3 DARA - Dunia-Spasi

Sunday 27 September 2015

3 DARA


Kebetulan saya sedang butuh refreshing di tengah deadline yang padat, ada undangan screening film 3 DARA dari MNC Pictures. Jadilah saya bersama beberapa blogger menuju Djakarta Theatre XXI pada Tanggal 21 September 2015 lalu. Di sore hari yang agak panas kami menuju ke sana dengan harapan mendapatkan hiburan berkualitas dan mendapat sumber inspirasi untuk artikel di blog kami.
Sinopsis

Kehidupan hedonis dari tiga pria mapan di Ibukota ini semakin keterlaluan ketika pekerjaannya mencapai puncak, seolah apapun yang mereka inginkan bisa tercapai tanpa empaty dengan sekitarnya, terutama dengan perempuan di sekitar mereka. Merasa berkuasa, merasa bisa memberikan sesuatu dan akhirnya menyepelekan keberadaan perempuan.

Afandi (Tora Sudiro), seorang pimpinan perusahaan yang setiap harinya berhubungan dengan kolega perempuan dan secara fisik, perempuan-perempuan itu menarik. Afandi menjadi kurang peduli dengan kehidupan rumah tangganya, pada istri dan anaknya kurang perhatian. Bahkan kepada anak kandungnya sendiri, ia tak begitu tahu aktivitasnya.

Jay (Adipati Dolken), seorang pemerhati bagian sensual perempuan di salah satu perusahaan entertainment, prestasinya meroket akibat kejeliannya dalam seni visual. Setiap presentasi proyek pasti goal dan Ia mempunyai tunangan cantik tapi enggan menikahinya padahal semuanya sudah siap, dari segi psikologis, kemapanan dan sikap mau menerima apa adanya dari sang kekasih Jay.
Richard (Tanta Ginting), Tukang gonta ganti pacar dan sulit memutuskan salah satunya. Sering menggoda perempuan lain.

Puncaknya, ketika mereka bertiga berkunjung ke sebuah klub malam, mereka konflik dengan salah satu pramusaji bernama Mel dan Richard menggoda sambil merendahkannya. Mel tidak terima dan mengumbar kutukan supaya mereka menjadi perempuan yang bisa merasakan posisinya saat itu.
Ketiganya secara psikologis merasa mendapatkan kutukan itu dan tersugesti dalam tingkah laku kesehariannya seperti layaknya perempuan. Afandi menjadi sering diet, suka pakai lipgloss bibirnya, tingkah laku di rumah jadi perhatian terhadap keluarga dan suka musik lembut. Sedangkan Jay jadi berani melamar kekasihnya untuk menikah tapi rewel urusan persiapan pernikahan, karena merasa tidak cocok dengan pilihan kekasihnya yang polos untuk baju, kue pengantin dan apartemen yang akan menjadi tempat tinggal mereka setelah menikah. Lain lagi dengan Richard, Ia jadi berusaha setia setelah mengenal instruktur yoga tempatnya berlatih.

Keanehan demi keanehan terjadi, akhirnya mereka mendatangi psikiater cantik (Rianti Cartwright) untuk berkonsultasi. Tak sekali datang, bahkan mereka dibuatnya khawatir oleh psikiater cantik itu karena diramalkan mereka akan berganti kelamin melalui operasi. Dengan penuh harap mereka terbebas dari kutukan Mel di klub malam itu. Mereka berusaha mencari Mel dan minta dibebaskan dari kutukan yang melanda mereka. Karena akibatnya mereka hampir kehilangan keluarga, tunangan dan pekerjaannya.

Akhirnya merekapun bertemu Mel, apakah kutukannya benar-benar ada? Dan apakah Mel membebaskannya? Lalu bagaimana dengan Jay? Apakah ia jadi menikah? Apakah Afandi ditinggalkan istrinya karena dicurigai ada WIL mengingat di saku kemejanya ditemukan Lipgloss miliknya? Sebaiknya tonton film ini di bioskop terdekat ya, sudah tayang sejak 23 September lalu.

Review

3 DARA, suguhan dari MNC Pictures ini memberikan kesan film yang filosofis, penonton yang kurang jeli seperti saya, akan sedikit mengerutkan kening ketika melihat adegan demi adegan yang absurd. Seperti Mel yang melontarkan kutukan ditanggapi serius oleh tiga pria ibukota mapan yang secara logika tak terpengaruh hal mustahil. Dan tiga pria ini sampai merasakan takut berkepanjangan dan berpengaruh terhadap kehidupan yang memerlukan keputusan besar akibat kutukan yang dilontarkan Mel. Sedangkan Mel adalah perempuan biasa, manusia biasa saja.

Untuk segi akting, semua memainkan peran yang total tapi tidak diimbangi dengan alur dan isi cerita yang sebagus akting mereka.
Pesan positif yang saya tangkap adalah ketika tiga pria ini merasa sudah bisa melakukan apapun, dalam satu titik kesadaran, mereka punya rasa bersalah yang ditunjukan dengan kegelisahan, perubahan sikapnya yang menjadi mirip perempuan secara psikologis adalah puncak dari perasaan yang membutuhkan solusi. Setelah melalui berbagai tantangan, dari situlah mereka menemukan akar permasalahannya.


Semoga review film ini dapat menjadi masukan bagi pihak yang berkepentingan agar mempertimbangkan sisi logisnya juga walaupun film ini untuk tujuan komedi. 

12 comments:

  1. Membaca dua review film ini jadi semakin penasaran.
    Suka masukan dari Teh Ani :D
    Namun memang "komedi" bisa terbangun salah satunya dengan menabrak logika.Meskipun banyak juga yang tidak memakai metode itu.

    ReplyDelete
  2. Mau nonton ah film nya, thx review nya teh hihihi

    ReplyDelete
  3. Anakku kekeuh mau nonton film.ini, Teh. Kl berdasarkan review ini, seumur anakku blm bisa mencerna film ini ya. Makasih reviewnya ya, Teh.

    ReplyDelete
  4. Udah 2 kali aku nonton film nyaaa. πŸ‘πŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  5. Intinya kurang membekas, dan greget pengen nonton ya teh. Kalau masalah acting Tora dan Adipati memang total banget.

    ReplyDelete
  6. Makasiii reviewnya teh Ani :D. Aku sempet nonton trailernya kenarin

    ReplyDelete
  7. Aku juga setuju kalo akting para pemainnya itu total dan bagus. Agak ngga setujunya dengan 'kutukan' itu. Over all, filmnya lumayan dan yg penting ada hikmah yg bisa diambil.

    ReplyDelete
  8. ih penasaran jadinya pingin nonton langsung. Kutukannya hlang gak sih di akhir cerita

    ReplyDelete
  9. ceritanya lain dari yang lain ya teh.. jadi penasaran :D

    ReplyDelete
  10. ini yang ada di iklan itu ya, kayanya seru.

    ReplyDelete
  11. Dalam menulis, logika aja penting. Apalagi bikin film, yak.

    ReplyDelete
  12. 3 dara dan pemeran utamanya cowok semuaaa hehehe. Kayaknya menarik nih teeeh.. Mau liat seberapa absurdnya film ini hehehe

    ReplyDelete

@templatesyard