Menikmati Sejuknya Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan - Dunia-Spasi

Tuesday, 4 December 2012

Menikmati Sejuknya Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan



Gerbang masuk Setu Babakan

Ditengah deru metropolitan Ibukota Jakarta dengan berbagai aktivitas yang pergerakannya cukup  padat. Karena diisi pula oleh pendatang dari berbagai daerah luar Jakarta. Membuat sulit menemukan area asli penduduk Jakarta dengan kebudayaan aslinya.

Bahkan penduduk asli Jakarta kini lebih banyak yang memilih untuk menyingkir dari tempatnya karena menjual atau menyewakan rumah dan lahannya kepada para pendatang.
Tak dapat dipungkiri, magnet Jakarta yang menjanjikan peluang untung mencari nafkah membuat para pendatang dari penjuru nusantara berduyun-duyun untuk datang. Ada yang menetap ada juga yang sekadar mencari nafkah saja.

Perlu diakui hal ini mengakibatkan kebudayaan Betawi yang merupakan asli kebudayaan penduduk Jakarta, secara perlahan mulai tergerus oleh arus pendatang yang kurang mengadopsi budaya setempat.

Berbagai upaya dilakukan untuk tetap memelihara dan melestarikan Kebudayaan Betawi. Baik oleh masyarakat maupun pemerintah.

Perlu didukung dengan sepenuh hati langkah pemerintah DKI, dengan melakukan penetapan kawasan Budaya Betawi di Srengsengsawah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan. Adalah Setu Babakan. Tempat pemeliharaan dan pengembangan Kebudayaan Betawi yang dikelola oleh masyarakat setempat dan pemerintah DKI.

Siapapun anda, dapat datang kesini untuk berinteraksi dengan masyarakat setempat yang ramah, menikmati ragam kesenian Betawi yang disuguhkan serta mencicipi aneka kuliner khas Betawi.

Danau Yang Rimbun di Setu Babakan
Bisa naik delman untuk keliling kampung Betawi

Bukan hanya bisa menikmati pemandangan danau kecil atau disebut Setu disana, yang teduh dan dikelilingi pohon rindang serta bangku-bangku untuk duduk para pengunjung. Saat anda memasuki kawasan ini akan disambut senyuman ramah warga yang tinggal disana. Setelah memasuki kawasan ini, anda boleh memilih apakah ingin jalan jalan di sekitar danau, jalan-jalan mengitari komplek rumah penduduk dengan model rumah yang seragam khas Betawi atau ke area panggung utama untuk melihat hiburan yang digelar setiap waktu yang ditentukan.

Di perkampungan Budaya Betawi ini terdapat tiga wisata yang sekaligus bisa dinikmati , yaitu : Wisata Budaya, Wisata Air dan Wisata Agro.

Wisata Budaya, anda dapat menikmati sajian hiburan berupa pagelaran seni musik, tari dan teater tradisional yang dikemas apik. Bisa dinikmati di arena panggung terbuka yang bebas ditonton oleh pengunjung.

Teater Tradisional
Para Remaja pengisi acara Budaya dan Seni

Bagi para remaja dan anak-anak yang ingin mengikuti pelatihan seni tari, musik, teater tradisional Betawi bisa juga mengikutinya diarea wisata ini secara rutin sampai mahir.

Berbagai prosesi adat Betawi disini juga digelar secara terbuka, mulai dari Upacara pernikahan, Sunatan, Aqiqah, Khatam Qur’an, Nujuh Bulan, Injak Tanah, Ngederes dan lain-lain.

Bagi pecinta silat, bisa mengikuti latihan Silat Betawi setiap malam Jum’at atau bisa sekedar menontonnya.

Kerak Telor banyak dijual disini
Aneka jajanan khas Betawi
Gulali Jagakarsa

Untuk jajanan, disini ada berbagai macam kuliner Betawi yang bisa dinikmati dan kebersihannya terjamin karena yang berjualan makanan disini melalui proses perijinan pengelola. Harganya pun relatif murah, semua jajanan itu mulai dari harga Rp.3000 keatas.
Misalnya ; Bir pletok, Jus Belimbing, Kerak Telor, Laksa, Toge goreng, Gado-gado, Soto, Ikan pecak, Sayur Asem, Nasi Uduk, Nasi Ulam, Nasi Bogana, Dodol, Geplak, Wajik, Kue Rangi, Rengginang, Tape Uli, Lapis Talam, Onde, Rujak bebek, dan Gulali Jagakarsa.

Wisata Air, Jika anda singgah ke Setu Babakan, jangan lewatkan untuk mengikuti olahraga air sambil menikmati pemandangan sekitar danau yang pinggirannya rindang oleh pepohonan. Disana ada berbagai macam pilihan untuk dinikmati, misalnya olahraga kano, sepeda air, mendayung dan memancing ikan.

Memasuki kawasan Wisata Air di Kampung Betawi
Olahraga Mendayung di Setu Babakan
Sepeda air
Wisata Agro, Wisata Agro biasanya merupakan wisata yang memanfaatkan usaha pertanian sebagai rekreasi dan keperluan ilmu pengetahuan. Uniknya di perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan ini wisata Agro terdapat di halaman rumah-rumah warga sekitarnya. Yang terdapat berbagai macam pohon buah-buahan, seperti buah mangga, rambutan, kecapi, belimbing, cempedak, nangka dan manggis.

Jika musim berbuah, pengunjung boleh menghampiri rumah penduduk yang mempunyai pohon buah tersebut. Biasanya sang empunya rumah akan menyambut ramah dan memetik buah untuk diberikan pada sang tamu sebagai tanda hormat.

Salahsatu rumah khas Betawi yang terdapat disana
Dipan kayu di beranda Rumah Betawi
Lampion khas Betawi didepan atap rumah warga

Ditengah kemegahan dan deru-nya metropolitan Jakarta masih ada sisi lain yang menyejukkan untuk dinikmati dengan berbagai nuansa tradisinya yang unik dan syarat akan edukasi serta nilai kearifan lokal yang terpelihara di Setu Babakan ini.
Disini tersedia penginapan homestay di rumah warga bagi pengunjung yang datang dari jauh dan ingin menginap.

Sebagai bahan acuan, waktu kunjung ke Perkampungan Betawi ini dimulai dari pukul 09.00 sampai 17.00

Agenda kegiatan di Perkampungan Betawi, meliputi  :
1. Agenda Tahunan yang terdiri dari ; Pekan Desember, Pekan Nuansa Islami dan Pekan Lebaran.
2. Agenda Rutin adalah pagelaran kesenian Betawi setiap Hari Sabtu dan Minggu.

Rute ke Perkampungan Setu Babakan bisa ditempuh dari berbagai Hotel Berbintang di Jakarta.

2 comments:

  1. Mau lihat bunga raksasa http://erasaputera.blogspot.com/2012/12/oleh-oleh-perjalanan-ke-kota-curup.html

    ReplyDelete
  2. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

@templatesyard