Festival Ibu & Buah Hati 2018 Pemacu Semangat Upaya Pemberdayaan Perempuan dan Anak - Dunia-Spasi

Thursday, 17 May 2018

Festival Ibu & Buah Hati 2018 Pemacu Semangat Upaya Pemberdayaan Perempuan dan Anak


“Kondisi sosial yang menurun saat ini, membuat prihatin. Salah satunya soal keamanan anak-anak dari orang yang tak bertanggung jawab. Kadang rumah pun menjadi tidak aman tatkala ada oknum keluarga yang merenggut masa depan anak. Seperti pemerkosaan oleh ayah, paman kandung, tetangga dekat dan lain sebagainya. Hal ini patut menjadi perhatian semua kalangan mulai dari lingkup keluarga.”

Pernyataan di atas diungkapkan oleh Wakil Walikota Tangerang Selatan, Drs. Benjamin Dadvnie dalam sambutan peresmian acara Festival Ibu & Buah Hati 2018 yang digelar oleh Komunitas Cerita Ibu Cerdas (CIC) yang setiap bulannya melakukan forum diskusi dengan tema beragam soal parenting, kesehatan keluarga dan masih banyak lagi.


Ketua Komunitas Cerita Ibu Cerdas, Fairus Faisal

Menurut Ketua Komunitas CIC Fairus Faisal yang akrab dipanggil Iloet, tingginya animo masyarakat terhadap ilmu parenting dan kesehatan serta meningkatnya kebutuhan produk yang ramah ibu dan anak, membuat festival ini diselenggarakan. Pemerintah Kota Tangerang Selatan dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mendukung penuh acara ini.   

Acara yang diselenggarakan selama dua hari, dari Tanggal 5 dan 6 Mei 2018 bertempat di Intermark Indonesia di kawasan BSD Tangerang Selatan ini, selain dihadiri tokoh, selebritis, media dan blogger, juga masyarakat umum.

Para pengunjung hadir dengan bebas di sana mengikuti berbagai rangkaian acara bermanfaat sebagai penggali informasi terkait kebutuhan untuk keluarganya. Rangkaian acara menarik yang diselenggarakan diantaranya talkshow, demo produk kesehatan dan kebutuhan keluarga lainnya, fashion show, lomba mewarnai untuk anak, hiburan serta bazaar produk kebutuhan ibu dan anak.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benjamin Davnie 

Melanjutkan pernyataan-pernyataan Bapak Benjamin Davnie di awal paragraf, bahwa saat ini, semua pihak dituntut untuk peduli dan saling meningkatkan awareness tehadap lingkungan sekitarnya agar berdampak selalu baik terhadap masyarakat, khususnya ibu dan anak. Dengan hadirnya masyarakat di acara ini, dapat membuka wawasan dan ilmu untuk diterapkan.

Beliau juga menyinggung soal mendidik anak di era digital yang penting difokuskan, tantangan orang tua saat ini adalah bagaimana menyeimbangkan perilaku anak yang hampir didominasi oleh aktivitas gadget. Misalnya, main game yang kecanduan, browsing sesuatu yang belum saatnya patut diketahui anak dan pengaruh produktivitas anak dari dampak aktivitas gadget yang over.

Dalam hal ini, Bapak Wakil Walikota juga berencana agar kegiatan serupa diadakan setiap tahun di Tangerang Selatan, sebagai wujud kepedulian penuh dan edukasi yang massif terhadap perempuan dan anak.

Dra. Leny Nurhayanti Rosalin M.Sc dari Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak KPPPA pun sangat mendukung acara yang dipelopori oleh Komunitas CIC yang beranggotakan puluhan artis yang peduli masalah anak. Ibu Leny menyadari bahwa tingkat kekerasan dan pelecehan seksual masih menjadi konsen untuk dicarikan solusinya, dari acara festival yang melibatkan banyak public figure ini, diharapkan dapat meng-influence masyarakat luas soal informasi penting terkait perempuan dan anak lalu diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.

dr. Jefri Sukmawan, Sp.OT

Usai pembukaan, talkshow pun digelar. Saya yang hadir di hari pertama, mendapatkan banyak pencerahan masalah kesehatan sendi dan tulang dari dr. Jefri Sukmawan, Sp.OT dari RS Premiere Bintaro. Dari paparan dokter Jefri, disarankan untuk menjaga kesehatan bahu yang merupakan sentral pergerakan namun sering terabaikan perhatiannya.

Bahu fleksibilitasnya tinggi dan memudahkan ruang gerak, oleh karena itu patut dijaga dengan cara, variasi kerja bahu saat beraktivitas, misalnya menggendong tas variasikan antara bahu kanan dan kiri, ketika menjangkau sesuatu jangan dipaksakan, sebaiknya gunakan alat bantu, istirahat jika mulai lelah, perbanyak aktivitas fisik untuk melatih otot-otot yang kuat dan konsumsi makanan bernutrisi.

Setelah menyimak paparan dokter Jefri, saya dan teman blogger istirahat makan siang plus sholat lalu menyaksikan demo Philips yang memeragakan produk terbarunya, yakni Kid Friendly Hair Cuts yang waterproof.

Demo dari Philips
Lomba mewarnai
Kid Haircuts Philips
Happy Diapers
Procil Bubur Bayi sehat

Banyak sekali booth menarik yang menyediakan produk-produk ramah ibu dan anak. Diantaranya Popok Happy Diapers yang kemasannya tak hanya lucu tapi produknya benar-benar menyerap sempurna, selain itu ada juga Pure Baby yang menyediakan produk bayi aman dari bahan berbahaya penyebab alergi dan infeksi kulit.

Dinas kependudukan Kota Tangerang Selatan pun melayani penduduk untuk membuatkan anak-anaknya kartu identitas. KTP untuk anak ini penting sebagai pendataan untuk perlindungan anak juga. Tentunya ini sejalan dengan visi misi Kota Tangerang Selatan yang ramah anak.

Komunitas Cerita Ibu Cerdas semoga menjadi inspirasi bagi masyarakat luas untuk selalu bertindak  membuat sesuatu yang bermanfaat untuk sekitarnya, Kebetulan saya sangat mengenal baik dengan pribadi-pribadi yang ada di CIC terutama Mba Iloet founder nya. Lihat semangatnya sangat menular.

Walaupun anggotanya kebanyakan selebriti, tapi mereka sangat konsen terhadap kepedulian ibu dan anak, saya sangat merindukan event yang mereka gelar lagi. Semoga ada lagi event seperti ini dalam waktu dekat.

1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

@templatesyard