Genggam Dunia dengan Prioritas - Dunia-Spasi

Wednesday 22 May 2013

Genggam Dunia dengan Prioritas



Derasnya arus informasi yang membanjiri kehidupan masyarakat dalam dunia digital tak serta merta menenggelamkan daya tarik dan selera membaca di media cetak. Walau informasi melalui internet sangat praktis dan mudah didapatkan, masih banyak  yang  membutuhkan berita dari media cetak. Alasannya bisa dibaca berulang-ulang tanpa harus terhubung jaingan internet dan bisa digunting untuk kliping. Alasan lainnya, baca berita media cetak lebih nyaman buat mata. Tanpa mengernyitkan mata karena radiasi komputer atau perankat gadget lainnya.

Yang dicari  dari sebuah media cetak adalah informasi yang benar-benar aktual  dan lengkap. Tetapi harganya murah. Memilih media cetak yang baik dan terpercaya bukan pula dari seberapa lama media tersebut sudah eksis di masyarakat. Yang patut diertimbangkan dalam memilh media cetak adalah lihat konsistensi media tersebut dalam menyajikan berita, bersifat netral dan banyak mengedukasi masyarakat. Tak ada modus dalam propaganda untuk mencapai tujuan tertentu yang bukan untuk kepentingan masyarakat. Intinya berita yang cerdas, lengkap dan harganya murah.

Media cetak yang seperti kondisi diatas saya temukan pada Tabloid Prioritas. Saya menuliskan hal ini murni dari hati dan penilaian personal saya sebagai kesan terhadap Tabloid ini. Sebelumnya saya memang sering mendengar bahwa ada Media Cetak dan Online Prioritas, tetapi saya sangat jarang menemukannya di tukang majalah pinggir jalan. Satu-satunya jalan, harus berlangganan. Tak perlu khawatir akan menghabiskan budget tinggi karena tabloid ini harganya hanya Rp.3000,, dan terbit mingguan setiap Hari Senin.

Tabloid yang tak menggembos infotainment tapi tak membosankan juga tak berkesan kaku. Berita disajikan cerdas, aktual dan menghibur. Apa saja yang ada didalamnya? Lembar demi lembar tersusun beberapa kategori berita, diantaranya :

1.       Laporan Utama : Disini tersaji informasi  mainstream  yang sedang gencar dan mendominasi berita-berita publik.
2.       Nasional, Berisi ulasan berita yang mencakup berbagai daerah di Indonesia yang bersifat umum dan luas.
3.       Budaya, Menampilkan budaya dan adat suatu daerah
4.       Ekonomi, Geliat perekonomian masyarakat dan lembaga diulas lengkap disini
5.       Ekonomi Sepekan, ada sedikit advertorial
6.       Oase, Segala sesuatu yang unik dan jarang ditemui dihadirkan disini. Kelangkaan yang diulas maknanya agar dapat dilestarikan kembali. Contohnya kisah Rumah Betang yang sudah tergerus zaman.
7.       Otomotif, Berita seputar kendaraan bermotor beserta segala pernik dan aktivitasnya.
8.       Perjalanan, Bagi penyuka wisata dan travelling bisa membaca kategori ini yang isinya sangat menarik.
9.       Internasional, tentu saja kategori berita mancanegara.
10.   Kesehatan, Berbagai tips dan opini kesehatan tersaji lengkap bersama solusinya.
11.   Dialog, Menampilkan profil-profil inspiratif dalam masing-masing bidangnya dengan gaya tulisan dialog interaktif antara jurnalis dan narasumbernya.

Dan kategori lainnya adalah Selarung, Impresario, Politik, Kolase, Pendidikan, Iptek, Sentilan, Impresi , Sports dan Lingkar Arena.
Saya langsung jatuh hati sama tabloid satu ini, bagaimana tidak? Semua terangkum dalam satu kesatuan dan tersusun secara sistematis semua rangkaian kategorinya. Maka cocoklah dengan Tagline Tabloid Prioriras ini “Dengan RP. 3000 Dunia Anda Genggam”

Edisi 13-19 Mei 2013

 Oh ya, ada juga Prioritas Online di http://www.prioritasnews.com/

No comments:

@templatesyard