Arisan, Silaturahim dan Berbagi - Dunia-Spasi

Monday 16 November 2015

Arisan, Silaturahim dan Berbagi


Tangerang Selatan, Minggu 15 Nopember 2015 – Di tengah banyaknya pekerjaan serta deadline tulisan serta undangan acara Blogger yang padat merayap, saya relakan beberapa acara di Hari Minggu tersebut untuk tidak dihadiri, demi mewujudkan tali silaturahim dengan para orang tua murid yang anak-anaknya mengikuti kegiatan Pencak Silat. Kumpulan orang tua murid ini disebut FORTA.
Cukup solid ibu-ibu ini dari percakapan di WhatsApp (WA) grup. Karena sebagian besar adalah orang tua murid kelas VIII dan IX yang sudah sering bertemu. Saya yang baru bergabung, karena anak saya baru kelas VII, tetap percaya diri mendekatkan kepada mereka. Karena ini penting baik untuk orang tua maupun anaknya. Agar saling mengenal satu sama lain. Jika ada masalah atau memerlukan informasi, tak kesulitan.





Grup WA yang selalu saya lihat setiap hari, ibu-ibu dan bapak-bapak ini, terlihat aktif dalam memberikan kontribusi dalam kegiatan silat anak-anaknya. Mulai dari membahas latihan, menyiapkan untuk kejuaraan selanjutnya, saling menguatkan mental anak sampai mengorganize acara-acara FORTA. Seperti tasyakuran ketika memenangkan lomba atau sekadar menyambung silaturahim. Semua berperan dan semua terlibat. Terlihat kompak dan ada sinergi antara orang tua murid dan guru pembimbing dalam mengoptimalkan kegiatan Pencak Silat di sekolahan.

Saya sebagai orang yang selalu berkutat dengan pekerjaan, tak bisa selalu terlibat kegiatan para orang tua murid di FORTA tersebut, kadang saya malu dan merasa bersalah karena belum bisa memberikan sumbangsih tenaga dan pikiran bersama mereka. Tetapi saya sudah meniatkan bahwa saya harus menyempatkan diri terlibat membantu walau dalam kapasitas kecil. Dimulai dari menghadiri beberapa acara penting, seperti arisan atau rapat.

Yang saya suka, dari FORTA ini, para orang tua murid support nya sangat besar, banyak inisiatif untuk memajukan prestasi anak yang membawa nama baik sekolah. Tak tanggung-tanggung, ide, usulan dan semua harapan berusaha diwujudkan. Dengan bekerja sama dengan guru maupun pembimbing agar prestasi anak dalam pencak silat lebih meluas lagi, merambah luar negeri. Contohnya, dengan adanya Try Out ke Singapura, ini memberikan pengalaman dan keberanian anak untuk percaya diri bertarung di negeri orang. Tentu saja hasilnya akan memberikan banyak peningkatan prestasi serta nilai plus.

Ketika FORTA ikut mendampingi anak-anaknya bertanding, bukan hanya menjadi supporter tetapi setelahnya, memberi evaluasi dan solusi terhadap hasil prestasi anak. Tentu saja ini sangat membantu para guru pembimbing maupun pelatihnya. Jadi tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Saya semakin salut.



Ketika saya diberikan kesempatan untuk sharing tentang menulis blog, tentu senang dan terharu. Batin saya bergejolak dan alam bawah sadar saya ribut. Memberi tahu bahwa sebenarnya ini adalah mukjizat dari Allah SWT, saya bisa berada di tengah-tengah keluarga besar Al Azhar, yang dulu sangat mustahil bagi saya bisa memasukkan anak ke sekolah ini.

Berkat pertolongan Nya, dipinjamkan semua kemampuan, alhamdulillah saya dapat duduk di tengah-tengah mereka. Buat sebagian orang mungkin ini biasa tetapi buat saya yang single mom dan murni berjuang sendiri adalah benar-benar sesuatu yang sangat disyukuri tiada habisnya.
Untuk Ibu-Ibu dan Bapak-Bapak FORTA, semoga kekompakannya selalu menuai manfaat bagi siapapun, saya selalu salut dengan kedinamisan berupa inisiatif, interaksi dan dukungan penuh terhadap kegiatan Pencak Silat untuk anak-anak di al Azhar 25 Pamulang. Juga untuk mempertahankan budaya Indonesia.

Satu hal yang ketinggalan, saya lupa berfoto mengambil foto Kak Arief, pencetak anak-anak berprestasi, tanpa influence darinya, anak-anak belum tentu bisa menuai banyak prestasi seperti sekarang ini.
Arisan kali ini, bukan sekadar arisan tetapi memahat sebentuk persaudaraan, menuju visi kemajuan bersama dan esensi silaturahim yang berkesan. Terima kasih untuk Ibu Lina, Mom Reisha yang sudah menjamu kami sedemikian maksimal, malahan dikasih oleh-oleh pula. Terima kasih juga untuk Pak Guru Pak Edy, Pak Rujiman dan Pak Amar yang telah repot membawa proyektor juga untuk Pak Wisnu, ketua FORTA baru serta Ibu, Bapak semuanya yang sangat ramah dan welcome.  


15 comments:

  1. Selamat bergabung dlm komunitas Al Azhar. Insya Allah dengan sinergi orang tua danbsekooah Al Azhar akan selalu gemilang. Amiin

    ReplyDelete
  2. Selamat bergabung dlm komunitas Al Azhar. Insya Allah dengan sinergi orang tua danbsekooah Al Azhar akan selalu gemilang. Amiin

    ReplyDelete
  3. Keren, euy! Terus menebarkan virus ngeblog, ya :)

    ReplyDelete
  4. paling seneng itu kalo kita kumpul sama orang2 yang semangat dan banyak kegiatan positifnya ya mbak..aih,senengnya bisa ikut sharing dunia blogging. sukses selalu ya mbak ani...keren lah pokoknya^^

    ReplyDelete
  5. Nyebarin virus blogging dimana pun pokoknya hehehehe

    ReplyDelete
  6. Salam kenal bu ani. Tulisan yg bagus penuh semangat ��

    ReplyDelete
  7. waah senengnya teh... mabruuk. smoga bisa juga nyebarin virus manfaat kayak gini.

    ReplyDelete
  8. Kegiatan yang positif Mbak, semoga ilmu-ilmu yang dibahas di grup WA bisa di share ke blog supaya lebih diketahui masyarakat banyak, terutama orangtua.

    ReplyDelete
  9. waah... aku juga punya grup ortu murid di sekolah anakku, mba.. yg di share di wa juga semuanya yg bermanfaat.. termasuk info apa saja yg dikerjakan anak2 di kelasnya. tebar-tebar ilmu ini mmg yg bikin hati seneng dan adem ya mba :D

    ReplyDelete
  10. Terus menginspirasi di mana pun teh :)

    ReplyDelete
  11. Virus ngeblognya ditebar di manapun ya mbak Ani, dan semakin banyak orang yang akan mendapat banyak manfaat serta hal-hal positif. Keren mbak, semakin menginspirasi :)

    ReplyDelete
  12. Salut sama Teh Ani, berbagi ilmu di mana saja dan kapan saja ^^b

    ReplyDelete
  13. Dan saya udah terkena virusnya juga ini sampai mata bengkak (mewek) tidak bisa bertemu langsung dengan penyebar virusnya, Hiks...

    Semangat terus, Teh Ani...

    ReplyDelete
  14. sharing. connecting :)

    jadi ingat tagline kompasiana dulu...

    ReplyDelete
  15. akuuu tuh hobi lhooo ikut arisan hehehe...entar kenapa asyik ajaa ketemu banyak teman dan silahturahmi. Kadang Arisannya malah ngg penting hehehe

    ReplyDelete

@templatesyard