Indonesia Diecast Expo 2016 Gudang Inspirasi Industri Kreatif - Dunia-Spasi

Wednesday, 2 November 2016

Indonesia Diecast Expo 2016 Gudang Inspirasi Industri Kreatif


Industri kreatif itu memang tidak dibatasi pada bidang tertentu saja, apa pun yang dikerjakan dengan semangat karya yang maksimal akan menjadi sesuatu yang banyak diminati dan dicari. Contohnya dalan Indonesia Diecast Expo 2016 atau IDE yang diadakan di Balai Kartini dari 29-30 Oktober 2016. Bertema “Japan Domestic Market” Mengambil Tagline “Age Doesn’t Matter” karena kali ini tak menyasar pasar laki-laki saja. Perempuan dan anak-anak pun dirangkul dalam event IDE tahun ini.

Diecast adalah miniatur kendaraan bermotor dan dalam IDE ini, ditampilkan Diecast dari 80 pelapak yang ikut serta, terdiri dari produsen, kolektor dan komunitas. Buat yang hobi koleksi Diecast, di sanalah komponen terbaik dapat dicari.

Menarik sekali, makanya saya ingin tahu lebih dalam soal Diecast sebab banyak teman yang menjadi kolektor Diecast jadi lebih kreatif dalam memodifikasi kendaraannya maupun menjadi konsultan modifikasi kendaraan buat teman-temannya. Tentu saja ini hobi yang mengasyikan, bukan?

Diecast dan perlengkapannya
Lucky Dip di Booth BCA

Saya membeli tiket masuk seharga Rp30.000 menggunakan SAKUKU BCA dapat diskon 20% lumayan. Dan pengguna SAKUKU, di booth BCA, mendapat prioritas mendapatkan aneka merchandise, lucky dip dan fasilitas diskon lainnya untuk belanja di area Diecast Expo di Balai Kartini tersebut.

Di sana pun ada merchant SAKUKU, Eggo dan Chatime. Tidak takut kelaparan habis keliling-keliling pameran. Karena bisa jajan di merchant ini dengan harga miring.

SAKUKU adalah uang elektronik yang mudah, praktis dan gratis. Berfungsi sebagai alat pembayaran, pembelian pulsa, tarik tunai, split bill, bahkan bisa transfer ke teman yang punya rekening SAKUKU juga. Untuk mendapatkannya, cukup di-download di Play Store android atau di Apple Store. Ikuti langkahnya dan bisa langsung digunakan. Info detail tentang SAKUKU pernah saya ulas.  

Diorama

Play Ground
Kembali ke Diecast Expo, saya keliling-keliling melihat berbagai miniatur kereta api, sepeda motor, mobil yang dipamerkan dan dirakit seperti kendaraan betulan membuat saya takjub dan bertanya-tanya. Menarik sekali di booth Komunitas Spoor Model sebuah komunitas yang anggotanya pencinta kereta api. Menurut Jabar, salah satu anggota yang menjaga booth tersebut, menjelaskan bahwa anggotanya dari seluruh Indonesia yang suka dengan kereta api, maka mereka berkumpul dan menyumbang ide agar kereta api di Indonesia semakin terpelihara.

Komunitas yang digagas oleh Harris ini, mengumpulkan berbagai model kereta api yang pernah ada di Indonesia melalui miniatur yang dibuatnya. Sejauh ini mereka belum bertujuan komersil, hanya untuk kesenangan dalam hobi dan harapan mereka dapat menginspirasi dalam melestarikan kereta api Indonesia.

Lapak-lapak lain menjadi magnet juga dengan display-display menarik plus properti sebagai media Diecast yang dipamerkan seperti betulan. Misalnya, mobil lengkap dengan sirkuitnya, kereta api lengkap dengan rel di jalan dan bukit-bukit berbatu serta diorama kendaraan dari abad ke abad dipamerkan dengan apik. Ini hiburan tersendiri buat saya.

Di sisi lain, banyak arena photo spot yang instagramable bagi keluarga yang datang ke acara ini, banyak hal mengasyikkan yang bisa dilakukan. Anak-anak pun bisa bebas leluasa bermain di playground yang disediakan. Arena permainan cukup menantang dan edukatif.

Seru seperti lintasan sirkuit betulan!
Jalur-jalur sirkuit yang besar tersedia sebagai sarana pengunjung yang ingin memainkan Diecast. Siapa pun bisa menggunakan fasilitas ini. Petugas-petugasnya pun ramah dan mudah ditanya untuk informasi yang dibutuhkan.

Di panggung utama, ada lelang Diecast yang ramai dan dipadati pengunjung. Seru sekali saat harga-harga dilempar dan terjadi tawar menawar yang seru!

Mudah-mudahan tahun depan ada lagi

Saya merasa asyik datang di event ini, konsepnya tidak fokus jualan. Pameran ini banyak edukasinya. Ada edukasi sejarah tentang kendaraan di masa perang, kendaraan untuk lomba dan kedaraan keseharian yang bisa dipelajari di sana. Tak hanya itu, ajang hiburan keluarga juga dapat.
Semoga ke depannya akan terus ada dan semakin inovatif dalam mengelola acaranya.



Diecast Expo 2016

3 comments:

  1. Ngomongin Diecast ini, jadi inget temen SMPku yang hobi banget sama printilan kayak gini. kalau ada eventnya di Bandung kayaknya doi bakal belain dateng, deh. :) Asik ya nasabah BCA punya privilege di acara ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tahun depan suruh ke Jakarta aja teh :D

      Delete
  2. Assalamualaikum dan salam sejahtera

    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan  ☎ (( 0823-2159-4488 )) ATAU KLIK DISINI PESUGIHAN DUNIA GHAIB Wassalam

    ReplyDelete

@templatesyard