Goes To 9 Summers 10 Autumns The Movie - Dunia-Spasi

Friday 29 March 2013

Goes To 9 Summers 10 Autumns The Movie



Tanggal 27 Maret 2013, Sebuah keberuntungan bagi saya. Mendapat undangan dari Vivanews untuk  diskusi dan pemutaran Film 9 Summers 10 Autumns.Bertempat di Hotel Grand Kemang Jakarta. Tepatnya di Kafe Amaron.

Walau jalanan macet dan saya berangkat setelah meeting pekerjaan, ditengah mepetnya waktu itu, alhamdulillah saya datang sebelum acara dimulai.

Setelah registrasi, saya langsung menghampiri beberapa teman komunitas @Viva_log yang telah hadir duluan. Kami berbincang sejenak tentang isi buku 9 Summers 10 Autumns yang menginspirasi itu. Kebetulan saya telah membacanya. Sambil menunggu acara dimulai, kami menikmati coffee break yang telah disediakan panitia yang semuanya ramah.

 
Souvenir dari acara talkshw 9S10A

Pukul 15.30 akhirnya acara dimulai, dibuka dengan perkenalan para pemain film 9 Summers 10 Autumns. Yang hadir saat itu diantaranya, Ibu Dewi Irawan pemeran dari Ibu Iwan Setyawan, Ihsan Tarore pemeran Iwan Setyawan dan Hayria Faturrahman sebagai teman dekat Iwan semasa SD dan SMA. Hadir juga penulis novel 9S10A Iwan Setyawan beserta produser film ini, Bapak Ifa Isfansyah.

Diskusi dimulai dengan sharing isi novel 9 Summers 10 Autumns oleh penulisnya sendiri, Iwan Setyawan. Berisi kisah keluarganya yang penuh kebersamaan bergandengan mengisi hidup dengan melalui segala ranjau. Lima bersaudara dalam satu keluarga tinggal di sebuah rumah sederhana di Batu Malang. Dengan seorang kepala keluarga berprofesi sebagai sopir angkot.
Berbagai kesulitan berhasil dilalui berkat keterampilan seorang ibu yang pandai memanage keuangan keluarga. Dari hasil menarik angkot suaminya. Walau Ibunya Iwan tak tamat SD dan kebanyakan harinya dihabiskan di rumah, tetapi sangat mampu mengarahkan anak-anaknya untuk disiplin dan bekeja keras.

Sikap toleransi dari kakak-kakaknya untuk besama bergandeng tangan dalam menanggung beban keluaga berhasil membawa perubahan. Kakak tertua Iwan rela tak meneruskan kuliah dan memutuskan menjadi guru les privat demi membiayai adiknya supaya tetap bisa sekolah sampai kuliah.
Keadaan ini membuat Iwan terpacu. Apalagi mimpinya ingin memiliki kamar pribadi ingin terwujud. Dengan segala keterbatasan, Iwan pun berusaha semaksimal mungkin. Sampai berhasil lulus kuliah bidang Statistik dari IPB, mulai bekerja di Jakarta 3 tahun. Sampai menjadi direktur perusahaan audit ternama dunia. Yaitu Nielsen. Di Newyork City selama 10 Tahun.

Selama di Newyork, Iwan selalu ingat rumah. Setiap tahun selalu pulang. Rumah mungil sederhana di Batu Malang selalu membuatnya rindu. Karena mampu membuat lega hati, nyaman jiwa. Setelah 10 tahun, Iwan benar-benar pulang karena ingin dekat dengan keluarga. Dan meraih mimpi lagi di negeri sendiri.

Kemudian diputar trailer film yang akan launching di Bulan April 2013 ini, sangat tak sabar untuk menontonnya sampai habis. Begitu banyak dialog yang sangat menginspirasi dari masing-masing pemeran.
Ibu Dewi Irawan berbagi pengalaman saat mengikuti shooting 9S10A, selama beberapa waktu, Ibu Dewi melakukan pendekatan kepada Ibunya Iwan di Batu Malang. Sambil mendalami karakter yang sebenarnya. Tetapi Ibu Dewi hanya mengambil 30% karakter asli, selebihnya ia berimprovisasi sendiri tanpa keluar dari karakter alamiah Ibunya Iwan di Batu.
Tantangan terbesar bagi Ibu Dewi adalah ketika harus mejadi Ibunya Iwan yang SD tak lulus, hanya tinggal di rumah sebagai ibu rumah tangga dan bersuami seorang sopir angkot. Sementara dirinya seorang wanita karir berlatar pendidikan sarjana, tinggal di Milan Itali dan bersuami bule. Namun kekontrasan ini membuatnya tertantang dan semakin belajar. Tanpa disadari dirinya memperoleh pelajaran berharga yang didapat dari Ibunya Iwan, Ibunya Iwan memang bukan sarjana. Tetapi mampu memanage finansial keluarga, mampu memprediksi apa saja yang harus dilakukannya sampai pemenuhan kebutuhan keluarga tercapai.

Terutama kesabaran dan kebesaran hati ibu Iwan yang mampu menguatkan keyakinan pada tujuan yang berbuah keberhasilan.

Lalu, Ihsan Tarore sebagai pemeran utama dalam film ini, yang memerankan Iwan juga mempunyai tantangan besar saat mendalami karakter Iwan yang dinamis. Ihsan yang merupakan finalis Indonesian Idol, sangat senang dan bangga terlibat dalam film ini. “Saya yang mempunyai kepribadian sangat beda dengan Mas Iwan, benar-benar bekrja keras untuk mendalami karakternya. Menyesuaikan kehidupan pada zamannya dan kesulitan terbesar adalah ketika melakukan percakapan berbahasa Inggris.” Kata Ihsan sambil tertawa renyah.
Namun dari semua tantangan itu berbuah pelajaran yang berhasil dipetik. Sikap kerja keras dan kedekatan dengan keluarga merupakan satu pengaruh yang besar terhadap kesuksesan. Pungkas Ihsan.

Terakhir, Hayria Faturrahman. Seorang pemeran tambahan yang tak ada dalam novelnya. Hayria memerankan seorang teman dekat Iwan semasa SD sampai SMA. Yang cintanya tak tersampaikan. Walau Hayria menyatakan duluan cintanya, tetap saja Iwan merasa tak percaya diri. Karena status sosial yang berbeda yang membuatnya tak melanjutkan kisah cintanya.
Hayria mempunyai pelajaran berharga dari keterlibatan dalam film ini. Dia merasa kebersamaan dan saling bergandeng tangan dengan keluarga adalah meringankan banyak hal dalam kehidupan.
Dalam 9S10A, merupakan cerita keluarga yang kompak dan penuh toleransi antar anggota keluarganya. Saling pengertian dan saling mendekatkan sehingga apapun yang terjadi semua akan selalu kembali kepada keluarga.

Maka sebagai penutup acara, Iwan Setyawan. Berpesan bahwa film ini bukanlan hanya menceritakan kisah Iwan seorang anak sopir angkot yang sukses di Amerika. Tetapi ini adalah cerita keluarga yang saling bergandengan tangan untuk menghadapi hidup.

Seruuuu..........
 
Bersama Ibu Dewi Irawan

 
Ihsan Tarore, Dewi Irawan, Iwan Setyawan, Hayria Faturrahman, Produser 9S10A Foto By : Alfan Renata
Acarapun ditutup dengan foto bersama. Terima kasih undangannya @Viva_log semoga semakin banyak acara bermanfaat dan penuh inspirasi seperti ini.
Untuk 9 Summers 10 Autumns the Movie, tunggu tayang di bioskop-bioskop pada Bulan April 2013 nanti.




2 comments:

  1. Keren en seru ya teh..
    Ceritanya sgt menginspirasi!
    Haalah lupa poto ma ibu Dewi Irawan :(

    ReplyDelete
  2. serunya....eh sekarang aktif di Viva ya? hehe...aq liat pengumumannya tapi lagi rada ga sehat jadi males banget kluar rumah :)

    ReplyDelete

@templatesyard