Peluang Bisnis Dari Networking - Dunia-Spasi

Friday, 25 July 2014

Peluang Bisnis Dari Networking


Ita Sembiring sedang memberikan Materi

Jakarta, 19 Juli 2014 – Sambil buka puasa bersama, saya bersama beberapa teman Blogger dan mahasiswa menghadiri sharing dari Ita Sembiring, penulis dan pengusaha EO serta Donny de Keizer, CEO Media Dreyasa Komunitama (Medkom) dan TV Broadcaster. Mereka berbagi ilmu dan pengalaman yang dibalut dalam sebuah tema “ Memanfaatkan Peluang Bisnis Melalui Networking”  bertempat di Communicasting Academy di Arteri Pondok Indah Jakarta Selatan.

Sessi pertama, Kak Ita memberikan tips bagaimana menciptakan networking yang nyaman di setiap tempat dan kesempatan. Contohnya tak perlu jauh-jauh, ketika kita menunggu sesuatu jadikan fun, tidak dijadikan beban sehingga waktu menunggu tidak terasa menjemukan. Kak Ita juga memberikan pengalaman dengan kekuatan sebuah kartu nama, apabila berkenalan dengan kenalan baru, berilah kartu nama dengan menyerahkannya memakai kedua tangan. Buat kartu nama yang simpel saja. Suatu saat kartu nama tersebut akan bermanfaat. Jangan dulu dianggap tidak berguna jika ternyata kartu nama yang kita terima tidak ada hubungannya dengan aktivitas atau kehidupan kita, suatu saat pasti akan ada gunanya. Bukan untuk kita sendiri tapi bisa sebagai jembatan untuk kepentingan orang lain juga. Menurut Kak Ita, jika kita menjadi jembatan kebaikan bagi orang lain suatu saat akan ada balasan yang manis. Tak saat itu mungkin dimasa yang akan datang.

Kak Ita yang bergelut dengan dunia event organizer suatu acara, suka sekali mengundang teman-teman atau komunitas tertentu untuk hadir diacara yang dikelolanya, dalam cara mengundang inipun, Kak Ita punya cara pantang menyerah. Dalam artian, ketika mengundang ke acaranya, lalu yang diundang tidak hadir, untuk acara selanjutnya Kak Ita tetap mengundang dan tetap keep in touch dengan pendukung acara ketika acara sukses digelar. 

Etika networking yang paling sering dilakukan Kak Ita adalah, ketika perayaan Hari Besar atau acara-acara lainnya, Kak Ita selalu mengucapkan selamat via sosial media secara personal, bukan broadcast message ya. Tapi satu satu diucapin dengan menyebut nama yang diberi ucapan selamat. Jika sudah di email, bbm, jika tidak cukup telepon. Nantinya akan membekas kesan yang baik sampai kapanpun.

Donny de Keizer memberi materi

Selanjutnya Donny de Keizer penyiar TV yang sudah sangat berpengalaman ini memberi ilmu bagaimana cara mendapatkan networking dalam keseharian kita. Pertama, Mas Donny bertanya dulu kepada peserta, tadi sebelum acara dimulai kan masih setengah jam ada waktu menunggu, apa yang dilakukan para peserta saat menunggu acara dimulai? Jawaban rata-rata main gadget atau ngobrol hanya bersama sesama teman saja. Menurut Mas Donny, tindakan peserta semuanya kurang tepat. Mengapa tak dimanfaatkan saja untuk berkenalan dengan teman-teman barunya yang ada disana. Jika kenalan dengan teman baru, akan memberikan sesuatu yang berbeda atau menambah berbagai hal baru bahkan memiliki potensi yang mungkin akan menunjang aktivitas atau informasi yang dibutuhkan.

Memanfaatkan waktu lebih banyak untuk mencari teman adalah lebih baik daripada mencari uang. Karena dengan banyak bersosialisasi, otomatis jiwa akan selalu bahagia dan terasa hidup. Dengan kondisi yang selalu bahagia, akan memberikan kemudahan untuk mendatangkan uang dengan sendirinya. 

Networking berarti : Membangun hubungan dengan orang lain atau organisasi yang berpengaruh terhadap kesuksesan profesional maupun personal. Karena networking lebih dari sekadar berkenalan, melainkan sebagai potensi informasi, mendapatkan integritas dan mempengaruhi, dan menciptakan visi yang mengarahkan kemampuan masing-masing individu untuk melakukan sesuatu terhadap orang lain.

Bagaimana cara memulai networking ?

Mas Donny membagi tiga tahap, yakni Communication Skill, Inner Circle dan Keep In Touch.
Communication Skill berarti, keterampilan dalam berkomunikasi sangat diperlukan.  Misalnya, melihat kondisi yang tepat, cara menyapa sesuai suasana dan tidak grogi. Sedangkan Inner Circle, berarti kita bisa memulai networking mulai dari lingkungan sekitarnya, baik lingkungan keluarga, teman, tetangga, tempat kerja atau sekolah. Setelah terjalin networking, harus dijaga dengan tetap berkomunikasi walau tidak sering tetapi ada intensitas untuk saling berkomunikasi. Tetap Keep in touch jangan sampai kehilangan komunikasi. 

Selanjutnya, Mas Donny juga menyarankan bahwa kita mencari teman, carilah teman yang dapat membawa pengaruh positif dan pertemanan harus dibangun dengan ikhlas. Bukan sekadar basa basi. Dengan mempunyai teman yang suka membawa pengaruh positif, otomatis kita akan terbawa positif juga. Jangan sepelekan pertemanan. Dalam pertemanan pun harus dibangun sebuah kepercayaan.
Mempunyai networking yang kuat adalah investasi jangka panjang. Dengan kenal banyak orang, suatu urusan bisa menjadi mudah dan untuk kedepannya dapat dinikmati oleh anak cucu.

Menurut Mas Donny, selalu ada peluang untuk menciptakan jaringan komunikasi. Misalnya, ketika menunggu antrian atau menunggu giliran untuk mengurus sesuatu disuatu tempat, manfaatkan waktu menunggu dengan mengajak ngobrol orang yang ada dekat dengan kita, jangan dahulukan majalah atau gadget. Kesempatan untuk berinteraksi dengan sesama manusia lebih berharga daripada dengan hal lainnya.

Komunikasi dapat dipelajari melalui berbagai bacaan, obrolan langsung, percakapan sosial media dan lain-lain. Carilah informasi sebanyak mungkin untuk memperoleh wawasan agar selalu nyambung ketika berkomunikasi.

Terakhir, Mas Donny memberikan tips bahwa kita jika ingin memperoleh manfaat dari orang lain, kita pun harus memberi manfaat kepada orang lain terlebih dahulu. Artinya, ketika kita punya kemampuan, jangan ragu untuk berbagi, baik berbagi informasi atau kemampuan lainnya. Tak harus mengharapkan balasan kontan. Jika ikhlas, suatu saat akan mendapat balasan yang sumbernya tak terduga.

“Maintenance teman dengan hal-hal yang dapat menimbulkan kesan atau membahagiakannya, tak harus secara materi, dengan ucapan di hari besarnya secara personal juga akan memberi kesan tersendiri. Pungkas Mas Donny.”
Dengan pertemanan yang luas, akan mendatangkan celah peluang untuk memenuhi berbagai kepentingan, entah itu bisnis atau urusan lainnya. Dari potensi pertemanan dapat berlanjut untuk menciptakan simbiosis mutualisma. Untuk sama-sama memberikan manfaat.

Berfoto dengan teman Blogger dan Narasumber

Terima kasih sekali buat Kak Ita dan Mas Donny yang sudah berbagi wawasan, ilmu dan waktunya untuk kami. Jadi lebih memahami arti pertemanan yang sesungguhnya dan arti berkomunikasi serta memperlakukan sesama manusia secara lebih manusiawi.

5 comments:

  1. Makasih tips nya Mbak Ani Berta, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. siyaap siyaap, sangat berguna sekal itulisan ini sangat terimakasih ilmun dan tipsnya Mbak Ani...

    ReplyDelete
  3. wah penting sekali ternyata networking itu ya mbak, hehe salam kenal

    ReplyDelete
  4. Bermanfaat banget mba Ani... Makasih ya, infonya...

    ReplyDelete
  5. wah wah wah..... terima kasih sekali sudah mau berbagi

    ReplyDelete

@templatesyard