Bagaimana Memilih Bumbu Pecel Yang Tepat ? - Dunia-Spasi

Saturday 17 January 2015

Bagaimana Memilih Bumbu Pecel Yang Tepat ?

Sebagai anak keturunan Sunda, ya saya punya darah campuran Batak dan Sunda. Tapi lahir dan dibesarkan di tanah priangan. Saya menyukai makanan dari daerah Batak maupun Sunda. Tentu saja paling banyak doyan nya masakan Sunda, dari kecil sudah ngerasain makan lalaban sama sambal goang. Yang paling sering, jajan “Lotek” (Kalau di Jakarta, Gado-Gado, katanya hehe...padahal sama saja, campuran sayuran : Kangkung, toge, kol, labu siam yang direbus terus dicampur bumbu kacang pedas) biasanya, saya membeli lotek bareng Opung Boru, (hikss jadi sedih, Opung baru meninggal saat bulan puasa tahun lalu).

Ada lagi, kudapan saya yang akrab tiap pagi disantap saat masih tinggal di Bandung, yaitu “Kupat Tahu” (Nah, kalau Kupat Tahu ini, di Jakarta namanya Ketoprak. Bahannya sama saja, ketupat, toge, tahu kuning digoreng dibubuhi sambal kacang plus kerupuk). Bedanya, Ketoprak pakai bihun dan ketimun sedangkan kupat tahu tidak. Jadi, saya lebih suka kupat tahu dong ....

Saat saya merantau dan tinggal di Jakarta, saya sering kangen makanan khas Bandung itu, walau ada Gado-Gado dan Ketoprak pengganti Lotek dan Kupat tahu, tetap tak tergantikan. Akhirnya saya memilih membuat sendiri saja. Tapi kendalanya, ketika membuat sambal kacang, suka tidak pas komposisi kacang tanah, garam, bawang putih dan gula merahnya. Kalau cabe rawit bisa saya perkirakan menurut selera saya. Kadang, saya rela keliling-keliling cari Gado-Gado yang mirip dengan Lotek tapi itu mustahil. Akhirnya menikmati saja, sambal kacang yang kadang encer atau kurang kental untuk diguyur di aneka sayuran yang telah direbus. 


Bumbu Pecel Bu SAM

Solusi saya dapat, setelah browsing Bumbu Kacang yang aman dan awet. Di supermarket banyak tapi keamanan bahan-bahannya juga kadar pengawetnya bikin saya ngeri dan ragu. Ada juga yang bukan murni kacang tanah komposisi utamanya. Jadi, saya mencari yang bahannya sehat dong. Saya menemukan Bumbu Pecel Bu Sam, di toko online Griya Endras. Menurut keterangannya, Bumbu pecel ini adalah resep asli keluarga pemilik Toko Online tersebut. Dibuat langsung oleh orang Jawa Timur asli, Ibundanya Ibu Endras. Bahan yang digunakan kacang tanah asli, bumbu rempah dan kemasannya hygienis. Selain itu, produk ini tanpa bahan pengawet, MSG dan Tepung Pewarna . Wah tanpa berpikir panjang, akhirnya saya memesan dan ketika sampai, langsung mencobanya.

Gado-Gado dengan Bumbu Pecel Bu SAM siap disantap


Sangat praktis, untuk rasanya persis yang dibuat dadakan. Saya cukup menyusun potongan sayuran untuk bahan Lotek di piring lalu ambil tiga sendok Bumbu Pecel Bu Sam, dibubuhi air secukupnya, aduk rata dan siram ke piring berisi sayuran. Jadi deh, lotek buatan saya. Dengan Bumbu Pecel Bu Sam yang sangat membantu. Bumbu yang saya pesan adalah Level 2 tingkat kepedasannya. Tidak begitu pedas tapi pas. Tersedia juga Level 0 dan 1 untuk anak-anak serta Level 2 dan 3 untuk dewasa. Bisa disesuaikan sesuai selera. Kalau kita sebagai ibu-ibu mau coba yang level 0 juga sah sah saja.
Selain buat bumbu Lotek atau Gado-Gado, bisa juga buat bumbu sate, bakso tahu, batagor, cireng, salad dan lain-lain. Praktis dan gak ribet harus ngulek bumbu.

Walau memutuskan menggunakan bumbu instant, tetap harus memerhatikan komposisinya, selain halal juga bahan-bahannya alami seperti Sambal Pecel Bu Sam yang sudah ada sejak Tahun 90an. Mau coba? Oh ya, teman-teman juga bisa pantengin Twitter @Griyaendras di sana banyak tips membuat camilan dan info-info lainnya terkait kuliner.

8 comments:

  1. Woow...pedes nya mantep kalau pakek level2an, pastinya. Asal jangan dapet yang agak bau jamu, atau bau yang sudah nggak fresh. Ini kemasannya bagus ya Mbak...apalagi tanggal kadaluarsanya jelas gitu....*Good :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini gak ada bau aneh2 Bun hehehe...asli kacang tanah bau nya :D

      Delete
  2. Enak nih kayaknya mbak :D, jadi laper

    ReplyDelete
  3. waaah pas nih buat saya yang suka masak praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Arie kalo suka traveling pun bisa dibawa-bawa ini :)

      Delete

@templatesyard