Blog Bisa Menjadi Investasi Masa Depan - Dunia-Spasi

Wednesday, 21 May 2014

Blog Bisa Menjadi Investasi Masa Depan

Jakarta, 18 Mei 2014 - Aula Museum Sumpah Pemuda, di sana diadakan acara sharing tentang dunia blog bersama Blogger lintas platform dan Komunitas Oraboo.com, sebuah situs yang memberikan informasi kegiatan, event dan promo suatu acara.

Kebetulan pada saat itu, saya diminta tolong oleh Mas Niko, dari Oraboo.com untuk mengisi materi tentang menulis blog dan tips menghasilkan materi dari akun sosial media yang kita miliki. Saya tak pernah berpikir dua kali jika diminta tolong siapapun, apalagi untuk memberikan pengalaman yang mudah-mudahan bermanfaat.

Foto : Teddy Rustandi

Blogger dan Oraboo Community

Karena ada adik-adik dari Komunitas Oraboo.com yang belum mempunyai blog, terpaksa saya berikan materi dari awal. Buat Kakak-kakak yang sudah mahir ngeblog ikutan menyimak juga, tidak apa-apa, sekalian mengingat pelajaran yang telah lalu ya. Berikut paparannya : 

Tujuan Menulis Blog

Keuntungan Moril
Menulis blog mempunyai tujuan bukan hanya sekadar menulis ide, pemikiran dan ungkapan hati saja, tetapi lebih dari itu, menulis blog dapat menciptakan sejarah sendiri, tulisan-tulisan kita akan dapat terbaca sampai dimasa depan dan dapat menjadi pengingat segala sesuatu yang terekam didalam blog yang berisi tulisan-tulisan kita. Selain itu, blog juga dapat menjadi tempat berkumpulnya tulisan-tulisan kita yang suatu saat akan menjadi arsip dan dibuat buku. Meningkatkan wawasan sudah pasti, karena dengan menulis blog, otomatis bahannya harus didapat dari berbagai sumber. Mau tidak mau kita harus rajin membaca agar mendapatkan banyak referensi untuk tulisan kita.

Dengan menulis blog, kita juga dapat berbagi informasi 

Dengan mengikuti kegiatan menulis blog, akan ada kopdar atau acara offline yang akan memberi nilai plus pada kegiatan menulis blog itu sendiri. Jadi, dengan menulis blog juga dapat memperluas pertemanan dan relasi.

Keuntungan Materi
Dapat menjadi penghasilan tambahan dari hasil menuliskan promosi produk atau jasa advertiser didalam blog kita. Pada era digital seperti sekarang dan perkembangan dunia blog sudah pesat, promosi via blog semakin diminati oleh perusahaan-perusahaan untuk mengkampanyekan produk atau jasanya. Mengapa? Karena dengan promosi melalui blog, dikemas dengan bahasa yang personal dan biasanya blogger melakukan campaign sesuai pengalamannya (Usser Experience). Jadi keterikatan emosionalnya sangat kuat dan ketika berinteraksi dengan pembaca di kolom komentar, akan terasa sekali nyata, apa yang dipromosikannya. Jadi tak sekadar iklan tetapi ada cerita dan pengalaman bahkan ada pesan moral yang disisipkan dalam postingan yang berisi review produk atau jasa yang dipromosikannya tersebut.

Dengan menulis blog juga punya kans untuk mendapatkan aktualisasi menulis dalam media mainstream, banyak platform gratisan yang mengintegrasikan dengan media induknya, biasanya dipilih tulisan blogger yang terbaik atau yang informasinya bermanfaat.

Selain Blog, sosial media lainnya adalah Twitter dan Facebook, fungsinya hampir sama, sebagai sarana berbagi informasi dan dapat dioptimasikan untuk mendapatkan sumber penghasilan dengan melakukan campaign suatu produk dan jasa.

Bagaimana caranya untuk mendapatkan job dalam blog, twitter dan facebook yang kita punya? 

1. Tingkatkan kualitas 
Tentu saja ada poin tertentu yang menjadikan akun sosial media kita layak untuk menjadi sarana campaign berbayar. Misalnya, untuk blog harus terindeks oleh google, agar memudahkan pengecekan di mesin pencari bagi advertiser pengguna jasanya atau bagi semua yang membutuhkan informasi terkait yang dituliskan oleh blogger tersebut. Konten bermutu, tidak mengandung pornografi dan tidak mengandung virus dalam blognya.

Upaya untuk mendapatkan poin tersebut, cukup update blognya secara konsisten dan rutin, rajin blogwalking dan meninggalkan komentar di blog orang lain agar link blognya dapat menyebar secara cepat dan berpengaruh terhadap mesin pencari serta peringkat  page rank blognya. Selain itu, optimasi SEO (Search Engine Optimation) juga perlu, agar kata kunci yang perlu ditonjolkan dapat terindeks di google dengan baik dan hal ini akan sangat menjadi keuntungan baik buat advertiser ataupun blogger. Mendapatkan poin-poin ini dapat diupayakan dengan belajar sendiri atau mengikuti seminar dan workshop yang diadakan oleh suatu instansi atau komunitas. Sekarang banyak sekali penyelenggara seminar gratisan, jangan sia-siakan kesempatan tersebut untuk memberikan nilai yang lebih bagi akun-akun sosial media yang dimiliki.

Oleh karena itu, sangat penting bagi para blogger atau netizen untuk bergabung di suatu komunitas, agar mendapatkan banyak inspirasi untuk menulis atau mengisi konten sosial media yang dimilikinya. Biasanya dalam suatu komunitas, sering ada informasi event, lomba menulis dan lain sebagainya. Bahkan bisa saling berbagi ilmu dan tips menulis atau dunia Teknik Informatika. Komunitas yang bisa diikuti adalah Komunitas detik Blogger, Assosiasi Blogger Reporter Indonesia, Kumpulan Emak Blogger, dan Komunitas Blogger berbasis daerah, seperti Bekasi Blogger, Blogger Bandung, Depok Blogger dan lain sebagainya. Selain Komunitas Blogger, dapat diikuti juga komunitas seperti KasKus dan Oraboo.com yang lebih umum dan lebih beragam kegiatannya, bahkan dapat berjualan di sana dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Ikuti mana yang cocok atau ikuti semua juga diperbolehkan. Yang penting tujuan untuk saling berbagi informasi dan perluas networking tercapai dan dapat memberikan nilai bagi akun-akun sosial media yang dimiliki. Aktivitas dunia maya menjadi nyata akan memberikan pengaruh positif dalam kegiatan yang dilakukannya.

Untuk Twitter dan facebook, tinggal ciptakan conversation menarik, nama akun tidak alay,  isi dengan konten bermanfaat dan rajin berinteraksi positif dengan follower atau teman.Upaya ini akan meningkatkan follower secara natural. Tidak disarankan untuk membeli follower twitter, karena akan mengurangi kualitas interaksi serta akan ada pengecekan dari advertiser pemakai jasa blogger tersebut.

Cara mendapatkan Job
Tak harus menunggu ada job masuk ke email kita, upaya jemput bola sangat diperlukan, itulah gunanya kita memperluas networking. Ketika menghadiri suatu event, berkenalanlah dengan teman sebanyak mungkin karena siapa tahu diantara mereka ada yang bisa diajak kerjasama. Atau bisa mendaftar di situs yang melayani para Blogger dan Advertiser
Situs penyedia layanan ini yang dapat dicoba adalah :
IdBlognetwork.com, BBlog.web.id, Freelancer.co.id, SITTI.ID, sponsoredreview.com, payperpost.com dan lain-lain. Sebelum bertransaksi, verifikasi dulu kredibilitas mereka, jika negatif tinggalkan saja tetapi jika banyak testimoni positif silakan pertimbangkan. Menerima job pun jangan sembarangan, sesuaikan dengan konten blog kita, minimal kita harus tahu produk atau jasa yang sedang kita promosikan.

Etika ketika mengerjakan job di sosial media
Tidak nyinyir, tanggapi komentar negatif atau tidak nyaman dengan elegan, jaga kepercayaan klien dengan baik, tidak mempromosikan produk kompetitor selama masa kontrak belum habis dan mengerjakan tepat waktu. Jika sudah selesai, lakukan pembuatan laporan kegiatan yang diminta.

Kesimpulannya, sosial media pada dasarnya adalah tempat fun dan relaksasi jadi, buatlah konten yang tak membosankan dan jika tak tertarik untuk mengoptimasikan sosial media sebagai side job, gunakan saja untuk manfaat lainnya. Jadi tak harus berorientasi pada materi atau memaksakan diri mencapai posisi tawar, jika tak berminat jangan dipaksakan karena tidak akan menjadi mengasyikkan jika dipaksakan. Kalau mau belajar sesekali boleh saja, ini dapat menciptakan sensasi dan pengalaman lain.

Kopdar Oraboo.com

Puluhan Blogger hadir di Museum Sumpah Pemuda sejak pagi, sambil berniat mengais ilmu di sana, juga keliling Museum untuk melihat-lihat perjuangan para pemuda dimasa lampau. sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Asyik kan?

Pukul 11.00 acara dimulai dengan perkenalan Oraboo.com, sebagai sarana bagi community yang biasa berbagi informasi, event, lomba, pengembanhan hobi dan jual beli. Saat ini, oraboo.com sedang mengadakan lomba menulis berhadiah uang tunai jutaan rupiah, hanya menceritakan ketika nonton bola ditemani Ginseng Coffee dari CNI. Bisa dilihat disini

CNI Ginseng Coffee
 
Saat acara Kopdar Oraboo ini juga semua peserta sambil menyimak paparan dari saya, sambil nyeruput CNI Ginseng Coffee, selain nikmat juga penuh stamina. Saya sudah mencobanya beberapa cangkir. Tidak susah sekarang untuk beli produk ini, tak perlu repot pergi ke agen, di oraboo.com bisa ditemukan dan dibeli dengan mudah.
Foto bersama dipenghujung acara
 Acara seru ini ada live blogging, live twitter dan seru-seruan berfoto bersama, menambah keakraban sesama peserta. Semoga acara ini bermanfaat. Terima kasih untuk Gerai CNI, Ginseng Coffee dan Oraboo.com yang telah memfasilitasi acara ini. Juga untuk Blogger yang telah hadir meramaikan.

NB : Bagi teman-teman yang tak sempat menghadiri acara ini, dapat memperoleh materi dengan download file dropbox dibawah ini :

Materi Sosial Media Campaign













8 comments:

  1. Dunia menulis banyak manfaatnya memang. Tambah pengetahuan nih Mak Ani setelah membaca artikel ini.

    ReplyDelete
  2. Dengan komunitas ngeblog semakin asyik saja, Teh Ani :)

    ReplyDelete
  3. sip tuh infonya,,,, sebnernya sih info itu yg saya tunggu" gimna sih jadiin blog sebgai mata pencaharian... yaaa,, selain hobbi bisa dapet pnghsilankan lebih baikk... hehehe

    ReplyDelete
  4. Ngeblog asyik banget, mbak. Meski belum banyak job (hehehe curcol), namabah temen, link,jadi nambah tau ini dan itu.
    btw, kopi ginsengnya CNI itu emang enak banget. Jaman kuliah jadi minuman favorit saya, sampe kuat begadang ga tidur semalaman buat bikin tugas, ngapalin ujian atau cuma iseng aja hehehe

    ReplyDelete
  5. makk ijin donlod yaa materinyaa ^^

    ReplyDelete
  6. ngeblog itu banyak untungnya ya mbak

    ReplyDelete
  7. wah makasih banyak inpohnya :) salam kenal dari Bogor, Rodame

    ReplyDelete
  8. Makasih teh Ani,,, sangat bermanfaat ilmu yang dibagi, gak cuma aku serap tapi sdg aku pelajari untuk menerapkanya. Materi udah aku donlot juga. ngeblog banyak keuntunganya ya. hehe :)

    ReplyDelete

@templatesyard