Bedah Nutrisi dan Stimulasi Untuk Kecerdasan Anak di Gathering Mead Johnson - Dunia-Spasi

Saturday 8 December 2012

Bedah Nutrisi dan Stimulasi Untuk Kecerdasan Anak di Gathering Mead Johnson



Pada Tanggal 29 Nopember 2012, saya dan beberapa teman Blogger menghadiri acara Gathering bersama Mead Johnson di Plaza Tower Plaza Indonesia. Tepatnya di Maestro. Hadir sebagai pembicara adalah bapak Cecep Fathoni sebagai External & Medical Affairs Director Mead Johnson Indonesia, Dr.Dwi Putro Widodo, SpADokter Spesialis Syaraf dan Pakar Nutrisi, Emilia Achmadi.

Workshop dengan pakar yang kompeten
Dalam acara workshop ini, para pakar tersebut diatas membedah segala aspek yang mendukung proses tumbuh kembang anak serta kecerdasannya. Ini tentunya pengetahuan yang sangat penting bagi para orangtua yang memiliki buah hati yang masih bayi dan balita. Juga untuk para orangtua yang berencana ingin memiliki anak. 

Seperti yang dipaparkan oleh Ibu Emilia Achmadi, perkembangan syaraf anak adalah merupakan beban penting pada gen. Maka ada masa penting dalam proses tumbuh kembang anak dalam pembentukan otak yang optimal, yaitu masa 1365 hari pertama dalam kehidupan anak. 

Dalam masa 1365 hari awal kehidupan anak perlu perhatian khusus dalam memberi nutrisi yang baik. Agar otak pada anak terbentuk dengan baik dan berfungsi secara optimal karena otak adalah salahsatu organ penting dalam tubuh yang memerlukan penyerapan nutrisi dari makanan yang disantap setiap hari. Dibutuhkan kuantitas asupan nutrisi pada anak dengan memberikan bahan makanan dengan gizi yang mencukupi kandungan protein, karbohidrat, lemak dan vitamin. Ibu Emilia pun menjelaskan bahwa komponen makanan yang bisa membantu konsentrasi anak adalah karbohidrat, maka asupan karbohidrat jangan disepelekan dan sumber makanan ini penting disamping sumber protein dan kandungan lainnya. Sumber karbohidrat tak hanya terpatok pada nasi, ubi jalar pun memiliki kandungan karbohidrat yang sangat bagus. Karbohidrat dapat menjadi sumber energi bagi aktivitas anak sehari penuh. Maka dari itu konsumsi karbohidrat yang cukup buat anak akan memberikan kekuatan tersendiri.

Lalu Dr. Dwi Putro Widodo , SpA dalam kesempatan yang sama menambahkan paparan dari Ibu Emilia, menurut beliau proses perkembangan otak pada anak melalui dua tahap yaitu tahap produksi sel otak dan tahap transmisi sel otak. Otak anak yang optimal berpengaruh juga dari faktor genetik dari orangtuanya. Maka orangtua yang berencana ingin mempunyai anak, harus membuat sehat diri sendiri dahulu agar genetik yang diturunkan pada anak baik adanya. Jika faktor genetik kurang baik dan masih ada skala minor yang harus diperbaiki demi kebaikan otak anak. Maka yang perlu dilakukan adalah stimulasi yang tepat dan bijak dalam menyaring pengaruh lingkungan pada anak.

Dr. Dwi Putro Widodo melanjutkan bahwa disamping faktor genetik dan stimulasi, nutrisi yang membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak juga perlu, seperti DHA dan ARA, asam lemak utama yang terdapat pada otak dan retina. Karena menurut penelitian, DHA dapat memperkuat keutuhan sel otak dan menjamin komunikasi antar sel-sel otak secara efektif dan dapat membangun daya ingat (memori) daya tangkap (Konsentrasi) anak untuk menyelesaikan masalah (Problem Solving) secara optimal.

Bapak Cecep Fathoni dari Mead Johnson melengkapi pemaparan Dr.Dwi Putro Widodo, bahwa disamping nutrisi dari makanan bergizi yang dikonsumsi anak, konsumsi susu adalah sangat penting untuk mengoptimalkan kerja dan fungsi otak. ASI adalah sangat penting sebagai faktor awal kehidupan yang baik bagi anak. Karena ASI pasokannya akan berkurang disaat anak memasuki usia dua tahun maka diperlukan susu formula sebagai pendamping nutrisi bagi anak. Maka Mead Johnson dengan kesungguhannya berkomitmen untuk menjadi partner ibu untuk terus mendukung tumbuh kembang anak. Dan Mead Johnson percaya bahwa ASI adalah merupakan sumber gizi terbaik dan para ibu di Indonesia dianjurkan untuk memberi ASI eksklusif hingga 6 bulan.

Kesungguhan Mead Johnson dalam peran aktifnya menjadi partner para ibu dalam mempersiapkan generasi penerus yang cerdas, terbukti dari kiprahnya yang sudah lebih dari 100 tahun melakukan inovasi terhadap produk-produk andalannya. Telah dihasilkan lebih dari 30 studi ilmiah terkait nutrisi anak dan pertumbuhan otak. Salahsatunya adalah tentang peranan DHA terhadap pertumbuhan otak anak.

Kesimpulannya dari workshop ini adalah peranan stimulasi dan nutrisi harus diperhatikan secara khusus agar anak yang mempunyai genetik dengan history yang kurang baik, akan bisa tertutupi oleh stimulasi dan nutrisi yang diberikan pada masa kini dan masa yang datang. Tentunya dengan memberi asupan makanan bergizi serta melatih kerja otak anak dengan berbagai kegiatan yang dapat merangsang otak anak untuk memperoleh daya tangkap yang baik. Faktor linkungan juga sangat berperan dalam pengaruh pembentukan kecerdasan anak, maka orangtua pun harus bijak dan aktif mendampingi si kecil dalam menyaring pengaruh lingkungan terhadap kehidupan anak.

Jangan lupa untuk memilih produk pendamping nutrisi untuk anak yang berkualitas dan mengandung bahan yang benar-benar dibutuhkan oleh anak untuk perkembangan otaknya, yaitu mengandung DHA dan ARA, dalam hal ini Mead Johnson cukup membantu untuk memenuhi pendamping nutrisi bagi anak. Karena telah teruji melalui riset dan inovasinya.

Narasumber ki-ka : Bapak Cecep Fathoni (Mead Johnson), Ibu Emilia Achmadi dan Dr.Dwi Putro

Blogger dan Narasumber berfoto bersama usai workshop


Setelah workshop bersama para ahli di Maestro Plaza Tower, kami para blogger touring berkeliling di sekitar  kantor Mead Johnson yang terletak di Plaza Tower Lantai 43 Plaza Indonesia.  Beruntung sekali saya mengikuti Event Blogger Community Gathering ini. Sebab selain bisa mengikuti workshop bermanfaat tentang nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Saya juga bisa memperoleh energi positif dari geliat aktivitas yang ada di kantor Mead Johnson.

Touring ke kantor Meadjohnson dipandu Ibu Fibi

Ruang tunggu di kantor Meadjohnson yang cozy

Interior ruang tamu dan ruang karyawan tempat bekerja dibuat fun dan hommy dengan dekorasi ruangan dan wardrobe yang lebih mengingatkan keberadaan sikecil di rumah. Jadi semua karyawan yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak kecil merasakan suasana rumah. 

Ruang Enfamama A+
Beberapa sampel produk yang terpajang di kantor Meadjohnson

Selain ruang kerja yang nyaman di kantor Meadjohnson ini juga terdsapat ruang menyusui bagi karyawan yang sedang memberi ASI untuk putra putrinya yang masih kecil. Diberi nama Ruang Enfamama A+, ruangannya begitu tenang, nyaman dan bersih. 

Tak heran jika kualitas produk dari Meadjohnson terbukti dan banyak dipercaya oleh masyarakat. Semua ini merupakan komitmen dari kekompakan semua karyawan dan manajemen yang mengusung motto pada perilaku inti para karyawannya.

Atribut Motto yang terpampang di dinding kantor Meadjohnson

 Motto Inti di lingkungan Mead Johnson yang dikutip dari foto diatas adalah :

Motivasi kerja yang fokus
Kejelasan dalam berkomunikasi
Meningkatkan Inovasi
Terlibat dalam pengembangan

Di kantor Meadjohnson pun tertera counter selling produk secara akurat dari sebuah alat yang canggih. Juga terdapat Peta Nusantara yang memberi tanda bintang pada wilayah pemasaran produk Meadjohnson. Sehingga memudahkan kontrol serta pengembangan bisnisnya.



Selain itu, Meadjohnson pun menerapkan Nilai-nilai luhur yang menjadi patokan dalam kemajuan memajukan perusahaan, Nilai yang dianut tersebut yang dikutip dari foto diatas adalah :

Selalu semangat dalam melakukan segala perbaikan terhadap apa yang telah dilakukan.
Tak mengenal kompromi dalam hal kajian ilmiah produknya
Memiliki integritas tinggi terhadap segala tindakan
Keterbukaan terhadap lingkungan serta mempunyai rasa hormat dan kinerja yang tinggi.

Maka inilah bukti kesetiaan Meadjohnson dalam mendukung upaya meningkatkan kualitas kecerdasan anak dimanapun. Semuanya dilakukan melalui tahap dan proses yang tidak instant. Baik dalam pengelolaan produksi serta inovasi produknya. Maupun dalam hal manajemen sumber daya manusia didalam tubuh perusahaan Meadjohnson. Yang hasilnya membuahkan karya terbaik untuk anak-anak dalam optimalkan kecerdasan dan tumbuh kembangnya.

No comments:

@templatesyard