Heri Somantri, SH : Seorang Pemimpin Harus Melayani - Dunia-Spasi

Monday, 19 August 2013

Heri Somantri, SH : Seorang Pemimpin Harus Melayani



Aura dan suasana sebuah Restoran Sunda di Taman Tekno Tangerang Selatan terasa bersahaja waktu itu. Berkumpul para Kader Partai berbaju putih berlambang kepala Burung Garuda  disana. Dideretan kursi pengurus yang hadir tampak seorang yang kelihatannya merupakan sosok pemimpin. Beliau adalah Bapak Heri Somantri, SH. Sekretaris Dewan Pimpinan  Cabang Partai Gerindra Tangerang Selatan dan Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan.

Pemimpin muda dengan pemikiran matang

Saat itu, ada konsolidasi para Bakal Calon Legislatif untuk Tangerang Selatan. Pak Heri memberikan sambutan dan pembekalan kepada para Kader Gerindra dan semua Bacaleg yang hadir disana. Statement yang disampaikan sangat mengena dan matang. Tanpa dibuat-buat atau direkayasa untuk memikat para hadirin. Apa yang disampaikannya tegas, apa adanya tetapi berisi.  Walaupun beliau masih terhitung sangat muda. Tetapi pemikiran dan uraiannya penuh kejutan dan gebrakan baru masalah kepemimpinan.

Politik dan pemerintahan yang masih kurang dipercaya masyarakat pada saat ini, tak mengendurkan semangat pria lulusan Universitas Al Azhar Jakarta ini untuk terus maju menyerap aspirasi masyarakat dengan sosialisasi yang massive. Masyarakat perlu dilibatkan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap kinerja pemerintah. Dengan sosialisasi massive tingkat ketahuan masyarakat terhadap pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan meningkat. Jika masyarakat banyak tahu, otomatis akan ikut berperan aktif didalamnya serta tumbuh kepercayaannya. “Selama ini tingkat ketahuan masyarakat terhadap pembangunan masih sangat minim, kurang dari 30 persen.” Ujarnya.

Usai acara konsolidasi, saya menyempatkan diri berbincang lebih dalam dengan beliau terkait kepemimpinan. Menurutnya, Sikap pemimpin harus seperti masyarakat pada umumnya, mudah berinteraksi dengan masyarakat dan harus tanpa batas dengan gaya yang mudah dipahami juga oleh masyarakatnya, masyarakat di dorong bebas berbicara bebas menyampaikan keluhan-keluhannya. Yang menilai kekurangan pasti bukan pemimpinnya melainkan yang dipimpinnya, untuk itu harus ada forum dialog langsung yang dilakasanakan secara berkala terhadap seluruh elemen masyarakat.

Bapak Heri Somantri dalam sebuah Acara Konsolidasi Bacaleg

Pak Heri pun menyatakan “Saya rasa tidak perlu sistem yang di desain khusus terkait kepemimpinan, agar mudah menyerap aspirasi, pemimpin wajib melayani dan bukan dilayani, kita harus merubah paradigma yang sekarang ada bahwasanya pemimpin wajib di layani “khusus” baik dalam acara-acara kemasyarakatan ataupun   formal lainnya. Seyogianya pemimpin wajib punya banyak telinga dan punya banyak mata untuk mendengar dan melihat kondisi nyata yang ada di masyarkat, saluran aspirasi harus diperbanyak baik melalui jalur politis maupun jalur kemasyarakatan jangan terpaku pada saluran aspirasi yang ada seperti musyawarah ataupun forum dinas.


Semangat dan jiwa kepemimpinan yang dimiliki Pak Heri memantapkan langkahnya untuk maju dari Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan ke Anggota DPR RI . Sekarang telah tercatat sebagai Calon Anggota Legislatif DPR RI untuk Banten III  dengan nomor urut 6 dari Partai Gerindra. 

Dedikasinya untuk Banten masih harus dilakukannya. Harapannya untuk Banten adalah meningkatkan infrastruktur. “Menurut saya selain infrastruktur juga termasuk di dalamnya pertanian, kalau di Tangerang Selatan tentu individunya yang harus dibangun. Baik SDM Aparatur Pemerintah maupun SDM Masyarakat termasuk di dalamnya SDM LSM dan Ormas.” Tandasnya.

Bapak dari satu orang anak yang selain beraktivitas politik, juga seorang komisaris sebuah perusahaan yang bergerak dalam jasa laundry rumah sakit. Tak punya kiat khusus dalam memberi pengertian kepada sang istri terkait kesibukannya. Sang istri sangat mendukung penuh dan bertanggungjawab terhadap keluarga sebagai ibu yang baik. Jadi dengan kesibukan yang tent saja menyita waktu tersebut tak menimbulkan masalah berarti bagi keluarganya. 

Pak Heri Somantri, yang selalu mengingatkan bahwa sesama kader dan sesama caleg harus saling  mendukung, tidak boleh menjatuhkan satu sama lain, singkirkan segala kepetingan-kepentingan pribadi. Dan mengingatkan bahwa dengan siapapun harus bersinergi. Adalah sosok pemimpin yang patut menjadi teladan. Selamat berjuang Pak Heri, semoga sukses dan membawa perubahan bagi Banten khususnya Indonesia umumnya.

1 comment:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

@templatesyard