Kado Hari Pahlawan Dari Drama Musikal Khatulistiwa - Dunia-Spasi

Monday, 10 October 2016

Kado Hari Pahlawan Dari Drama Musikal Khatulistiwa

Para Pendukung Drama Musikal Khatulistiwa

Pelajaran Sejarah bisa disukai bisa juga dibenci oleh pelajar. Mengingat pelajaran ini bagi sebagian orang terasa membosankan dan berbau hapalan yang melelahkan. Belum lagi banyak yang mempertanyakan, apa manfaat mempelajari masa lalu? Apa lagi dikaitkan dengan kehidupan sekarang. Jika masih ada anggapan belajar sejarah itu tidak penting, berarti kurang menelaah maksudnya.
Dengan mempelajari sejarah, kita dapat mengambil sumber inspirasi dari para pendahulu, juga dapat mengingatkan kita pada perjuangan pahlawan mempertahankan tanah air. Mempelajari sejarah juga bisa membuat kita bisa menghargai perjuangan dan merasakan arti kebahagiaan merasakan kemerdekaan. Mengingat kemerdekaan yang didapat sekarang melalui perjuangan keras, pertumpahan darah, dalam waktu yang sangat lama dengan berbagai upaya yang tidak mudah.

Untuk mengajak generasi muda memahami sejarah dengan mudah, maka dalam rangka Hari Pahlawan, pada Bulan Nopember, PT. Bank CIMB Niaga Tbk, Josodirdjo Foundation dan Zig Zag Indonesia mempersembahkan Drama Musikal Khatulistiwa yang akan dipentaskan di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki Jakarta pada 18-20 Nopember 2016.

Tujuan diselenggarakannya acara ini, selain untuk mengenal perjuangan para pahlawan melalui pertunjukan drama musikal agar terkesan fun dan mudah dipahami, juga mengangkat budaya dan segala hal yang berciri khas Indonesia. Karena pertunjukan ini melibatkan 100 orang talent, mulai dari pemain drama, musik, penari dan lain-lain. Ada artis yang terlibat di dalam drama kolosal ini, diantaranya Rio Dewanto, Kelly Tandiono, Tika Bravani, Epy Kusnandar, Sita Nursanti “RSD” dan lain-lain.

Cuplikan Drama Musikal Khatulistiwa
Drama Musikal Khatulistiwa ini disutradarai oleh Adjie N.A, menurut Adjie, cerita dalam drama musikal Khatulistiwa ini menceritakan era perjuangan zaman VOC sampai kemerdekaan. Masing-masing cerita akan menampilkan berbagai kebudayaan sesuai ciri khas setiap masa nya. Lebih kurang ada 50 lagu Indonesia, lagu anak-anak dan berbagai tarian nusantara akan ditampilkan. Menurut Adjie, gelaran ini adalah salah satu bagian dalam mengisi kemerdekaan. Karena berkarya juga bisa memberikan kontribusi pada bangsa walau tak harus mengangkat senjata.

Presiden Direktur CIMB Niaga, Tigor M Siahaan menyatakan CIMB Niaga mendukung Drama Musikal Khatulistiwa ini karena melihat niat mulia dari inisiatif sosial dalam terwujudnya drama musikal Khatulistiwa yang bermuata pesan moral dan membangkitkan nasionalisme kawula muda.

Tiara Josodirdjo sebagai pendiri yayasan Josodirdjo yang memimpikan inisiatif sosial Khatulistiwa ini sudah tercetus sejak 9 tahun lalu. Mengangkat kisah Bangsa Indonesia yang kaya perjuangan, budaya dan keanekaragaman lainnya.

“Perjuangan Indonesia yang diraih asli dengan tumpah darah para pahlawan dengan melawan penjajah secara maksimal dan tanpa berkeluh kesah atau mengeluh karena tak ada senjata yang canggih. Dengan bambu runcing pun, para pendahulu tetap semangat berjuang merebut kembali kemerdekaan bangsa, ini patut menjadi inspirasi bagi kawula muda terhadap arti pejuangan.” Ujar Tiara.

Tiara juga menambahkan bahwa menjadi pahlawan bangsa tak harus mengangkat senjata dan tak harus mati dulu. Pemahaman ini harus diberikan kepada generasi muda. Bahwa menjadi pahlawan itu, bisa dengan cara mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik, misalnya perdalam suatu bidang dan kembangkan lalu berikan kontribusi untuk memajukan bangsa dan berguna bagi banyak orang.

“Setiap orang adalah pahlawan, bisa menjadi pahlawan seni, olah raga, tata boga, pengajar dan masih banyak lagi. Mari kita berjuang mengisi kemerdekaan dan jangan lupakan sejarah. Hargai para pendahulu dan jadikan Indonesia lebih baik. Selalu dijaga.” Kata Tiara.

Tiara sendiri, melakukan inisiatif sosial Drama Khatulistiwa ini berawal dari anak-anaknya yang berkegiatan kesehariannya banyak mengadopsi buadaya luar. Keprihatinannya ini membuahkan ide menuangkan sejarah dalam bentuk Drama Musikal.

Drama Musikal Khatulistiwa ini, akan diproduksi juga dalam bentuk DVD yang akan disebarkan ke seluruh masyarakat Indonesia, jadi yang tidak bisa menonton drama musikal Khatulistiwa secara langsung, bisa menonton via DVD. Ini berkat dukungan Sunlife Financial Indonesia, Cikarang Listrindo dan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan serta pihak-pihak pendukung lainnya.

Seluruh Bangsa Indonesia berhak menyaksikan pertunjukan Drama Musikal Khatulistiwa karena akan bisa belajar sejarah dengan lebih asyik.

9 comments:

  1. Kado yang istimewa, ya. Itung-itung belajar sejarah dengan cara yang menyenangkan. Dulu beberapa kali pernah nonton drama musikal. Seru liatnys. Tapi sekarang udah gak pernah lagi. Kangen juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nonton ini aja Teh ke Jakarta Nopember nanti

      Delete
  2. Pati seru banget Nonton Drama Musikal Khatulistiwa karena bisa belajar sejarah dengan cara yang asik.

    ReplyDelete
  3. Baru ngeliat satu scene aja udah merinding deh, apalagi liat full performance ya teh.

    Mudah-mudahan ada rejeki buat nonton nanti deh.

    ReplyDelete
  4. Kita nonton barenggg yuuuk tante :)
    aku suka banget nonton nonton yang beginian.
    Bangga deh dengan adanya drama musikal begini, ajdinya anak - anak bisa belajar sejarah indonesia lewat drama musikal.

    ReplyDelete
  5. Seneng ya kalau ada orang2 yang peduli dengan sejarah bangsa dan berkarya sedemikian apik seperti drama musikal Khatulistiwa ini. Harus nonton nih. Thanks for sharing, teh.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum dan salam sejahtera

    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan  ☎ (( 0823-2159-4488 )) ATAU KLIK DISINI PESUGIHAN DUNIA GHAIB Wassalam

    ReplyDelete

@templatesyard