Floridina Web Series Hadirkan Workshop Digital Marketing - Dunia-Spasi

Tuesday, 12 April 2016

Floridina Web Series Hadirkan Workshop Digital Marketing

Jakarta, 31 Maret 2016 lalu saya merasa dihinggapi banyak keberuntungan di acara peluncuran Floridina Web Series di Plaza Senayan. Bagaimana tidak? Dalam acara tersebut banyak sekali asupan energi positif. Mulai dari konsep acara, tuan rumah yang ramah dan ragam acara yang memberikan value tersendiri untuk peserta yang hadir.

Floridina adalah minuman kemasan dalam botol dengan bulir jeruk asli dibuat dengan teknologi terkini untuk memanjakan konsumennya. Minuman tak sekadar minuman bersari buah tetapi mengandung bulir jeruk asli yang selain menuntaskan dahaga juga mengurangi rasa lapar. Itu pengalaman saya, kalau saya bepergian terus belum sarapan, biasanya saya suka minum minuman seperti Floridina ini. Selain menyegarkan juga lumayan mengganjal perut.


Floridina dengan Bulir jeruk asli, minuman favorit saya

Aristo Kristandyo
Untuk lebih mendekatkan Floridina dengan konsumen, maka PT Wings Food meluncurkan Floridina Web Series F.O.G Mission (Floridina Origin Games Mission) dengan cerita menarik dan menantang. F.O.G Mission memiliki tagline “Pilihanmu akan menentukan nasib teman-temanmu”. Web series ini terdiri dari 13 episode dengan durasi masing-masing episode adalah sekitar 5-7 menit. F.O.G Mission dibintangi oleh Velove Vexia selaku Brand Ambassador Floridina, Surya Lee, Ricky Wattimena, Harold Pama dan disutradarai oleh David Budiatmadja.

Cerita dalam web series tersebut mengulas cerita penuh kreativitas dan uniknya, penonton bisa menentukan jalan ceritanya sendiri. Menurut Pak Aristo Kristandyo, ini adalah strategi marketing yang lebih kreatif yang diharapkan akan mendekatkan konsumen Floridina dengan image yang melekat.

Pak Aristo Kristandyo pun mengemukakan bahwa kehadiran Floridina berdasarkan survei di masyarakat yang setiap tahunnya membutuhkan minuman kemasan yang praktis dengan varian rasa yang menarik dan menyegarkan.

Hubungannya dengan tema terkait, PT.Wings Food memberikan komplimen berupa workshop dengan tema Perkembangan Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dan Prakteknya dalam Industri

Hifni Alifahmi
Narasumber pertama, Dr. Hifni Alifahmi dari Universitas Indonesia, memberikan ulasan tentang trend dunia digital dan sosial media. Menurutnya, ada enam trends dan kolaborasinya, diantaranya:

1.  Corporate Brand & Product Brand Alignment

2. Corporate Brand & Personal Brand Aligment

3. Produk – Corporate – City Brand Alignment

4. Kolaborasi Corporate PR & Marketing PR

5. Narrative Marketing PR Story – Telling Marketing/PR

6. Cause – Related – Marketing (CRM)

Berhubungan dengan trend nomor satu adalah menyangkut reputasi perusahaan dan reputasi suatu negara yang punya perhatian khusus terhadap produk yang dihasilkan. Misalnya, tak sedikit orang Indonesia yang menyukai produk Korea. Alasannya beragam, ada yang menyukai kualitas juga corak-coraknya.

Berhubungan juga dengan nilai brand dan misinya. Misalnya The Bodyshop yang concern terhadap uji coba produk tanpa melibatkan binatang. Intinya ada satu misi yang bisa diusung untuk tujuan menyelamatkan bumi. Sehingga product awareness pun terbawa dengan baik. Contoh lainnya adalah misi diet kantong plastik dan lain-lain.

Kampanye produk pun memerlukan pendongkrak yang pas untuk memperoleh perhatian lebih, salah satunya dengan mengendorse selebriti atau mengedepankan nilai suatu berita.
Untuk Trend yang ke dua, Personal Branding dan Corporate Branding memainkan peranan penting juga dalam sebuah campaign maka dari itu, upaya menuju ke sana pun perlu dimaksimalkan dengan segala cara.

Mengusung judul campaign pun harus dibuat sekreatif mungkin dengan cara memberi variasi yang menonjolkan kekhasan produk tetapi misinya tetap sama.
Marketing dan Public Relations sudah seharusnya berjalan beriringan dan saling mendukung kinerja masing-masing tanpa melupakan porsi yang sudah ditetapkan dari masing-masing bagian. Keduanya harus mempunyai sense dan spirit yang pas.

Sedangkan Narrative marketing, wajib mengintegrasikan berbagai konten platform sosial media menjadi satu kesatuan strategi. Mulai dari konten akun-akun sosial media, blog, artikel website,Video, Komik dan animasi-animasi lainnya sampai desain merchandise untuk publik.
Selain itu, program CSR (Corporate Social Responsibility) pun perlu diolah semenarik mungkin agar memberikan awareness yang baik dan pas.

Robin Malau
Materi kedua dibawakan oleh Robin Malau, dengan tema “Indonesia Digital Marketing Trends” Menurut Robin Malau, ada empat faktor yang membentuk trend market, diantaranya:
  1. Pemerintah,
  2. Transaksi Internasional,
  3. Spekulasi dan Ekspektasi,
  4. Persediaan dan Permintaan.

Tolak ukur campaign berdasarkan data jumlah pengguna gadget dan sosial media serta infrastruktur yang mendukung aktivitas tersebut. Indonesia termasuk yang memiliki fasilitas internet lambat dan kurang mumpuni. Menurut Malau, kondisi penggunaan internet di Indonesia lebih dominan melalui gadget dari pada komputer PC. Dan dalam tahun ini, trend streaming dan video akan lebih booming dari dapa model campaign lainnya.

Selesai workshop, Pak Aristo Kristandyo pun masih memberikan bocoran tentang strategi campaign yang dilakukan terhadap brand Floridina. Jelas saya kenyang ilmu dari acara ini.

Awarding WINGS Journalist Writing Competition

Acara ditutup dengan penganugerahan Journalist Writing Competition sebagai apresiasi WINGS terhadap Media dan Blogger yang berpartisipasi dalam mengkampanyekan brand-brand WINGS selama Tahun 2015.






18 comments:

  1. oh ini acaranya yg kemarin Dewi menang ya Teh

    ReplyDelete
  2. Acara brand yang seperti ini menyenangkan. Karena yang hadir tidak sekadar dikenalkan produk. Tpai justru porsi terbesar adalah bagi-bagi ilmunya. Terima kasih udah share :)

    ReplyDelete
  3. Wah, acaranya asyik dan sarat ilmu ya, Teh? Saya juga suka tuh minum minuman yang satu ini. Bulir jeruknya itu memang membantu banget mengganjal perut saat bepergian hingga ketemu makanan utama nantinya. :)

    ReplyDelete
  4. Minuman favorit keluargaku nih mbak, begitu muncul langsung langganan sedia stok di rumah :)

    ReplyDelete
  5. Jadi selanjutnya kita harus belajar bikin video ya teh, supaya tetap update. Dunia media memang dinamis bgt ya....belajar belajar dan belajar lg. Gpp asal jgn diminta bikin jurnal hehehe.

    Makasih infonya teh.

    ReplyDelete
  6. PR nih buat aku bikin video, namun menanantang

    ReplyDelete
  7. Acaranya bermanfaat ya, ga cuma mengenalkan produk. Wings menghargai peran para jurnalis dalam mempromosikan produknya. Good!

    ReplyDelete
  8. Hmmm, trend berikutnya, video & streaming. Harus terus meningkatkan ilmu euyy.

    ReplyDelete
  9. gadget lebih dominan ya mbak,seru acaranya..dapat ilmu baru^^

    ReplyDelete
  10. Video streaming, catet :D. hihih seru emang kalau ada acara gini ilmunya selalu baruuu

    ReplyDelete
  11. Tergantung niat kita sih sebenarnya hadirin event buat apa.
    Hasilnya ga bakalan jauh2 dari niat kita
    So, niat harus benar2 diperbaiki dulu

    Teteh, bagiin satu Floridina nya dunk, hauusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget mbak Rahma... iat itu emang yang paking penting saat akan menjalankan sesuatu, apapaun ituh

      Delete
  12. Seneng ya kalau ada event yang brandnya bagi - bagi ilmu seperti ini, banyak hal baru yang bisa terus digali biar makin maksimal. Trus seneng jg da kalau pemenang blognya dapet piagam gitu hihihihi. Bisa dipajang untuk kenang - kenangan.

    ReplyDelete
  13. Aku suka minuman sari buah yang ada serat jeruk aslinya seperti ini. Jadi nggak seperti minum lemon yang dikasih sepuhan :)

    ReplyDelete
  14. Good brand. mereka ternyata sangat menghargai media/blogger yang turut membesarkan namanya

    ReplyDelete
  15. Wah kalau melihat minuman ini jadi keinget waktu zaman sekolah dulu, waktu itu saya sering beli floridina hmm rasanya memang enak sampai saya selalu membelinya setiap hari.

    ReplyDelete
  16. Semoga acara bermanfaat seperti ini semakin sering diselenggarakan yak

    ReplyDelete
  17. Assalamualaikum dan salam sejahtera

    Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan  ☎ (( 0823-2159-4488 )) ATAU KLIK DISINI PESUGIHAN DUNIA GHAIB Wassalam

    ReplyDelete

@templatesyard