Raih Berjuta Inspirasi Bersama Liputan6.com - Dunia-Spasi

Tuesday, 28 May 2013

Raih Berjuta Inspirasi Bersama Liputan6.com



Era kini masyarakat tak kekurangan berita dari segala macam media. Baik media televisi, radio, cetak maupun online. Dengan melimpahnya berita yang bertaburan dimana-mana membuat setiap individu cedas dan maju. Bahkan rakyat kecilpun sekarang sudah kritis karena banyak ter-edukasi dari berita-berita yang mudah dan murah didapat.


Mudahnya berita yang didapat masyarakat tentu saja ada berita yang benar-benar aktual tapi tak menutup kemungkinan banyak juga berita yang tersebar sebagai berita burung yang tak terverifikasi. Maka masyarakat harus cerdas dan jeli dalam menanggapi berita yang disiarkan media. Dengan berita yang terpercaya tentu akan membuat masyarakat terbantu dalam segala aktivitas dan menentukan berbagai keputusan yang akan diambil. Karena informasi aktual akan memberikan banyak edukasi dan berita penting.
Salah satu berita yang wajib saya tonton ketika di rumah yaitu Berita Liputan6 di SCTV. 

Saya mengenal Liputan6 sejak 1996. Setiap pulang kuliah saya selalu menyempatkan menonton berita yang ditayangkan setiap pukul 6 sore. Beritanya asyik dan sesuai kenyataan. Maraknya berita yang disajikan Liputan6 saat itu sangat membuat saya tak kehabisan topik ketika berbincang dengan siapapun. Karena setiap hari disuguhi oleh berita terkini dari Liputan6. Seterusnya Liputan6 melakukan kuantitas siaran. Ada segmen Liputan6 Pagi, Liputan6 Siang, Liputan6 Petang dan Liputan6 Malam.

Liputan6.com

Maraknya berita yang diakses teknologi digital melahirkan situs Liputan6.com yang dapat diakses dimana saja dalam berbagai perangkat gadget. Asal terhubung internet, berita aktual, tajam dan terpercaya pun kita dapatkan dengan mudah. Ketika kita tak sempat menonton televisi, bisa menyaksikan Liputan6.com yang isinya jauh lebih lengkap dengan detail berita yang dibutuhkan.

Situs berita dengan nuansa oranye menyegarkan mata, ketika masuk kedalamnya langsung disuguhi dengan BeritaTerkini, Berita Terbaru dan Berita Hari ini. Semuanya aktual dan sangat detail. Kategori berita yang terangkum terdiri dari :

News : Menyajikan berita aktual tentang segala aspek kehidupan berbagai lingkup masyarakat, mulai dari politik, kemasyarakatan, sosial budaya dan berbagai issue lainnya.

Bisnis : Menyajikan berita aktual mengenai ekonomi masyarakat, edukasi bisnis dalam berbagai bidang. Misalnya asuransi, investasi, informasi karir, perdagangan dan lain sebagainya.

Bola : Pencinta Bola ada segmen khusus yang mengulas nformasi seputar olah raga sepak bola, review permainan, ulasan tokoh pesepakbola dan lain-lain.

Showbiz : Yang ingin berita segar berupa hiburan dan menuntaskan keinginahuan kehidupan para selebritis lengkap dengan profilnya bisa buka kategori ini.

Tekno : Jika sering buka kategori Tekno, dijamn kita tidak akan gagap teknologi. Karena informasi seputar teknologi apapun diulas tuntas di Tekno Liputan6.com lengkap dengan berbagai review teknologi-teknologi terkini. Bahkan tips dalam memilih barang teknologi juga ada.

Health : Kategori yang wajib dibaca semua orang dan semua kalangan. Disini diulas berbagai masalah kesehatan dalam dan luar tubuh. Tips kesehatan dan berbagai ulasannya tersedia dengan luas. Mulai dari masalah kesehatan tubuh, seks yang baik, diet yang benar dan ulasan makanan bergizi ada dikategori ini.

Kategori lainnya adalah Foto, Video Streaming, Deal dan Index.

Satu lagi yang membuat saya merasa menjadi bagian dari Liputan6.com walau saya bukan jurnalisnya tetapi saya dapat menulis dalam kategori Citizen6. Kategori ini adalah kanal khusus bagi para Jurnalis Warga untuk ikut andil dalam memberikan berita aktual dan terkini. Liputan6.com memberikan kesempatan kepada semua warga untuk berpartisipasi dalam memberikan berita penting yang disaksikannya. Caranya, kita buat dulu tulisannya lalu email ke citizen6, setelah dimoderasi baru naik artikel yang kita kirim. Profil singkat kita akan terpampang dibawah tulisan kta tersebut. Ini sangat melatih kita menjadi jurnalis betulan. Karena bahasa yang dipakai di Citizen6 ini adalah Bahasa Jurnalis yang memunyai pakem tertentu.

Tampilan muka atas Liputan6.com

Untuk keseluruhan kategori dalam website www.liputan6.com menurut saya sudah mencukupi kebutuhan informasi bagi para pembacanya. Tata letak Headline masing-masing kategori dikemas menarik dan memudahkan kita untuk mencari mana berita terkini, terbaru dan Berita Hari ini. Masukan dari saya hanyalah untuk warna dasar dan panjang header Liputan.com kurang lebar dan kurang ter-ekspos. Seharusnya header dibuat menonjol dan eyecatching dengan warna tajam. Dan Tagline Liputan6  Aktual, Tajam dan Terpercaya semestinya diletakkan dibawah Logo Liputan6.com. Tujuannya agar pembaca selalu ter- identik dengan tagline tersebut.

Liputan6 Awards

Pada Hari Kamis, Tanggal 23 Mei 2013 saya sangat beruntung diundang menghadiri acara Liputan6 Awards yang diselenggarakan secara live di Gedung Arsip Nasional Jakarta. Konsep acara yang outdoor menampilkan banyak artis diantaranya, Ruth Sahanaya, Titi Dj, Keith Martin, Teamlo, Syahrini, Trio Lestari, Five Minutes dan Indah Dewi Pertiwi. Diiringi Orkestra Vicky Sianipar. Berlangsng meriah dan indah. Sesuai dengan Tema pada acara ini yaitu : “Inspirasi Istimewa Indonesia” Acara semakin hidup dengan kehangatan Host Ananda Omesh dan Senandung Nacita.

Ananda Omesh dan Senandung Nacita

Ruth Sahanaya dan Titi DJ Membacakan Nominasi Awards
Pertunjukan dari Syahrini

Senangnya dapat hadir di Ultah Liputan6 plus Liputan6 Awards
Liputan6 Awards ini merupakan rangkaian acara ulangtahun Liputan6 ke 17. Sedangkan Liputan6 Awards sendiri sudah dilaksanakan selama empat tahun berturut-turut. Seperti biasa, ini adalah ajang penghargaan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai kontribusi dan karya nyata bagi kepentingan orang banyak di setiap daerahnya. Rata-rata mereka melakukan hal tersebut tanpa pamrih walau dengan kondisi penuh keterbatasan. Liputan6 SCTV tergerak untuk memberikan apresiasi bagi mereka yang memang patut mendapatkannya. Dengan harapan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat. Serta membuat masyarakat termotivas untuk berbagi dalam keadaan apapun.

Seperti para nominasi berbagai kategori Liputan6 Awards ini berangkat dari berbagai profesi, latar belakang ekonomi dan budaya, dari perkotaan sampai daerah terpencil. Masing-masing telah memberikan kontribusi dan karya nyata bagi lingkungan tempatnya tinggal. Ada Anas Tika, yang hanya tamat SMP tapi dijuluki “Profesor Tikus” karena berhasil merancang perangkap tikus untuk tanaman padi di Pinrang Sulawesi Selatan. Lalu dr.Soedanto yang sudah menjadi dokter di Papua selama 33 tahun dan hanya mengenakan tarif Rp.1000 bagi setiap pasiennya. Ada juga Jhon Nasri yang memajukan petani di Jambi untuk menghindari Tengkulak dan mendirikan koperasi. Masih banyak lagi kandidat lainnya yang sangat inspiratif. Selengkapnya bisa dilihat di sini

Ada lima kategori dalam Liputan6 Awards 2013 ini, diantaranya, Kategori Inovasi, Kemanusiaan, Lingkungan hidup, Pemberdayaan Masarakat dan Pendidikan. Masing-masing diraih oleh :

Kategori Inovasi :  Drg. Anto Bagus, Sp.Pro
Kategori Kemanusiaan : Irma Suryati
Kategori Lingkungan Hidup : Sisilia Mbimbus
Kategori Pemberdayaan Masyarakat : Eulis Rosmiyati
Kategori Pendidikan : Sugiyanto
Penghargaan Khusus : Een Sukaesih

Penghargaan khusus terhadap Een Sukaesih asal Desa Cibereum Sumedang ini, telah memberikan kontribusi dalam hal pendidikan. Walaupun dalam kondisi lumpuh dan terbaring di kamarnya yang kecil. Een tetap berbagi ilmu terhadap anak didiknya sambil berbaring. Tanpa pungutan iuran. Meskipun keadaannya pas-pasan Een pun kerap memberikan sumbangan untuk membeli alat tulis bagi anak didiknya.

Selaku juri Liputan6 Awards ini adalah, Daniel dhakidae (Peneliti), Komaruddin Hidayat (Cendikiawan) , Rhenald Kasali (Social Entrepreneur), Erna Witoelar (Aktivis Lingkngan), Yeni Wahid (Aktivis Demokrasi), Jusuf kalla (Tokoh Nasional), Harsiwi Achmad (Direktur Program dan Produksi SCTV), Putut Tri Husodo (Wapemred Liputan.com)

Menyaksikan Liputan6 Awards ini saya sangat tertampar hati. Betapa saya belum melakukan sesuatu untuk berbagi dengan lingkungan sekitanya. Selama ini saya begitu egois dan tenggelam dalam kesibukan rutinitas tanpa menyempatkan berpikir bagaimana caranya agar saya dapat berbagi dengan lingkungan dan dapat bermanfaat untuk orang banyak. Tanpa pamrih. Tentu saja bukan untuk tujuan memperoleh Awards tetapi untuk peroleh manfaat diri untuk orang lain dengan ikhlas.

Liputan6 Awards dan berita-berita pada Liputan6.com sangat menginspirasi juga memperluas wawasan. Terima kasih telah menyuguhkan berita-berita yang aktual, tajam dan terpercaya. Tetaplah berkarya dan bersinar  di masyarakat. Seperti mentari menyinari bumi. Selamat Ulang tahun dan semoga sukses selalu untuk Liputan6 dan Liputan6.com

1 comment:

  1. Bu Een sangat menginspirasi bangetttss..

    ReplyDelete

@templatesyard