Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita Ciputat - Dunia-Spasi

Friday 16 June 2017

Berbagi Kebahagiaan di Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita Ciputat


Melengkapi kebahagiaan di Bulan Ramadan ini, Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan Blogger Crony Community (BCC) berbagi dan melakukan kebersamaan pada 12 Juni 2017 di Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita yang beralamat di Jl.RE Martadinata Gg.Dukuh No.37 Ciputat Tangerang Selatan. Telepon (021) 7205583.

Alhamdulillah, banyak sekali dukungan yang mengalir untuk mewujudkan kemeriahan acara ini. Sebelum melangkah ke cerita keseruan acara, kita kenalan dulu yuk dengan panti ini. Berdiri sejak 1964 oleh Hj. Raimah Raib dan Hj. O. Loekman sejak tahun 1964. Punya misi sosial menyantuni anak yatim, telantar dan tidak mampu.

Anak-anak yang disantuni ada yang tinggal di panti juga tinggal bersama orang tuanya. Bukan hanya anak-anak, bahkan Yayasan Amal Wanita menyantuni manula yang telantar. Panti ini sudah diurus sampai ke generasi ke dua, yaitu Ibu Upik dan sekarang sedang melatih generasi ke tiga untuk pengelolaannya.

Menurut Ibu Vony, menantu Ibu Upik, walaupun panti tapi selalu sigap saat ada yang membutuhkan uluran tangan, termasuk saat ada bencana di kota lain, Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita akan turun langsung berbagi sesuatu yang dibutuhkan.

Anak-anak binaan Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita memperoleh pendidikan mulai SD hingga perguruan tinggi dan dibiayai oleh pihak panti sepenuhnya.

Bantuan yang perlu diberikan dan sangat urgent adalah renovasi sebagian ruangan yang langit-langitnya hampir roboh. Jika tidak segera diperbaiki khawatir menimpa anak-anak. Semoga ada calon donatur yang tergerak untuk hal ini.


Langit-langit sebagian ruangan yang hampir roboh
Banyak sekali prestasi yang diukir oleh anak-anak di panti ini dan saya sangat terkesan dengan sikap anak-anaknya yang sopan, rapi dan bersih. Mereka sangat terurus dan terdidik dengan baik.

Kembali ke keseruan acara Buka Puasa Bersama di sana. Kami, Blogger sepakat bahwa berdonasi tak cukup hanya uang. Karena uang mudah habis dan tak berbekas lama. Jadi, disamping membuka donasi uang tunai, kami juga memberikan ilmu yang kelak dapat menjadi bekal kemandirian.

Mba Agatha Nirbanawati membuka acara

Acara dibuka oleh MC Kak Agatha Nirbanawati dan diawali dengan sambutan perwakilan Panti, Ibu Desi lalu oleh saya dan Mba Wardah Fajri selaku Founder Komunitas.

Ilmu yang bermanfaat yang dibagikan untuk anak-anak adalah:

Workshop membuat Praline
Calon Chef

Hasil kreasi Chef kecil

Workshop membuat Praline atau Cokelat hias yang dipandu oleh Kak Asykur, seorang Food Stylish dan berpengalaman di sebuah majalah terkemuka yang juga seorang Chef. Anak-anak sangat antusias berkreasi mengikuti instruksi dari chef. Bahkan mereka tak lupa mencatat resep dan langkah pembuatan praline tersebut. Bahkan bertanya kepada Chef. Workshop ini berlangsung selama satu setengah jam.

Materi Menulis dari Kak Zata dan Bunda Wylvera

Talkshow Menulis Blog dipandu Kak Zata Ligouw, Di sini Kak Zata membuka wawasan mengapa setiap orang harus bisa menulis. Menurutnya, walaupun tak semua akan menjadi penulis profesional tapi dalam kehidupan sehari-hari menulis adalah bagian yang tak bisa dihindari. Misalnya, saat belajar Bahasa Indonesia, ada tugas mengarang cerita, menjawab pertanyaan soal, menginjak dewasa akan berhadapan dengan pembuatan skripsi, proposal dan surat lamaran pekerjaan. Selain itu, Kak Zata membagi juga cara menuangkan tulisan ke dalam blog.

Buku Anak-Anak dipandu Kak Wylvera Windayana, Anak-anak lebih akrab memanggil Bunda ternyata. Bunda Wylvera berbagi cara menggali ide saat ingin membuat cerita. Menurutnya, ide itu banyak sekali di sekitar kita dan ketika ingin mengambil salah satu inspirasinya, ketika ingin menggunakan salah satu ide, harus fokus dan cepat menuangkannya. Bunda Wylvera juga memberi banyak contoh dan cara menulis untuk pemula. Tanya jawab sangat interaktif dan seru.

Semua ilmu tersebut sangat mudah diterima dan dicerna anak-anak. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan, aktivitas mencatat dan keberanian menjawab pertanyaan-pertanyaan.

Tak sampai di situ, masih ada motivasi dan hiburan yang disampaikan, diantaranya:

Kak Agung memberikan motivasi dan tausiyah jelang buka bersama

Motivasi dan Tausiyah Oleh Kak Agung Han, Kak Agung memberikan motivasi untuk menyemangati baik dalam hal belajar maupun ibadah. Menjelang buka puasa juga Kak Agung memimpin doa bersama.

Motivasi dan hiburan dari Windy Ghemary
Nyanyi bersama

Motivasi dan Hiburan dari Windy Ghemary, Tak ketinggalan keseruan acara ini dihadiri artis sekaligus Finalis Indonesian Idol 2014 Windy Ghemary yang telah mengeluarkan dua single. Windy memberikan motivasi dan memberi pelajaran tentang proses hidup yang harus dijalani dari nol agar dapat merasakan kesuksesan yang sebenarnya.

Windy yang berangkat dari keluarga kurang secara ekonomi, membuatnya tumbuh menjadi pekerja keras dan totalitas dalam berkarya, Windy selalu mengambil banyak kesempatan dan memanfaatkan peluang sebaik-baiknya. Hingga berhasil seperti sekarang.

Suasana semakin haru, tak sedikit anak-anak dan kami para blogger ikut menitikkan air mata mendengar ceritanya. Dan takjub serta termotivasi dengan usaha yang dilakukannya dengan bukti keberhasilannya.

Lalu, kami bernyanyi bersama. Windy menyanyi diiringi permainan gitar oleh adik-adik di panti dan sebagian ada yang bermain marawis.

Semua keseruan ini tak luput dari dukungan para donatur yang mulia dan berbaik hati sehingga terselenggaranya acara ini.

Penyerahan donasi

Sebagai informasi, DONASI Uang Kas terkumpul Total Rp. 10.075.000,-
Terima kasih untuk para donatur yang telah memberikan sebagian rezekinya semoga amal kebaikannya dibalas oleh Allah SWT, amin.

Terima kasih kepada Donatur: Evrina Budiastuti, Yayat, Arisman Riyardi, Titis Ayuningsih, Wylvera Windayana, Ruth Ninajanty, Ophie Ziadah, Mita Armayani, Uli hape, Hanni Handayani, Agatha Mey, Desy Yusnita, Windah Saputro, Desi Namora, Evi Indrawanto, Kurnia Amelia, Echi Mustika, Bunga Ilalang, Maliha Dafi, Jade Ayu, Haya Aliya Zaki, Hani S, April Hamsa, Andri Mastiyanto, Liswanti Pertiwi, Myra Anastasia, Widya Candra Dewi, Febrianty Rachma, Anazkia, Dennise Sihombing, Agung Han, Faradilla, Choirul Huda, Indri Noor, Toska, Melly Feyadin, Utie Adnu, Riri Restiani, Charles, Yos Mo, Widha Utawi Ida, Dewi Ratnasari, Rusman, Kania, Syafiatuddiniah (Tuty), Olyvia Suci, Ucigg, Hidayah Qudus,  Ety Budiharjo, Mely Saluthiasari, Wardah Fajri dan Idfi Pancani.

Terima kasih untuk donatur penyediaan logistik untuk acara ini:

Rolas Lunch Box

Rolas Lunch Box untuk menyediakan makanan berbuka puasa dengan paket yang mengenyangkan dan sedap rasanya.

Gula Jawa (Takjil)

Gula Jawa untuk takjil bubur kacang hijaunya yang manisnya pas dan membuat mood kami senang. Terima kasih juga untuk Dita Soehardi yang telah menjembatani dengan Gula Jawa.

Tiffany Kenanga Hijab

Tiffany Kenanga Hijab untuk hadiah-hadiah hijab kerennya.

Dapur Ukhti

Dapur Ukhti untuk Brownies nya yang enak banget

Kurma Arafa

Kurma Arafa,
Yang empuk dan manisnya pas

Alfan Renata, Atas sumbangan mobil dan tenaganya menjemput teman-teman blogger dari FX PP

Windy Ghemary

Windy Ghemary, Untuk motivasi, Shodaqoh dan hiburannya

Ki-ka: Matahari Timoer, Melly Feyadin, Alfan Renata, Windy Ghemary, Zata Ligouw, Ani Berta, Hidayah Qudus, Ibu Upik , Ibu Vony dan  Dapur Ukhti

Dan untuk semua pengisi acara, panitia serta para Blogger yang sudah turut hadir di Panti dengan menyisihkan waktu, tenaga dan materinya. Juga untuk Ibu Upik, Ibu Vony dan seluruh jajaran Panti Asuhan Yayasan Amal Wanita yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk berbagi kebahagiaan.

Khusus buat Mba Wardah Fajri dan Blogger Crony Community, terima kasih telah membuka kolaborasi mulia ini, semoga lagi dan lagi ya Mba :)

Semoga semuanya menuai berkah dan silaturahim tak berhenti sampai di sini. Amin.

8 comments:

  1. Alhamdulillaaaah, ikut merasakan keharuan dan kebahagiaan disana. Semoga teman2 dan Pengurus di Panti senang dan semakin termotivasi untuk selalu semangat belajar dan mengejar mimpinya. Amiiin

    ReplyDelete
  2. keren dan inspiratif, semua berbahagia.
    xoXo xoxo... lope lope :))

    ReplyDelete
  3. Acaranya bagusss penuh inspirasi buat adik-adik panti.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, semoga berguna buat adik2

    ReplyDelete
  5. sayangnya ga bisa hadir, padahal pengen banget
    trenyuh dengan aktivitas mereka
    juga salut dengan ISB dan BCC yang sangat peduli dengan sesama :)

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah bisa ikut hadir, semoga bisa ikut lg diacara sejenis.

    ReplyDelete
  7. Ahhh harunya msh terasa...smoga berkah utk kita semua. Semangat n motivasi utk adik2 panti...kelak jd pribadi dg budi mulia n bermanfata bg sesama

    ReplyDelete
  8. seneng banget aku di acara kemaren teh.., seneng liat anak2 yang hepi, liat para blogger dan sponsor yang sangat mendukung terselenggaranya acara ini, alhamdulillah...

    ReplyDelete

@templatesyard