Optimalisasi Otak Saat Periode Keemasan si Kecil Untuk Kecerdasannya - Dunia-Spasi

Tuesday 18 December 2012

Optimalisasi Otak Saat Periode Keemasan si Kecil Untuk Kecerdasannya



Kecerdasan anak perlu dikembangkan dengan berbagai cara, baik stimulasi maupun pemberian nutrisi. Keduanya sangat berperan penting agar optimalisasi perkembangan otak berjalan lancar. Setelah keduanya dilakukan, harus ada penunjang lainnya agar fokus kerja otak anak lebih baik dan tajam. Yaitu pemberian nutrisi yang benar-benar memiliki kandungan yang dibutuhkan anak baik selama masa trimester kehamilan ibu maupun dalam periode pertumbuhan anak sampai usia 2 tahun.

Perkembangan otak anak yang melalui dua proses penting dalam dua tahun pertama kehidupan, seperti yang telah dijelaskan oleh Dr.Dwi Putro Widodo yaitu :

1. Pertumbuhan sel otak : Segera setelah konsepsi dan lengkap sebelum 2 tahun
2. Maturasi fungsi : Mielinasi fungsi dan koneksi antara sel (sinaps)

Maka diperlukan pemberian nutrisi yang baik pada periode keemasan anak dimulai dari trimester ke-3 kehamilan hingga si kecil berusia 2 tahun. Masa ini dimana otak sikecil mengalami perkembangam yang sangat cepat dan hanya terjadi sekali. Maka dari itu disebut golden period.

Menurut pakar gizi Emilia Achmadi, makanan yang penting bagi masa periode emas anak yang menunjang perkembangan komponen otaknya adalah sebagai berikut :
 

Protein, Omega 3 dan Cholesterol  zat yang dibutuhkan tersebut terdapat pada makanan : Susu,telur, tahu, tempe, kacang kapri, daging, biji-bijian, nasi dan ikan. Bahan makanan ini sangat menunjang komponen otak bagian  Neuron yang terdiri dari : Cerebrum, Cerebellum dan Spinal Cord


Na, K, Cl, Ca. Zat yang terdapat pada susu,telur,tahu,tempe,alpukat, pisang, kentang, daging dan ikan sardine menunjang komponen otak bagian synapse

Daging, telur, kacang-kacangan, udang, kerang dan jamur. Adalah sumber protein yang terdapat pada bahan makanan yang diperlukan untuk penunjang untuk Blood Vessel pada bagian otak.

Zat besi dan Vitamin B Complex diperlukan untuk menunjang Blood pada otak.

Sedangkan protein (Collagen) yang terdapat pada keju, brokoli dan buah stroberi. Dapat menunjang otak bagian Dura Mater dan Arachnoid


Yang terpenting lagi yang dapat menunjang dalam proses optimalisasi perkembangan kecerdasan anak adalah pemberian nutrisi DHA atau doxosahexaenoic acid. Karena DHA berperan dalam menjaga neurotransmitter (pesan) agar tersampaikan dengan sempurna dari sel saraf otak satu ke sel saraf otak lainnya.

DHA terdapat dalam kadar tinggi di membran-membran sel otak dan mata. Tubuh dapat mensintesa DHA, dari asam alfa-linoleat (ALA), tapi proses ini menjadi kurang efisien. Makanan kaya DHA seperti ikan salmon, Sardine, Mackerel tidak umum dikonsumsi oleh anak karena anak pada umumnya tidak menyukai karena terlalu bau amis atau rasanya yang tidak selalu cocok dengan selera anak.

Maka kita sebagai orangtua harus pandai menyiasati nutrisi yang dibutuhkan sikecil agar dipastikan mengandung DHA. Dan sebagai alternatif yang sangat efisien adalah susu produksi Mead Johnson yaitu Enfagrow yang mengandung DHA. Sehingga kebutuhan DHA si kecil akan terpenuhi dengan baik.

Mengapa Enfagrow? Karena Enfagrow selain mengandung DHA yang cukup, Mead Johnson sebagai perusahaan yang memproduksi Enfagrow telah membuktikannya melalui lebih dari 30 studi ilmiah dalam bidang nutrisi anak. 4 studi klinis diantaranya telah menunjukkan bahwa pem erian nutrisi dengan kadar DHA 17mg/100kkal dan ARA 34mg/100kkal terbukti klinis mendukung perkembangan otak sikecil.

Jadi, disamping ASI dan makanan bergizi, harus ada asupan nutrisi penting lainnya seperti kandungan yang terdapat pada Enfagrow A+ berikut ini :

Sumber foto : Mead Johnson Asia
Enfa Mama A+ : Susu yang di formulasikan untuk masa ibu hamil dan menyusui ini mengandung berbagai nutrisi yang lengkap dan disesuaikan kebutuhan untuk masa ini. Selain dapat menunjang kebutuhan perkembangan janin, nantinya akan mendukung kesuburan dan kualitas ASI yang akan berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan otak pada anak. 

Sumber Foto : Mead Johnson Asia
Enfagrow A+ : Susu untuk kelengkapan nutrisi anak antara umur 1 sampai 3 tahun ini di formulasikan untuk mendukung kerja otak si kecil dalam memperkuat memori, daya tangkap dan konsentrasi serta kemampuan memecahkan masalah. Juga mendukung proses belajar sikecil. Selain makanan bergizi dan ASI, kandungan DHA yang dan berbagai nutrisi lainnya dalam Enfagrow A+ ini adalah alternatif yang efisien untuk optimalisasikan otak untuk kecerdasan anak.
 

Kesimpulannya adalah sebagai ibu harus bisa optimalisasikan nutrisi dimulai saat kehamilan trimester-3 masa kehamilan ibu sampai anak berusia 2 tahun. Dengan cara memperhatikan asupan nutrisi yang baik selama kehamilan dan masa menyusui.

No comments:

@templatesyard