Membuka Rekening Online, Inovasi Dari Bank Sinarmas - Dunia-Spasi

Friday, 31 October 2014

Membuka Rekening Online, Inovasi Dari Bank Sinarmas


Era digital yang serba canggih dengan berbagai teknologi memudahkan informasi serta interaksi, pemanfaatannya harus dimaksimalkan. Dengan tanpa batasnya dapat mengakses segala kepentingan termasuk dalam dunia perbankan. Bank Sinarmas yang berdiri sejak 1989 dan sekarang sudah menjadi Bank Devisa berstatus Go Public memiliki 380 cabang di 120 kota, termasuk Bank yang memanfaatkan teknologi untuk menambah pelayanannya yang lebih maksimal.

Seiring perkembangannya, Bank Sinarmas memaksimalkan transaksi melalui Digital Banking untuk berbagai kebutuhan semua pihak. Mencakup diantaranya, Branchless Banking yang mendukung program Financial Inclusion sebagai strategi dalam transaksi keuangan tanpa batas dan menyeluruh. Strategi ini dilakukan berdasarkan kondisi masyarakat yang banyak menggunakan mobile phone karena dirasa sangat memudahkan dalam bertransaksi keuangan dari mana saja. 

Sangat menarik sistem perbankan Branchless Banking ini, karena memudahkan masyarakat dari kalangan manapun atau dari daerah yang tak terjangkau cabang bank sekalipun, dapat dengan mudah membuka rekening tabungan secara digital, hanya memerlukan koneksi internet dan tak perlu datang ke kantor cabang. Beberapa waktu lalu, saya pernah dihubungi teman yang akan membuka rekening di sebuah bank, dia mengeluh karena bank tersebut mengharuskan nasabahnya memiliki telepon rumah, di bank berbeda, teman lain mengeluh juga karena ada persyaratan rumit untuk kelengkapan dokumen dan kartu identitas harus sesuai dengan cabang bank. 

Tentu saja prosedur menyulitkan ini sangat menghambat masyarakat untuk terhubung dengan bank. Tak heran jika masih banyak masyarakat yang unbanked. Menjawab persoalan kesulitan masyarakat dalam memiliki rekening bank ini, Bank Sinarmas memberi solusi dengan Branchless Banking nya. 

Berikut cara membuat rekening Bank Sinarmas Online (Sinarmas Statement) :

  1. Input Data,
    Persiapannya adalah terkoneksi internet di laptop atau komputer dan dokumen yang perlu disiapkan hanya scan KTP. Buka situs Bank Sinarmas klik Buka Rekening Online. Setelah itu isi data 9 fields dalam form yang tersedia. Selanjutnya akan ada pemberitahuan via email. Ikuti instruksi yang tertera. 

  2. Transfer (Virtual Account) Setelah tahap pengisian data, akan ada pemberitahuan virtual account sebagai rekening bank sementara untuk transfer setoran awal melalui ATM bank apa saja yang dimiliki. Transfer awal Rp.50.000,-
  3. Know Your Customer (KYC) Setelah transfer, tunggu konfirmasi via telepon dari Bank Sinarmas. Biasanya tak lebih dari seminggu setelah melakukan setoran awal via transfer ATM. Bank Sinarmas akan verifikasi data dan membuat janji pertemuan dengan nasabah yang telah melakukan setoran awal. Untuk mengantarkan kartu ATM dan PIN secara langsung dan melengkapi data yang kurang, seperti pengambilan fotocopy KTP dan menyebutkan nama gadis ibu kandung. Melakukan pertemuan bisa dimana saja, di rumah, kantor atau di tempat yang sudah diatur secara fleksibel.
  4. Approved, Setelah semua selesai, kartu ATM dan PIN sudah di tangan, tunggu proses approval melalui aktivasi di email atau ATM. Melakukan aktivasi maksimal 5 hari setelah instruksi aktivasi diberikan.  
Ini dia penampilan ATM untuk yang Branchless Banking plus PIN nya.

Hanya dengan 4 langkah tersebut, kita sudah bisa memiliki rekening bank yang bisa langsung digunakan. Fasilitas dari rekening bank tersebut mencakup Internet Banking, Simobi, Kartu Kredit, Multi Currency, Loan dan lain sebagainya. Jenis tabungan ini adalah Sinarmas Statement. Biaya administrasi bulanan gratis.
Kenapa di ATM ada logo Lion? Karena Bank Sinarmas ada kerjasama dan setiap pemilik ATM ini, untuk saat ini, benefit yang diberikan bagi nasabah, jika bepergian dengan Lion, akan mendapatkan free bagasi.

Kemudahan pembukaan rekening online di atas yang tanpa harus datang ke bank, tetapi proses tatap muka tetap wajib dilakukan, mengingat peraturan undang-undang perbankan masih mewajibkan proses tatap muka pihak bank dan nasabah pembuka rekening.

Impact dari sistem Branchless Banking ini terhadap kemajuan ekonomi masyarakat terutama menengah kebawah yang ingin melakukan usaha dan membutuhkan modal dari bank. Tak susah lagi bertransaksi keuangan. Biaya untuk pembukaan cabang bank baru serta operasional bank yang mahal dapat diminimalisisr dengan adanya sisten branchless banking ini. 

Alasan kenapa harus membuka rekening Bank Sinarmas, karena :

  1. Biaya administrasi hanya Rp.6000,- per bulan (Ini kena biaya untuk yang selain rekening Sinarmas Statement)
  2. Gratis penarikan tunai di ATM lebih dari 70,000 ATM berlogo ATM Bersama, Prima dan Alto. Artinya, dimanapun ATM walau bukan ATM Bank Sinarmas, jika ada ketiga logo ini pasti gratis biaya penarikan.
  3. Buat yang suka belanja pakai Debit, sangat menguntungkan jika pakai Bank Sinarmas karena bisa gratis biaya transaksi pembelanjaan di 250.000 merchant jaringan PRIMA dan Debit BCA
  4. Begitupula untuk jaringan Visa dan Union Pay gratis untuk biaya transaksi pembelanjaannya.
  5. Token Simaskey gratis didapatkan
  6. Memiliki 5000 merchant di seluruh Indonesia.
  7. Registrasi Internet Banking dan Mobile Banking cukup melalui mesin ATM Bank Sinarmas. Tidak perlu ribet antri di bank.
  8. Bisa membayar tagihan, membuka rekening, belanja online melalui online banking
  9. Kartu ATM Bank Sinarmas juga merupakan kartu diskon di merchant-merchant SimasCard.

China Union Pay (CUP) / UnionPay

ATM atau Kartu Debit Bank Sinarmas Bank juga terhubung dengan jaringan UnionPay disamping jaringan ATM lokal. Digunakan untuk tarik tunai tan transaksi belanja di mesin ATM atau EDC berlogo UnionPay di seluruh dunia.

China Union Pay (CUP) atau UnionPay yang berdiri sejak Maret 2002 di Kota Shanghai ini, sudah diterbitkan oleh 65 lembaga dari 30 negara. Diterima jutaan merchant dan ATM di 141 negara. Sehingga memudahkan bagi yang sering bepergian ke luar negeri terutama China. Tak susah untuk melakukan kebutuhan bertransaksi keuangan. Begitupun sebaliknya, bagi warga China yang berkunjung ke Indonesia akan memudahkan transaksi keuangan di mesin ATM, EDC atau merchant-merchant yang ada logo UnionPay nya.

Kartu Debit CUP Gold dan CUP Diamond

Kelebihan lainnya adalah jika sering bepergian ke China, UnionPay mencakup sampai ke pelosok-pelosok, umpamanya kita sedang berada di wilayah terpencil di China, tak perlu khawatir susah menemukan ATM atau ketika memerlukan kebutuhan yang kecil-kecil dan tak ada uang kas, bisa transaksi di merchant yang ada logo UnionPay nya. Di sana diterima di 2 Juta merchant, 3 Juta pos EDC dan 300 ribuan ATM di China. Jenis Kartu ATM UnionPay Bank Sinarmas ada dua, yakni Kartu Debit CUP Gold dan Kartu Debit CUP Diamond.

Berinvestasi Dengan Bank Sinarmas

Dalam kesempatan gathering bersama Bank Sinarmas pada 25 Oktober 2014 di Luna Negra, Plaza Bapindo Jakarta, Ibu Cynthia Tjandrawinata berbagi wawasan tentang perlunya berinvestasi dan memiliki asuransi.
Investasi bisa berupa saham, obligasi, deposito, emas, valas dan properti. Atau berupa tabungan deposito. Semua investasi memiliki kelebihan dan kekurangan namun seiring berjalannya inflasi yang selalu meningkat setiap tahunnya, sebaiknya kita memilih investasi yang bukan hanya bertujuan untuk menambah asset saja tetapi melindungi asset yang telah dimiliki juga.

Biasanya, masyarakat lebih tertarik berinvestasi tabungan, karena tempatnya terjangkau, risiko rendah karena fluktuasi atau guncangan terhadap naik turunnya nilai mata uang tak berpengaruh pada uang yang disimpan dalam tabungan. Selain itu, dapat ditarik kapan saja baik melalui ATM atau penarikan tunai. “Tetapi bunga tabungan tak begitu besar sehingga kurang maksimal dalam meraih keuntungan untuk investasi dalam tabungan.” Kata Ibu Cynthia.

Ibu Cynthia mengenalkan beberapa produk investasi yang ada di Bank Sinarmas, diantaranya untuk Bancassurance berupa : Simas Prima, Simas Stabil Link, Dana Sejahtera dan Simas Power Link. Sedangkan untuk Reksadana : Danamas Rupiah Plus, Danamas Stabil, Simas Danamas Saham dan Simas Satu.

Yang menarik, investasi reksadana yang dijelaskan oleh Ibu Cynthia, Reksadana akan mengimbangi setiap laju inflasi. Bagi yang tertarik untuk berinvestasi pasar modal tapi tak punya cukup waktu untuk mempelajari atau selalu mengawasi posisi investasi yang dimiliki, reksadana adalah pilihan yang tepat bagi yang ingin waktunya efisien. Karena Reksadana dikelola oleh manajer investasi yang terpercaya dan profesional. Setiap saham yang dibeli ada analisa mendalam sehingga dapat dipahami dan sebagai pemilik saham bisa benar-benar mengetahui bagaimana spesifikasinya. Dengan pengawasan dari Bank Kustodian atau OJK, akan meningkatkan sekuritas investasi karena Bank Kustodian akan mengatur, mengawasi dan melindungi semua asset yang dititipkan.

Dengan investasi Reksadana, nasabah bisa memilih produk yang sesuai dengan profil risiko, artinya nasabah bisa memilih mana yang lebih aman baginya, dengan kesesuaian ini, nasabah akan merasa tenang dan cocok tanpa harus terpatok untuk satu produk saja. Nilai return pun bisa tinggi. Investasi Reksadana di Sinarmas cukup dengan modal Rp.200.000,- yang disetorkan setiap bulannya, dalam waktu 15 Tahun, nasabah bisa mendapatkan total dana sebesar Rp. 133.701.352,- caranya dengan membuka tabungan Sinarmas dulu dan setoran bisa dilakukan autodebet setiap bulannya.

Berharap banyak dari berbagai inovasi perbankan Bank Sinarmas ini agar dapat memajukan perekonomian masyarakat karena dengan mudahnya mengelola keuangan dengan berbagai produk perbankan, akan memberikan akses kebutuhan dana usaha, investasi dan lain sebagainya. Terutama untuk Branchless Banking yang dapat menjangkau daerah terpencil sekalipun tentu saja ini sangat membantu dan solusi atas segala hambatan yang dihadapi masyarakat dalam membuka rekening tabungan.

Kenang-kenangan saat #DIBIGathering bersama Bank Sinarmas di Luna Negra Plaza Bapindo 25/10

Untuk Bank Sinarmas yang friendly, terima kasih atas kesempatan gatheringnya, kami jadi banyak tahu apa benefit Branchless Banking, UnionPay dan Investasi Reksadana. Semoga sukses selalu.

22 comments:

  1. sinar mas, produknya semakin banyak ya Teh...

    ReplyDelete
  2. Enak bisa buat rekening tabungan nggak perlu keluar rumah...
    Oiya Mbak kok aku nangkepnya biaya administrasi 6000 per bulan ya, yang gratis itu biaya ganti kartu ke Union Paynya... Hmmm, gak tahu deng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang Rekening e-Statement gratis biaya adm bulanan Una :D
      Yang 6000 per bulan itu yang selain rekening e-Statement

      Delete
  3. mudah banget ya mbak caa buka rekeningnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat mudah sampai diantarin itu ATM sama PIn nya sama petugas Bank hehehe....

      Delete
  4. Lah asik banget itu. Gampang. Jaman sekarang bikin rekening digampangin ya biar pada semangat nabung wekekek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin banyak rekening yang dipunya makin semangat nabung ya Shin :D

      Delete
  5. bagus juga, bisa jadi perbandingan. karena ada jasa antar ATM dan ambil berkas langsung ke nasabah. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Mba Ris Rochma, ayo buka mulai sekarang :D

      Delete
  6. Ayo mba ani ajak temen2nya buat bikin rekening online Bank Sinarmas :D masih ada program MGM (Member Get Member) buat dapetin bonus. Lumayan lho kalau ngajak 1 orang bisa terima bonus 50rb ^^ *nitip link buat info MGM ya mba heheh.. http://www.empieee.net/2014/09/mau-bonus-jutaan-bisa-banget.html

    ReplyDelete
  7. Mau nanya nih mba, kalau mau mengaktifkan rekening bank sinarmas yang sudah dormant bisa dilakukan di kantor kas terdekat atau harus tetap di kantor cabang? Apakah tidak ada langkah secara online yang bisa dilakukan? Terima kasih..

    ReplyDelete
  8. oh ini yang kak Ani maksud? asyik nih selama free admin rasanya gak ada yang menyulitkan ya, ditambah gak repot harus ke bank buat antri bikin rekening baru :)

    ReplyDelete
  9. Free biaya bulanan adalah salah satu keuntungan yang dicari para emak :D hihihi

    ReplyDelete
  10. aku suka karena gak pake antri dan perlu dateng ke bank. Keren deh!

    ReplyDelete
  11. Asiknya kartu ini free biaya bulanannya ya...

    ReplyDelete
  12. malem mba.
    saya baru dapet atm fris dari smartfren. tapi pinnya belum aktif. saya pengen aktifin pinya secara online bisa ga? soalnya kantor bank sinarmas jauh dari tempat tinggal aku. terimakasih

    ReplyDelete
  13. Masih belum ngerti sy masih pake mandiri syariah, mau buka sinarmas masnya gmn

    ReplyDelete
  14. Exchange Bitcoin to Perfect Money Instantly and easily with Bitcoinscashout.com, Solution for Bitcoin to Perfect money Account Payment system

    Exchange Bitcoin to Perfect Money Account

    ReplyDelete

@templatesyard