Belajar Semangat Berbagi dan Peduli Lingkungan dari Garibaldi Thohir - Dunia-Spasi

Wednesday, 21 October 2015

Belajar Semangat Berbagi dan Peduli Lingkungan dari Garibaldi Thohir

Masih penasaran dan ingin mendalami rahasia keberhasilan Bapak Garibaldi Thohir, pimpinan tertinggi Adaro Energy. Beliau adalah kakak kandung Erick Thohir. Presiden klub sepak bola Inter Milan dan keduanya banyak dibicarakan media. Setelah ikut acara buka bersama pada 22 Juni 2015 lalu bersama Adaro Group, saya jadi ingin terus mengikuti kiprah dan kegiatan Pak Garibaldi Thohir. Baik dari berita atau dari informasi yang disampaikan teman. Ini karena aura kemanusiaannya yang tinggi yang membuat saya tertarik mengikuti perkembangannya. Karena ada pepatah “Jika semakin harta / ilmu dibagikan maka akan semakin berkembang dan berkah” Ini pas sekali dengan yang saya lihat pada kepribadian petinggi Adaro Group ini.

Keseruan Clean Up Jakarta 2015. Sumber foto : www.indonesiatravelmagz.com

Hari ini, 18 Oktober 2015 di timeline twitter saya seliweran tanda pagar #CleanUpJKTDay yakni program Clean Up Jakarta dengan kegiatan bersih-bersih di beberapa titik kota Jakarta oleh semua warga yang bersedia menjadi sukarelawan. Acara ini digagas oleh Angela Jelita Richardson. Selidik punya selidik, ternyata Adaro support penuh dalam program ini. Pak Garibaldi Thohir peduli sekali terhadap lingkungan. Makanya program CSR (Corporate Social Responsibility) yang didukungnya sebagian besar adalah berorientasi lingkungan. Dan semua program CSR harus dilaporkan langsung kepada beliau. Ini betapa pedulinya beliau sehingga memonitor langsung supaya programnya bermanfaat untuk banyak orang.

Bersama Ibu Okty, ( ke 4 dari kanan ) General Manager Adaro.
Dalam suatu kesempatan, saya berbincang dengan Ibu Okty, General Manager Adaro. Saya berusaha mengorek lebih kisah Pak Garibaldi Thohir yang mempunyai sikap humanis dan jiwa kepemimpinan berkarakter kuat ini. Menurut Ibu Okty, Pak Garibaldi Thohir selalu menanamkan sikap disiplin dan tanggung jawab penuh terhadap para karyawannya. Sikap disiplin dan tanggung jawab yang diselaraskan dengan sikap kemanusiaan yang merupakan sisi dominan dan ciri khasnya. Pak Garibaldi Thohir tak pernah segan turun tangan langsung untuk memberikan masukan, saran, kritik bahkan memberi contoh dengan perilaku. Bukan hanya dengan teori semata. Beliau juga sangat menghargai proses dan menyukai tantangan yang tidak biasa saja.

Sikap kepemimpinannya, tak hanya diterapkan kepada karyawannya atau lingkungan perusahaan saja namun kepada keluarganya juga. “ Contoh karakter kepemimpinan kuat yang mempunyai sisi kepedulian, diterapkan pada putri kembarnya, ketika membuat suatu proyek peduli lingkungan. Bapak menyarankan agar putrinya melakukan hal yang tak biasa. Akhirnya Proyek The Bekantan Twins Project berhasil diciptakan sekaligus bermanfaat untuk konservasi monyet bekantan di Kalimantan. Serta meraih penghargaan internasional yang bergengsi. Tentu saja ini membuat putri kembarnya semakin semangat dalam berkarya dan berbagi.” Kata Ibu Okty.

Ibu Okty menambahkan bahwa keterlibatan Adaro di program Clean Up Jakarta adalah full support, mulai dari materi, sumber daya manusia, ide, pemikiran dan networking. “Seberapa besar impact terhadap program CSR itu yang Bapak tekankan, makanya tak asal memberikan dukungan. Bapak inginnya menghasilkan impact yang baik dan punya pengaruh baik hasilnya.”

Program CSR Clean Up Jakarta sudah memasuki tahun ke tiga dan selalu ditantang untuk lebih melakukan program lebih luas lagi. Misalnya, dari tahun ke tahun selalu ditambah jumlah volunteer nya dan menambah lebih banyak titik lagi untuk dibersihkan.
Program CSR lainnya yang telah dilakukan adalah Program konservasi air bersih yang berhasil mendapatkan penghargaan medali emas dari IBA (International Business Awards). Selama Tahun 2014 saja, memenangi 7 kategori Awards untuk program CSR sendiri. Artinya impact nya bagus ke masyarakat yang dibantunya. Semua yang dilakukan Bapak Garibaldi Thohir adalah karena panggilan dari hati. Jadi, melakukan sesuatu untuk orang lain selalu dengan sepenuh hati dengan memberikan yang terbaik.

Oh iya, saya pun sangat terkesan dengan Islamic Centre di Kabupaten Tabalong Kalimantan Selatan. Di sana selain dibangun tempat ibadah berupa masjid, juga tersedia gedung untuk sarana belajar mengajar, pengajian, perpustakaan dan replika untuk manasik haji. Semua disediakan untuk masyarakat sekitarnya. Saya sendiri, jika ke daerah Kalimantan Selatan ingin melihat langsung Islamic Centre ini. Pasti keren dan megah.

Saya sangat ingin belajar lebih banyak lagi dari Bapak Garibaldi Thohir tentang program kemanusiaan dan lingkungan yang banyak diusungnya. Selain sukses di bisnis juga sukses dalam memberi manfaat kepada orang banyak. Itu cita-cita saya banget. Makanya saya ngotot selalu ingin belajar dan ketika kesempatan bertemu, baik dengan Bapak Garibaldi Thohir atau orang-orang kepercayaannya, saya tak akan menyia-nyiakan untuk bertanya kiat-kiat keberhasilannya.

23 comments:

  1. Replies
    1. Iya selain keren juga bermanfaat :)

      Delete
  2. Sudah berhasil tapi ngga lupa untuk berbagi itu yang penting ya ibu ani... Banyak orang berhasil sedikit yg mau berbagai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, karakter pemimpin seperti sosok Garibaldi thohir sangat langka.

      Delete
  3. Selalu suka membaca tulisannya ibu Ani, bermakna, kaya, dan inspiratif. Cocok untuk memperkuat tulisan repottase saya nantinya

    ReplyDelete
  4. Peduli lingkungan wajib ditanamkan ya Mbak dan saling berbagi itu mendatangkan banyak manfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berbagi tak pernah rugi, buktinya usaha Pak Garibaldi Thohir selalu maju padahal selalu dibagikan apa yang dipunyanya :)

      Delete
  5. Wow hebat. Waktu Ramadhan lalu sempat baca kegiatan Adaro dengan anak yatim. Subhanallah. Semoga makin berkah dan banyak pengusaha Indonesia yang seperti Pak Garibaldi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn...wah Zahra masih ingat ya :D
      Berarti Pak Garibaldi menginspirasi Zahra dong :)

      Delete
  6. sosok yg hebat dan isnpiratif.. hmm, bnyk blajar drnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah kalau Desi bisa menangkap pesannya :)
      Semoga bermanfaat ya...

      Delete
  7. Pa boy memang sosok luar biasa ya. Acara kemarin seru banget teh, bule-bule ampe bawa anaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ih saya pas kondisi badan ngedropp nyesellll pokoke...Tahun depan mudah2an bisa ikut.

      Delete
  8. keren banget programnya. Sosok Pak Tohir juga sangat menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mba Myra :)
      Saya banyak belajar dari beliau

      Delete
  9. Sosok teladan yang langka ya, Ani. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betulll sekali. Yang langka begini harus banyak menginspirasi banyak orang agar ketularan inspirasinya.

      Delete
  10. Ini yg namanya membumi yaa. Biar pun sukses tapi tetap rendah hati & tak pelit berbagi

    ReplyDelete
  11. keren banget semangatnya. semoga menular pada yang lain. :)

    ReplyDelete
  12. Moga banyak pengusaha muda yang tertular memiliki semangat berbagi kayak beliau :)

    ReplyDelete
  13. clean up..clean up biar bersih. Semoga gak cuma pas ada CSR aja ya mbak, seterusnya juga jaga lingkungan

    ReplyDelete
  14. suka dengan program-programnya mba..banyak yang inspiratif banget dan asli sangat dibutuhkan. Seperti cleanup Jakarta itu :)

    ReplyDelete

@templatesyard