Melanie Richardo dan Indra Herlambang |
JNE memberikan rewards
besar kepada para member JNE Loyalty Card (JLC) dari seluruh Indonesia atas
kebersamaan dan penggunaan layanan JNE. Pada 18 Januari 2018 di Hotel Mulia
Senayan. Kemeriahan yang gebyar dengan tema “Raise Up Your Business” di sana menggambarkan kesuksesan JNE
sebagai perusahaan jasa pengiriman dan pendistribusian besar di Indonesia.
Undangan yang hadir
sebagian besar adalah peserta JLC, media dan blogger. Dimulai sejak pukul 19.00.
Acara malam tetap meriah dan jauh dari rasa kantuk karena dipandu MC Hits
Melanie Richardo dan Indra Herlambang yang menghidupkan suasana.
JLC
Lucky Draw adalah program pengumpulan poin terbanyak dari
setiap transaksi para member senilai Rp.25.000 selama periode tertentu. Biasanya
diundi setiap akhir tahun dan di akhir Tahun 2017, JNE telah mengundi JLC Lucky
Draw di Kantor Pusat Tomang Jakarta. Hadiahnya beragam, terdiri dari Paket
Wisata ke Hongkong Disneyland, Sepeda Motor, Wisata ke Singapura dan Legoland
Malaysia, Paket Wisata Malang Jawa Timur Ipad mini, Mirrorless Camera dan 100
buah voucher belanja.
Lalu, ada program baru
namanya JLC Race, yakni pemberian
apresiasi bagi 5 member JLC dengan nilai transaksi tertinggi dan 5 orang dengan
jumlah pengiriman terbanyak. Hadiahnya mulai Mobil Mitsubishi Xpander, Sepeda
Motor, Paket wisata ke Eropa, Iphone 7 Red, Kamera Fuji XT10, Wisata ke Bangkok
hingga Smartphone.
M. Feriadi, Presiden Direktur JNE |
Menurut Presiden
Direktur JNE, Bapak M.Feriadi, dua program ini adalah sebagai apresiasi bagi
para pelanggan JNE di seluruh Indonesia. Apresiasi ini juga merupakan upaya
penyemangat bagi para UKM dalam melakukan kerjasama dengan JNE.
“Dengan adanya program
ini, diharapkan JNE beserta konsumen loyal nya merasakan kedekatan satu sama
lain dan JNE mendukung UKM supaya memperoleh kemudahan dalam pengiriman barang
dagangannya. Selain memperoleh kemudahan juga mendapat reward yang sepadan.”
Maka, di acara JLC
Award 2018 ini pun dibuat begitu royal. Kehadiran artis penghibut pun tidak
tanggung-tanggung. Ada Maliq D’essential dan lain-lain.
Karena acara ini
melibatkan para UKM yang sekaligus konsumen JNE, selain membagikan banyak
hadiah plus hiburan juga memberi edukasi terkait digital marketing yang
narasumbernya atara lain Hari Sungkari,
selaku Deputi Infrastruktur Badan
EkonomiKreatif (Bekraf) dan Billy
Boen, CEO Young On Top.
Misi edukasi JNE sudah
berjalan lama dengan UKM, hal ini sebagai bagian dari komitmen JNE yang ingin
memberi empower secara total kepada UKM agar semakin berkembang. Jika UKM yang
bekerja sama dengan JNE maju pesat, pastinya JNE juga ikut maju.
Hari Sungkari |
Hari Sungkari
memberikan materi soal bagaimana membangun bisnis sendiri secara kreatif
melalui dunia digital. Menurutnya, menangkap peluang bisnis harus dibarengi
dengan kreativitas dan inovasi karena jika biasa-biasa saja, bisa terpinggirkan
oleh kompetitor.
Indonesia yang gemar
ekspor bahan baku lalu impor kembali produk jadi yang berasal dari bahan baku
yang diekspornya, adalah suatu hal yang merugikan. Ini adalah contoh kurangnya
inovasi.
Untuk menumbuhkan
kepercayaan calon investor atau pihak yang akan bekerjasama, tentunya harus
membuat sesuatu yang menarik, berkelanjutan dan mempunyai pasar yang pasti.
Lalu, Billy Boen
menyampaikan materi kondisi pemassaran bisnis di era digital. Menurutnya,
memiliki sosial media adalah penting untuk promosi bisnis. Baik akun pribadi
maupun perusahaan.
Billy mengungkapkan
bahwa ada tahapan dalam strategi promosi sosial media. Diantaranya Awareness,
Engagement, Jualan.
Tahapan awareness adalah dimana pemilik akun
harus mampu mengalihkan perhatian khalayak kepada konten yang dibuatnya.
Kesadaran masyarakat umum terhadap apa yang disampaikan pada sosial media
sangat berpengaruh untuk mengenalkan produk atau jasa secara efektif.
Sedangkan Engagement adalah posisi sudah saling
mengenal dan ada interaksi dua arah antar akun. Berarti sudah lebih akrab ya?
Jika sudah saling
mengenal baru masuk ke jualan. Namun Billy Boen menekankan bahwa dalam satu
akun sebaiknya tak semua jualan isinya. Selingi dengan hal-hal menarik lain
yang dapat menarik follower misalnya quotes atau hal personal yang dapat
menginspirasi.
Jeda posting usahakan
tidak terlalu lama untuk menghindari kekecewaan follower yang menunggu post baru. Jadi, konsistensi sangat penting
untuk menyuguhkan konten yang rutin. Selain itu, ketahui juga jam yang pas
untuk upload untuk memperoleh
interaksi dan impression yang
optimal.
Santunan Anak Yatim |
Penandatanganan kerjasama dengan Helicity |
Selain memberi
apresiasi serta edukasi, pada kesempatan yang sama JNE juga menandatangan MoU
bersama partner kerjanya dan memberi santunan untuk anak yatim.
Banyak inspirasi yang
diperoleh dari JLC Award 2018 ini dari perusahaan yang tak hanya peduli dengan
keuntungan perusahaan semata namun mampu mengapresiasi konsumen sekaligus
memberdayakan UKM serta melakukan program CSR untuk kemanusiaan. Semoga
dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lainnya.
Bagi yang ingin
bergabung dengan JLC, bisa mengunjungi website https://jlc.jne.co.id pendaftaran
gratis dan mudah. Siapa tahu tahu depan mendapat reward yang keren.
seneng bisa liat langsung Billy Boen, biasanya cuma bisa di tv aja he he he
ReplyDeletesalut sama dia yang ngasih pendekatan inspiratif :)
Terharu waktu jumpa anak-anak panti asuhan tu. Semoga berkah ya JNE.
ReplyDeleteKeren, JNE! Kepedulian sosialnya tinggi dan sangat menghargai pelanggan. Saya juga lebih suka pilih JNE kalau belanja online. Nyaris gak pernah bermasalah kalau sama JNE
ReplyDelete