan Thumbler serta bunga mawar. Ada 100 paket bingkisan dan bunga mawar merah yang dibagikan disana. Pembagian dilakukan menjelang dan sesudah jam makan siang.
Saya senang sekali ikut terlibat
dalam acara ini. Berpartisipasi disana sangat menyenangkan. Apalagi berbaur dan
berbagi cerita dengan para sopir taksi Bluebird yang ramah dan bersahabat. Tak
sedikit pula sopir taksi wanita disana. Banyak cerita inspiratif dari mereka,
akan saya tulis secara terpisah.
Senang sekali melihat aura
keceriaan para pelanggan taksi yang diberikan bingkisan kejutan pada saat itu.
Menurut Maria Lihawa dan suh Chang Suk acara peringatan Hari Pelanggan dengan
berbagi bingkisan ini adalah sebagai wujud apresiasi secara langsung dan
menjadi pengingat bahwa pelayanan harus ditingkatkan seterusnya.
No comments: