Pada suatu waktu, saya
melewati rumah yang rimbun dengan tanaman bagus di pekarangan rumahnya.
Sementara di dalamnya terlihat seorang ibu yang sibuk mengisi kotak-kotak
makanan dengan bahan sarapan. Saat itu, saya tertarik dengan bunga yang daunnya
merambat di pagarnya. Dengan percaya diri saya mengucap salam dan si ibu keluar
dengan ramah.
Saya langsung
mengutarakan niat meminta bibit tanaman tersebut. Di tengah kesibukan paginya
menyiapkan sarapan dan bekal anak-anaknya yang hendak beaktivitas, si ibu
mempersilakan saya untuk mengambil sendiri bibit tanaman dengan mempotek
batangnya. Karena tak perlu akarnya, tanaman tersebut masih bisa tumbuh. Si ibu
minta maaf dan balik ke dalam rumah sambil membagi-bagi ongkos pada tiga
anaknya yang hendak berangkat sekolah plus memasukkan kotak bekal ke dalam tas
masing-masing.
Itu gambaran aktivitas
ibu mulai dari matahari menyembul di pagi hari. Setelah anak dan suaminya
berangkat beraktivitas, ibu masih mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Seperti
mengepel, mencuci pakaian, menyetrika, memasak dan lain-lain.
Sore harus menyediakan
untuk ngeteh atau makan malam, menemani anak belajar hingga harus siap
mendengaran keluh kesah dan berbagai curhatan anggota keluarga yang memerlukan
solusi.
Itu gambaran aktivitas
ibu sehari-hari yang setiap hari. Maka dari itu, Fonterra Brands yang menaungi brand Anmum, Anlene dan Anchor
Boneeto meluncurkan kampanye “Best Mom Ever” yang bertujuan untuk memberi apresiasi tehadap ibu yang sudah
berperan multitasking untuk keluarganya. Kampanye ini dilakukan salah satunya
dengan meluncurkan MUG edisi khusus yang didesain oleh Chic and Darling.
Menurut Rohini Behl, Technica Marketing Advisor,
Fonterra Brands Indonesia, mengatakan bahwa kerjasama kampanye Best Mom Ever menggandeng Chic and
Darling ini karena terinspirasi oleh pemilik brand tersebut. Yakni, Kania
Annisa yang mewakili ibu masa kini. Dengan kesibukannya yang banyak serta
banyak prioritas yang harus didahulukan, tapi ia selalu mementingkan kebutuhan
keluarganya.
Ines Yumahana Gulardi |
Ines
Yumahana Gulardi MSc., Senior Nutrition Manager, Fonterra Brands Indonesia, menjelaskan
tujuan kampanye ini sebagai dukungan bagi para ibu yang menurut survei 2017 Fonterra
Brands Indonesia bersama Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI) pada 500
perempuan di 5 kota besar, megungkapkan bahwa mayoritas ibu lebih memenitingkan
kesehatan dan kesejahteraan keluarganya dari pada dirinya sendiri.
Seorang ibu menempatkan
kesehatan dirinya sendiri serta karirnya nomor 1 dan 2 dari urutan bawah.
Dengan adanya kampanye Best Mom Ever ini, diharapkan para ibu
juga dapat menjaga kesehatan dirinya sendiri agar dapat menjalankan tugasnya
dengan total tapi tubuh tetap bugar. Hadirnya Mug edisi khusus yang bisa
didapatkan hanya dengan membeli Anmum Materna dan Lacta 400 gr (rasa coklat),
Anlene Gold 650 gr (rasa
coklat,vanila dan original), dan Anchor Boneeto 700 gr (rasa coklat dan vanila).
Fonterra Brands dengan eksis lebih dari 30 tahun, sudah mengeluarkan
banyak inovasi untuk memenuhi kebutuhan setiap fase pertumbuhan. Mulai dari
perencanaan kehamilan hingga menyusui, Anmum Materna telah memenuhi kebutuhan
gizi ibu dan anak. Begitu pula dengan Anchor Boneeto yang memberi gizi dan
zat-zat pentig untuk anak serta bagi lanjut usia melalui Anlene dengan berbagai
kebutuhan gizi usia lanjut di dalamnya.
Roslina Verauli |
Dalam kesempatan launching kampanye ini hadir juga Psikolog Roslina
Verauli S.Psi., M.Psi., Psikolog yang memberi wawasan kepada peserta bahwa
perempuan mempunyai tugas dan peran 2/3 lebih banyak dari pada laki-laki di
rumah. Peran ibu mempunyai Emotion Work yang
bertugas memberi perhatian, mendengarkan, memahami perasaan suami dan anak
serta memberi apresiasi kepada mereka.
Oleh karena itu, seorang ibu perlu diapresiasi secara khusus agar emosi
dan keadaannya tetap stabil serta dapat merasakan kebahagiaan dalam menjalani
tugas-tugasnya.
Ibu Roslina Verauli memberi contoh, bahwa memberi apresiasi terhadap
ibu, bisa dilakukan dengan memberi kesempatan untuk ibu bersantai. Beri waktu
ibu untuk melakukan “me time” nya. Di
samping itu, lakukan aktivitas bersama dengan berkumpul bersama. Baik di rumah
atau makan di luar. Berian perhatian yang baik untuk ibu. Dengan demikian, ibu
akan merasa nyaman dan energinya bertambah dalam memanage rumah tangga.
“Sikap Asah, Asih dan Asuh juga sanga penting diterapkan dalam
pemgasuhan anak dalam keluarga. Maka, ibu perannya lebih kompleks. Mulai dari
membimbing secara pendidikan, memberikan kasih sayang dan menuntun kepada moral
yang baik.” Tambah Ibu Roslina.
Suasana acara peluncuran kampanye Best Mom Ever ini semakin hangat.
Antara haru, ceria dan mendalami makna dari keberadaan seorang ibu yang
berpengaruh terhadap kesejahteraan keluarga baik secara emosi maupun
kesejahteraan. Peran ibu sangat membuat suasana rumah menjadi hidup.
Menjelang Hari Ibu ini, yuk kita hargai ibu dengan kasih sayang yang
nyata. Ibu yang telah menjadi chef terbaik di rumah, menjadi manager dan lain
sebagainya. Ibu yang telah membuat keluarga menjadi nyaman dan bisa melakukan
berbagai kegiatan serta berkarya. Dan mengantarkan pada cita-cita.
Berbagai hal bisa dilakukan untuk memberi hadiah pada ibu, lakukan mulai
dari hal terkecil, seperti memberikan MUG istimewa yang merupakan ide dari
Fonterra Brands.
Me time ku biasanya setelah anak-anak berangkat sekolah, cuma sebentar sih karena banyak pekerjaan menunggu. Kalau enggak ketiduran, malam hari juga kadang ber-me time...
ReplyDelete