Jika bergabung dalam Komunitas - Dunia-Spasi

Friday 13 January 2012

Jika bergabung dalam Komunitas


Komunitas adalah sebuah kumpulan orang yang punya kesamaan minat, visi dan misi terhadap sesuatu, komunitas bisa beragam, dari mulai komunitas menulis, komunitas pecinta teh, kopi atau kuliner, diluar yang disebutkan, masih banyak komunitas lain dengan keragaman kegiatannya.

Apa yang melatarbelakangi seseorang membentuk komunitas atau menjadi anggota dari komunitas? karena dengan berkomunitas akan terjalin hubungan serta jaringan pertemanan yang luas, baik yang punya pandangan sama atau beragam, dan didalamnya akan ada kegiatan yang mendukung minat bersama yang satu visi dengan anggota lain didalamnya, saling mengisi, saling melengkapi dan saling menambahkan.

Membentuk komunitas tentunya harus ada komitmen dan konsistensi yang didukung kerja keras  dan kesolidan antar anggota, mewujudkan kelanggengan komunitas terletak dari kesadaran para anggota untuk melakukan sesuatu agar komunitas tempatnya bernaung bisa bermanfaat serta hidup dengan aktifitas yang rutin dilakukan dalam jeda tertentu.

Komunitas ada yang terorganisir adapula yang tidak, jika yang tidak resmi terorganisir, terbentuk begitu saja tanpa badan hukum atau keterikatan dengan pihak lain yang melegalkan komunitas tersebut, maka tanggung jawab semua kegiatan serta keputusan dilakukan bersama dengan di koordinir oleh anggota yang bersedia memimpin atau menjadi ketuanya, semua dilakukan volunteer, jika ada kegiatan yang menjadi ketua adalah penggagas acara tersebut.

Apa yang harus dilakukan oleh anggota dalam komunitas yang independent serta tidak punya badan khusus atau terikat hukum? tentunya tetap bisa melakukan kegiatan yang tanpa melanggar aturan serta hukum, masing-masing anggota dituntut berperan aktif melakukan kontribusi untuk komunitas tanpa pamrih, tanpa mengharap balas jasa atau terpenuhi kepentingan pribadi didalamnya, setiap anggota justru harus bisa memberikan sesuatu ide, gagasan dan berbagai hal yang bisa dilakukan bersama dalam komunitas yang nantinya bisa di eksekusi ke khalayak ramai, agar berbagi manfaat, tak perlu menunggu instruksi atau takut melakukannya selagi benar, namun harus dirundingkan dulu bersama anggota lain dan berdasarkan kesepakatan bersama.

Jika antar anggota ada masalah, atau anggota komunitas punya masalah dengan orang diluar, bisa selesaikan secara komunitas, diskusikan bersama, cari solusi bersama dan saling mendukung satu sama lain dengan komunikasi yang lancar dan terbuka, tidak perlu dipendam, jika ada yang tertutup, mana bisa tahu kalau ada masalah, dan pemecahan serta kesimpulan tak akan pernah didapat.

Tips jika ikut dalam suatu komunitas :
1. Menyumbang gagasan, ide kreatif dan berbagai hal tanpa pamrih.
2. Jika mampu mengerjakan sesuatu untuk komunitas tanpa bantuan orang lain, lakukan saja jika ikhlas.
3. Selalu menghargai setiap sesama anggota dengan sikap kerja sama dan keterbukaan.
4. Punya inisiatif yang besar.
5. Mengerjakan segala hal yang sudah menjadi keputusan dari motivasi membentuk komunitas ini, serta konsistensi yang harus dijalankan dan konsekuensi yang harus ditanggung bersama semua anggota.

Peran setiap anggota komunitas seluruhnya penting dan punya hak untuk melakukan kontribusi juga mengeluarkan pendapat, dan jika kita telah kontribusi untuk komunitas, tak perlu diumbar atau diungkit, karena jika ikhlas dan jujur dengan diri sendiri, saat melakukan sesuatu yang berguna bagi komunitas, pasti akan ada kepuasan batin, apalagi jika menyaksikan berhasilnya komunitas yang diikuti bermanfaat untuk orang banyak.
Jadi, mari kita ciptakan komunitas yang bermanfaat dan didalamnya terjalin hubungan serasi dan solid tanpa pamrih serta kepentingan pribadi.

1 comment:

@templatesyard