Visit To Google Indonesia Office - Dunia-Spasi

Monday, 26 May 2014

Visit To Google Indonesia Office

Hampir setiap hari saya menggunakan search engine Google untuk keperluan berbagai hal, misalnya referensi untuk menulis, mencari jawaban sesuatu, cari hal-hal yang bisa menghibur cari lagu-lagu favorit atau film lucu. Atau sebagai ajang aktualisasi diri, saya suka menulis blog di Blogspot, platform blog produk google yang paling simpel dan share segala hal di Google+  asyik bukan?

Sampai saya menganggap bahwa Google adalah sebuah "Kantong Doraemon" yang siap memberikan segala keperluan dalam beraktualisasi. Persepsi sebelumnya, untuk menjangkau Google secara nyata itu sangat sulit, tak semudah ketika berkunjung ke Kompas atau Detik. Nyatanya tidak juga, walau saya mendapat akses untuk melihat secara nyata Kantor Google Indonesia ini berkat kenal salah satu Community Manager G+, yakni Mba Eunike Kartini. Tapi saya rasa Google cukup friendly.

Tak ingin melewatkan untuk narsis di sini :) Foto By : Nanang P
Jadilah saya berkunjung ke Kantor Google Indonesia pada Hari Sabtu, 24 Mei 2014 bersama teman-teman dari Blogger Reporter Indonesia. Kami 20 orang hadir di sana Pukul 10.00, hampir semuanya tepat waktu karena tak ingin melewatkan semua sessi acara.

Berfoto di salah satu ruangan santai Kantor Google. Foto By : Nanang P
Di sana, kami tak hanya berkunjung tetapi ada beberapa hal yang kami dapat. Pertama, kami memperoleh wawasan baru seputar Google yang dijelaskan oleh Mba Eunike Kartini, Google ditemukan oleh dua orang Mahasiswa Amerika Larry Page dan Sergey Brin di sebuah garasi. Ternyata garasi ini sering melahirkan inspirasi hebat. Setiap tahun Google selalu mengeluarkan inovasi produknya, seperti produk yang belum banyak diketahui adalah Google Now yang dapat menjadi pendamping kita kemanapun, dapat membuat jadwal kegiatan, tracking arah yang akan dituju sampai membuat estimasi lama perjalanan ke tempat tujuan, aplikasi ini dapat didownload pada android. Sangat membantu untuk yang punya aktivitas banyak tentunya.

Mba Eunike Kartini sedang memberikan presentasi tentang Google
Menurut Mba Eunike, Google selain terus mengeluarkan inovasi baru, juga sering melakukan terminate terhadap produk yang kurang berkembang, misalnya Google Buzz di-terminate dan lahir Google Plus sebagai penggantinya. Hal ini dimaksudkan agar melahirkan produk lainnya yang lebih berkualitas dan lebih fungsional.

Dalam lingkup pekerjaan di Google, sangat menghargai manusia sebagai sumber daya utama dan menganggap para pekerja di Google adalah asset tak terbeli, maka di kantor Google seluruh Indonesia dibuat fun dan semua fasilitasnya sangat bikin betah, mulai dari interior, peralatan modern, makanan dan minuman bergizi untuk para karyawannya serta waktu kerja yang tempatnya fleksibel, tak hanya duduk di belakang meja kantor lazimnya atau memakai pakaian resmi yang kaku, "Terkadang kami ke kantor memakai pakaian casual yang tak lazim dipakai di perkantoran, saat bekerja pun bisa mengambil tempat yang nyaman, misalnya di sofa empuk, kasur dan meja makan." Kata Mba Eunike.

Jadi, Google memang mengutamakan kenyamana pegawainya dengan baik, sangat memperlakukan dengan manusiawi, membiarkan mereka berekspresi bebas serta tak merasa khawatir dengan hal lainnya sehingga para pegawainya dapat konsentrasi bekerja dan berkarya dengan baik.

Selanjutnya Mas Syaifuddin dari Blogger Reporter Indonesia, memperkenalkan Komunitas Blogger Reporter Indonesia, yang digagas oleh Blogger Hazmi Srondol, berisi para blogger dari multiplatform. Semua  yang tidak anonim. Member yang tergabung dalam komunitas ini, konsen dalam tulisan berbasis reportase. Jadi dapat belajar menjadi peliput dengan bahasa tetap bergaya tulisan blogger. Dalam hal ini, Blogger Reporter Indonesia mewadahi para blogger yang suka menulis reportase dengan berbagai kegiatan terkait, misalnya saling berbagi ilmu dan informasi, memberikan informasi event dan lain sebagainya.
Blogger Reporter Indonesia juga punya cita-cita untuk berada dalam satu payung legal yang dapat menjadi rumah para blogger untuk menyampaikan berbagai aspirasi, keluhan dan mendapatkan solusi dari hambatan yang dihadapinya selama menulis berita atau meliput.

Mas Syaifuddin dari Blogger Reporter Indonesia

Acara ke tiga, Mas Chandra Iman mengisi materi SEO (Search Engine Optimation) yang merupakan salah satu perangkat amunisi penting buat para Netizen terutama Blogger. Karena dengan konten yang teroptimasi SEO, akan menentukan peringkat blog di mesin pencarian Google. Selain itu, kata kunci yang diangkat dalam suatu artikel, akan muncul dengan mudah di mesin pencari. 

Mas Chandra Iman, memberi materi SEO. Foto : By Nanang P

Dalam kesempatan ini, Mas Chandra tidak hanya memberi teori SEO tetapi langsung praktek dan mengaplikasikan contohnya dalam dashboard blog, misalnya, untuk title link postingan harus diperhatikan, bisa disesuaikan dengan kata kunci yang sedang diangkat. Selain memberikan materi secara teknis, Mas Chandra juga memberi tips supaya kata kunci yang diangkat dapat menjadi maksimal, misalnya dengan update posting blog, membalas komentar, blogwalking dan memberi tanda Bold, italic atau underline untuk beberapa kata kuncinya. Hyperlink keluar yang terlalu banyak juga tidak disarankan karena akan menurunkan ranking blog kita di google, kecuali jika saling menukar link dapat meminimalisir terjadinya penurunan ranking blog tersebut.

Banyak tips dan materi penting yang disampaikan Mas Chandra Iman terkait SEO ini, tentunya sangat bermanfaat sekali, nanti akan saya bahas dalam postingan terpisah supaya teman-teman yang tidak hadir bisa mendapatkan ilmu dari Mas Chandra Iman juga.

Keseruan selanjutnya adalah ketika bagi-bagi hadiah voucher belanja untuk live twit terbaik dan peserta yang hadir paling duluan di acara. Ini dia pemenangnya.

Ki-ka : Chandra Iman, Syaifuddin Sayuti, Hani.S, Pedro, Maria, Arie, Dimas, Eunike.

Acara yang ditunggu-tunggu tiba, yakni berkeliling kantor Google yang unik, hommy dan penuh kreativitas. Nama ruangan semuanya sangat Indonesia, design interior pun dihiasi dengan pernak pernik berbau Indonesia, misalnya ruang pertemuan tempat acara semacam aula, namanya ruangan Alun Alun, ada lagi ruangan Meeting bermana Gudang Rezeki, Untuk kantin bernama Warung Mbah Google.


Beberapa sudut ruangan santai
Ruangan makan karyawan atau kantin
Dalam ruangan santai terdapat tempat tenis, Televisi ukuran 42" dan aneka  soft drink yang sudah tersedia di beberapa titik. Dalam Warung Mbah Google, ada ruang makan karyawan yang sangat lengkap, jika ingin membuat juice mereka dapat membuatnya sendiri dengan peralatan yang sudah disediakan, "Biasanya menu yang disediakan semuanya sehat agar karyawan di sana tetap fit, maka komposisi buah dan salad lebih banyak." Mba Eunike menjelaskan. 

Semua makanan tersebut disediakan gratis untuk semua karyawannya, mulai makanan berat, buah sampai camilan-camilan lainnya. Jadi semua karyawannya tak sibuk memikirkan mau beli apa untuk makan siang, semua fokus konsentrasi dalam pekerjaan.

Bagaimanapun moderennya citra Google, jika karyawannya orang Indonesia, tetap saja menu Indonesia yang tak pernah ketinggalan selalu ada di sana, yakni kerupuk. Hiasan pemanis di Warung Mbah Google inipun semuanya berbau Indonesia, seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.


Salah satu Sudut di Warung Mbah Google

Waktu menunjukkan pukul 13.45, molor satu sam lebih dari rundown yang sudah dibuat, saking keasyikan dan betah di sana, semua jadi lupa waktu. Acarapun berakhir dengan penuh kesan.


Terima kasih untuk Google Indonesia, Mba Eunike Kartini dan Blogger Reporter Indonesia sehingga saya berkesempatan berkunjung ke situs paling populer dan menjadi tumpuan kebutuhan para Netizen.

14 comments:

  1. wahh seru yah...sayang saya kehabisan seat untuk ikutan kesana... hikkss :(((

    ReplyDelete
  2. seru bangeet.. pengen kesana lagi

    ReplyDelete
  3. Berkunjung ke google Indonesia office sangat menyenangkan dan kita bisa mendapatkan segala infromasi menarik dengan ilmu pengetahuan dunia google.

    Salam

    ReplyDelete
  4. asyiknya bisa berkunjung ke kantor Google Indonesia..giliran saya kapan ya...,
    btw-ternyata istilah Mbah Google...dipakai juga secara resmi sebagai nama warung Mbah Google..... luarbiasa...keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
  5. sebuah kesempatan yang ngga semua blogger dapatkan...wah pastinya nambah ilmu dan pengetahuan tentang google indonesianya dong nih....bagi bagi lebih banyak lagi dong

    ReplyDelete
  6. seruu ya. semoga suatu saat bisa dapet kesempatan ke sana

    ReplyDelete
  7. pengen kesana lagi.. tapi ah sepertinya sudah cukup.. :) Disana sangat menginspirasi.. :)

    ReplyDelete
  8. kantor Google bikin betah :)

    ReplyDelete
  9. Allhamulillah aku juga pernah kesana, kemarono pingin ikut lagi tapi waktunya gak cocok

    ReplyDelete
  10. Asyiknya...kpn ya bisa main ke kantor google yang setiap hari membantu manusia didunia ini tuk melancarkan segala urusan.....hehehe

    ReplyDelete
  11. ditunggu postingan tentang SEO nya :D

    ReplyDelete
  12. salam kenal ibu...saya jadi tertarik untuk mengunjungi kantor google indonesia. klo boleh saya minta info prosedur untuk kunjungan di kantor google indonesia. Terima kasih

    ReplyDelete
  13. Thanks for info https://bit.ly/2R2T5VN

    ReplyDelete

@templatesyard