Peralatan Awet Karena Tepat Gunakan Sabut Spons - Dunia-Spasi

Tuesday, 25 October 2016

Peralatan Awet Karena Tepat Gunakan Sabut Spons

Beberapa tahun lalu, saya selalu boros dalam membeli peralatan makanan juga peralatan masak. Sebentar-sebentar bocor, karatan, gores-gores, gosong dan kerak yang tak kunjung bersih karena susah dibersihkan.

Saya sempat konsultasi ke orang tua di Bandung atau saudara yang main ke rumah. Menurut mereka, cara menyuci peralatan tersebut sudah benar. Lalu saya bingung, di mana yang salahnya?

Setelah melihat kronologis cara mencuci peralatan dari waktu ke waktu, saya mencobauntuk mengubah kebiasaan menggunakan spons. Kebiasaan kurang baik saya, saat menggunakan spons dua langkah yang sebenarnya tak disarankan. Untuk peralatan masak yang susah dibersihkan atau berbau anyir, biasanya saya menggunakan kantong kresek yang digulung lalu dibasahi dan pakai sabun cuci lalu digosok-gosok pada peralatan masak dengan brutalnya. Bersih hasilnya, tapi meninggalkan bekas yang tak berubah kembali seperti semula. Dan banyak lapisan anti karat serta lapisan pelindung peralatan masak tersebut yang rontok, aus akibat kebrutalan kresek itu.
Ketika saya membeli peralatan masak baru, saya tak mau membuat peralatan tersebut cepat rusak lagi, apa lagi berubah bentuk permukaannya. Apalagi untuk teflon yang licin dan anti gores juga anti lengket. Sudah belinya lumayan harganya, kalau bolak-balik beli kan sayang, mendingan dipakai untuk kebutuhan lain lagi kan?

Akhirnya saya mengubah pola penggunaan spons setelah melihat-lihat produk spons Scotch Brite di minimarket terdekat. Saya penasaran kok warnanya ada yang tidak biru untuk spons yang terpajang. Untuk warna sabutnya, ada yang biru, oranye dan pink. Wah saya harus cari tahu, setelah baca-baca dan tanya SPG yang menjaga, saya baru paham. Bahwa sabut spons warna oranye (ID37) adalah sabut spons untuk mencuci peralatan masak anti gores, seperti teflon, panci dan lain-lain. Untuk peralatan makan pun sebaiknya memakai ID37 ini.

Ki-ka: ID30, ID37, ID33
Sabut Spons ID30 untuk peralatan masak
Sabut Spons ID37 untuk peralatan masak anti lengket dan alat makan

Sedangkan yang biasa saya pakai, Sabut Spons warna biru (ID30) adalah untuk menyuci peralatan masak. Ada lagi Sabut Spons warna pink (ID33) yang ini lebih lembut lagi, untuk mencuci tempat minum atau botol susu bayi. Wah saya kok baru tahu? Tak apa, lebih baik terlambat tahu dari pada tidak sama sekali.

Anak saya Sekar, padahal tiap hari bawa minum pakai botol sendiri ke sekolahan, selama ini, mencuci botol minum disamakan sabut spons nya dengan buat mencuci peralatan masak. Ya, ampun saya salah besar dan pola ini secepat kilat saya ganti dengan Sabut Spons ID33. Membersihkan botol minum anak yang tepat juga bagian dari sayang anak ka? Hehehe.

Saya bersyukur banget menemukan sabut spons Scotch Brite dari tiga tipe tersebut karena tiga-tiganya mengandung serat dan mineral berkualitas. Dibuat dengan teknologi tinggi untuk membersihkan kotoran. 3X Cepat bersih dan 3X Tahan lama. Jadi, saya tak perlu khawatir lagi punya peralatan masak yang cepat rusak atau penampakannya dihiasi goresan tidak aman karena sudah beralih ke sabut spons yang tepat. Begitu pula untuk peralatan makan dan peralatan masak anti lengket saya jadi lebih awet.

Jangan lupa, cara mencuci dan memperlakukan sabut spons juga perlu diperhatikan. Berikut tips dari saya:
  • Sabut spons diganti dua minggu sekali
  • Jangan rendam sabut spons dalam air sabun, supaya tidak menjadi sarang bakteri.
  • Setelah digunakan, bilas sabut spons dengan air lalu keringkan dengan mengangin anginkan.
  • Gunakan sabut untuk permukaan luar atau bagian yang susah dibersihkan sedangkan spons lembutnya bisa digunakan untuk permukaan yang lebih halus.

Percaya atau tidak, tindakan penghematan berakar dari hal kecil. Hanya dengan menggunakan sabut spons yang tepat bisa dapatin semua peralatan yang 3X Cepat bersih dan 3X Tahan lama.

12 comments:

  1. Spons buat cuci aja banyak pilihan dan ragam yaaa para wanita hehehe

    ReplyDelete
  2. Hahaha eh, aku ngakak baca komen si Omcum. Teh Ani, bagi hiji lah sponsnya hahahaha, aku dirumah satu aja ngga ganti2 ampun dah! Ntar blanja beli spons yg laen deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sok atuh ka dieu nih banyak akuh hehehe
      Eta kade bisi bau hapeuk teu diganti2 wkwkwkwk

      Delete
  3. peralatan memasak jadi lebih awet ya pakai spons khusus dari scotch-brite

    ReplyDelete
  4. Gak cuma spons dan brush buat mekap yg macam2 y Teh. Spons cuci piring juga kudu rupa2 biar pas penggunaannya. Nice info Teh Ani.

    ReplyDelete
  5. Ooh ternyata beda warna spons, beda fungsi ya Teh, baru tahu saya Teh Ani, kirain sama saja hehehe

    ReplyDelete
  6. Iya banget, teh. Dulu, waktu belom pake spons Scotch Brite, botol minum anak, Tupperware bening, dan semua peralatan makan itu gampang banget warnanya burem. Sabutnya gores sih. Tapi dengan Spons Scotch Brite, peralatan makan tetep bening.

    ReplyDelete
  7. makasih tips-nya tehhh, aku juga pake tiga warna ini nih, biasanya yang hijau aja, tapi pas tau bahwa fungsinya beda2, jadi beli semua, hihihi..

    ReplyDelete
  8. Oalah, beda-beda toh spons untuk tiap peralatan dapur. Di rumah satu spons dipake untuk semua. Harus beli lagi kek'nya.

    ReplyDelete
  9. Assalamualaikum dan salam sejahtera

    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan  ☎ (( 0823-2159-4488 )) ATAU KLIK DISINI PESUGIHAN DUNIA GHAIB Wassalam

    ReplyDelete

@templatesyard