Semakin Cantik dan Sehat Saat Hamil - Dunia-Spasi

Wednesday, 1 February 2017

Semakin Cantik dan Sehat Saat Hamil

Baru-baru ini ada saudara yang hamil kaget karena di kaki dan beberapa bagian badannya ada garis-garis kasar berwarna hitam kemerahan. Ternyata garis-garis itu adalah stretch mark atau  selulit. Saudara saya langsung curhat dan bertanya bagaimana cara menghilangkannya. Bukan hanya saudara yang hamil saja yang merasakan itu, teman-teman yang tadinya langsing sekarang gemuk secara tiba-tiba pun mengalami hal yang sama. Mereka curhat tapi saya bingung juga. Sebab saya belun tahu bagaimana cara menghilangkan dan mencegah stretch mark tersebut.

Ada juga teman yang sedang hamil tapi jadi malas sikat gigi karena ia mengeluh selalu ingin muntah jika sedang menggosok gigi. Akibatnya badannya kurus kering padahal ia butuh nutrisi lebih karena sedang mengandung bayinya. Butuh sehat untuk ibu dan anaknya.

Saat saya memikirkan mereka, untunglah saya mendapat undangan dari RSU Bunda Menteng Jakarta, jadi ada pencerahan terhadap kejadian-kejadian yang menimpa saudara dan teman yang sedang hamil dan mengalami gangguan kepercayaan diri. Saya mudah-mudahan bisa menjawab keluh kesah mereka.

Pembukaan Amara Skin & Aesthetic Center RSU Bunda Jakarta

Dalam konferensi pers Pembukaan Amara Skin & Aesthetic Center di RSU Bunda ini membahas tema “Rahasia Tetap Cantik dan Segar Saat Hamil.” Narasumber nya para dokter yang ahli di bidang kebugaran kulit dan gigi, yakni Dr. Rachel Djuanda SpKK dari Amara Skin & Aesthetic Center, RSU Bunda Jakarta dan drg.Mira Madjid MPH Sp Perio.

Menurut dr. Rachel, perempuan hamil tubuhnya memproduksi lebih banyak hormon estrogen dan progesteron. Dua hormon ini memicu perubahan pada kulit dan perubahan yang terjadi pada tiap perempuan berbeda-beda. Ada yang mengalami stretch mark, pigmentasi atau perubahan warna kulit, kulit menjadi sangat sensitif atau kulit muka berjerawat.

Beragam mitos yang membuat para perempuan hamil serba salah dan ragu dalam menentukan pola hidup sehat selama hamil, perlu dipatahkan karena ini jelas menghambat kesehatan perempuan hamil yang seharusnya didukung untuk melakukan sesuatu yang semestinya.

“ Misalnya, pemakaian krim malam bagi perempuan hamil ada beberapa yang melarang padahal kulit ibu hamil memerlukan krim malam sebagai nutrisi.” Kata dr. Rachel.

“Semua ini bisa disiasati dengan kosmetik atau bahan perawatan khusus bagi perempuan hamil. Harus cari tahu melalui beberapa sumber agar kebutuhan perawatan tidak salah kaprah. Misalnya untuk perawatan kulit, bisa direkomendasikan klinik yang aman dan ramah perempuan hamil karena obat-obat dan kosmetiknya disesuaikan dengan kebutuhan perempuan hamil.” Ujar dr.Rachel.

Sebagai tindakan dari rumah, ibu hamil juga harus bisa menyesuaikan asupan sehari-hari dengan gizi seimbang dan mengatur kestabilan emosi. Selain itu, perempuan hamil pun wajib merawat diri dan menjaga kebersihan.

drg. Mira Madjid, MPH Sp Perio

Selanjutnya drg. Mira Madjid, MPH Sp Perio mengungkapkan bahwa perempuan hamil juga rentan sakit gigi dan mengalami gangguan gigi dan gusi yang sulit disembuhkan. Kondisi ini membuat perempuan hamil mengalami gigi sensitif, gigi goyang, gusi bengkak dan gusi berdarah.

Lagi-lagi perubahan hormon yang terjadi, membuat gigi dan gusi perempuan hamil terganggu, bukan calon ibunya saja yang terganggu tapi janin yang dikandungnya akan merasa terganggu saat ibunya tidak mau makan karena gusi bengkak dan mual.

Bahayanya lagi, perempuan hamil yang gigi dan gusinya tidak sehat akan berpotensi menginfeksi janin yang dikandungnya. Sehingga janin kurang normal pertumbuhannya.

Menurut drg. Mira, umumnya perawatan gigi bagi perempuan hamil hanya pada prosedur perawatan gigi sederhana saja. Misalnya penambalan karies gigi atau gigi bolong dan penanganan umum lainnya yang tidak menimbulkan efek komplikasi terhadap perempuan hamil.

Penanganan urgent yang menimbulkan rasa sakit sekali bisa dilakukan setelah trismester ke dua. Tetapi kondisi perempuan berbeda-beda, menurut drg. Mira, penanganan urgent ini dapat dilakukan melalui persetujuan dari dokter gigi dan disesuaikan dengan kebutuhan.

“Begitu pula dengan X Ray, hanya bisa dilakukan dalam keadaan emergency dan semua prosedur kosmetik harus ditunda selama kehamilan.” Kata drg. Mira.

Berikut adalah tips drg. Mira dalam menjaga kesehatan gigi di saat hamil:
  • Rajin gosok gigi setelah makan, apa lagi makanan yang bumbunya pekat.
  • Periksa ke dokter gigi minimal tiga bulan sekali
  • Beli sendiri peralatan membersihkan gigi, seperti dental floss, sikat gigi ujung kecil, water flosser, interdental brush dan pasta gigi yang sesuai.
  • Makan dengan asupan nutrisi yang baik terutama asupan makanan yang mengandung Vitamin B12. Seperti Susu, Telur, Keju, Tempe, Yoghurt, Ayam, Daging. Dan Makanan yang mengandung Vitamin C seperti, Pepaya, Jeruk, Nanas, Brokoli, Paprika dan lain-lain.
Agar sehat dan cantik selama hamil, sebaiknya saran dari dokter Rachel dan drg. Mira dijalankan dengan baik. Selain sehat dan cantik, janin pun akan tumbuh sehat dan berkembang sempurna.

12 comments:

  1. Wiii.. Bekal buat istriku nanti ni teh... Hihi

    ReplyDelete
  2. Ah, ini bekal harus disave buat Icha kalo hamil nanti. Thank, artikelnya teh. 👍😀

    ReplyDelete
  3. strecth mark ini mengganggu banget memang teh, saya aja yang belum hamil dan punya anak sudah muncul strecth mark, terus saya juga jarang perawatan juga sih :)

    ReplyDelete
  4. Aku setiap hamil pasti ada masalah pada gigi dan gigi harus dicabut. Kalau sering hamil, bisa habis gigiku 😂

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah gigi aman selama hamil kemarin,baru tau kalo ada ya yang malas gosok gigi waktu hamil hehehe

    ReplyDelete
  6. Iya nih, aku jerawatan parah hihihi. Sempat ke dokter kulit, trus step krim2nya jd bertambah. Yang biasanya dua step, jadi 3 step ulala. Males ah, abis lahiran aja dibenerin hahaha dasarnya buibu mau irit :)))
    Tfs infonya Mbak.

    ReplyDelete
  7. sebagai cowo, saya ga ngerti soal kehamilan dll
    tapi ini artikel penting sih, buat bekal nanti kalo berumah tangga

    makasiiiih bu tambahannya :)

    ReplyDelete
  8. kalau perawatan setelah hamil dan lahiran bisa nggak Teh?

    ReplyDelete
  9. Aku sejak hamil muda gusinya pada bengkak dan giginya sering linu mbak.. Tp masih bisa nahan sih.. Hehe

    ReplyDelete
  10. dimulai dari asupan gizi yang baik dan juga olah raga ya mba

    ReplyDelete
  11. Assalamualaikum dan salam sejahtera

    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan  ☎ (( 0823-2159-4488 )) ATAU KLIK DISINI PESUGIHAN DUNIA GHAIB Wassalam

    ReplyDelete

@templatesyard