Jakarta, 31 Maret 2016
lalu saya merasa dihinggapi banyak keberuntungan di acara peluncuran Floridina
Web Series di Plaza Senayan. Bagaimana tidak? Dalam acara tersebut banyak
sekali asupan energi positif. Mulai dari konsep acara, tuan rumah yang ramah
dan ragam acara yang memberikan value tersendiri untuk peserta yang hadir.
Floridina adalah
minuman kemasan dalam botol dengan bulir jeruk asli dibuat dengan teknologi
terkini untuk memanjakan konsumennya. Minuman tak sekadar minuman bersari buah
tetapi mengandung bulir jeruk asli yang selain menuntaskan dahaga juga
mengurangi rasa lapar. Itu pengalaman saya, kalau saya bepergian terus belum
sarapan, biasanya saya suka minum minuman seperti Floridina ini. Selain
menyegarkan juga lumayan mengganjal perut.
![]() |
Floridina dengan Bulir jeruk asli, minuman favorit saya |
![]() |
Aristo Kristandyo |
Untuk lebih mendekatkan
Floridina dengan konsumen, maka PT Wings Food meluncurkan Floridina Web Series F.O.G Mission (Floridina Origin Games Mission)
dengan cerita menarik dan menantang. F.O.G
Mission memiliki tagline “Pilihanmu
akan menentukan nasib teman-temanmu”. Web
series ini terdiri dari 13 episode dengan durasi masing-masing episode
adalah sekitar 5-7 menit. F.O.G Mission
dibintangi oleh Velove Vexia selaku Brand Ambassador Floridina, Surya Lee,
Ricky Wattimena, Harold Pama dan disutradarai oleh David Budiatmadja.
Cerita dalam web series
tersebut mengulas cerita penuh kreativitas dan uniknya, penonton bisa
menentukan jalan ceritanya sendiri. Menurut Pak Aristo Kristandyo, ini adalah
strategi marketing yang lebih kreatif yang diharapkan akan mendekatkan konsumen
Floridina dengan image yang melekat.
Pak Aristo Kristandyo
pun mengemukakan bahwa kehadiran Floridina berdasarkan survei di masyarakat
yang setiap tahunnya membutuhkan minuman kemasan yang praktis dengan varian
rasa yang menarik dan menyegarkan.
Hubungannya dengan tema
terkait, PT.Wings Food memberikan komplimen berupa workshop dengan tema “Perkembangan
Strategi Komunikasi Pemasaran Digital dan Prakteknya dalam Industri”
![]() |
Hifni Alifahmi |
Narasumber pertama, Dr.
Hifni Alifahmi dari Universitas Indonesia, memberikan ulasan tentang trend
dunia digital dan sosial media. Menurutnya, ada enam trends dan kolaborasinya, diantaranya:
1. Corporate Brand & Product Brand Alignment
2. Corporate Brand & Personal Brand Aligment
3. Produk – Corporate – City Brand Alignment
4. Kolaborasi Corporate PR & Marketing PR
5. Narrative Marketing PR Story – Telling Marketing/PR
6. Cause – Related – Marketing (CRM)
Berhubungan dengan trend nomor satu adalah menyangkut reputasi perusahaan dan reputasi suatu negara yang punya perhatian khusus terhadap produk yang dihasilkan. Misalnya, tak sedikit orang Indonesia yang menyukai produk Korea. Alasannya beragam, ada yang menyukai kualitas juga corak-coraknya.
2. Corporate Brand & Personal Brand Aligment
3. Produk – Corporate – City Brand Alignment
4. Kolaborasi Corporate PR & Marketing PR
5. Narrative Marketing PR Story – Telling Marketing/PR
6. Cause – Related – Marketing (CRM)
Berhubungan dengan trend nomor satu adalah menyangkut reputasi perusahaan dan reputasi suatu negara yang punya perhatian khusus terhadap produk yang dihasilkan. Misalnya, tak sedikit orang Indonesia yang menyukai produk Korea. Alasannya beragam, ada yang menyukai kualitas juga corak-coraknya.
Berhubungan juga dengan
nilai brand dan misinya. Misalnya The Bodyshop yang concern terhadap uji coba produk tanpa melibatkan binatang. Intinya
ada satu misi yang bisa diusung untuk tujuan menyelamatkan bumi. Sehingga product awareness pun terbawa dengan
baik. Contoh lainnya adalah misi diet kantong plastik dan lain-lain.
Kampanye produk pun
memerlukan pendongkrak yang pas untuk memperoleh perhatian lebih, salah satunya
dengan mengendorse selebriti atau mengedepankan nilai suatu berita.
Untuk Trend yang ke
dua, Personal Branding dan Corporate Branding memainkan peranan
penting juga dalam sebuah campaign maka
dari itu, upaya menuju ke sana pun perlu dimaksimalkan dengan segala cara.
Mengusung judul
campaign pun harus dibuat sekreatif mungkin dengan cara memberi variasi yang
menonjolkan kekhasan produk tetapi misinya tetap sama.
Marketing dan Public Relations sudah seharusnya
berjalan beriringan dan saling mendukung kinerja masing-masing tanpa melupakan
porsi yang sudah ditetapkan dari masing-masing bagian. Keduanya harus mempunyai
sense dan spirit yang pas.
Sedangkan Narrative
marketing, wajib mengintegrasikan berbagai konten platform sosial media menjadi
satu kesatuan strategi. Mulai dari konten akun-akun sosial media, blog, artikel
website,Video, Komik dan animasi-animasi lainnya sampai desain merchandise
untuk publik.
Selain itu, program CSR
(Corporate Social Responsibility) pun
perlu diolah semenarik mungkin agar memberikan awareness yang baik dan pas.
![]() |
Robin Malau |
Materi kedua dibawakan
oleh Robin Malau, dengan tema “Indonesia Digital Marketing Trends” Menurut
Robin Malau, ada empat faktor yang membentuk trend market, diantaranya:
- Pemerintah,
- Transaksi Internasional,
- Spekulasi dan Ekspektasi,
- Persediaan dan Permintaan.
Tolak ukur campaign berdasarkan data jumlah
pengguna gadget dan sosial media serta infrastruktur yang mendukung aktivitas
tersebut. Indonesia termasuk yang memiliki fasilitas internet lambat dan kurang
mumpuni. Menurut Malau, kondisi penggunaan internet di Indonesia lebih dominan
melalui gadget dari pada komputer PC. Dan dalam tahun ini, trend streaming dan video akan lebih booming dari dapa model campaign lainnya.
Selesai workshop, Pak Aristo Kristandyo pun masih memberikan bocoran tentang strategi campaign yang dilakukan terhadap brand Floridina. Jelas saya kenyang ilmu dari acara ini.
![]() |
Awarding WINGS Journalist Writing Competition |
Acara ditutup dengan penganugerahan Journalist Writing Competition sebagai apresiasi WINGS terhadap Media dan Blogger yang berpartisipasi dalam mengkampanyekan brand-brand WINGS selama Tahun 2015.
oh ini acaranya yg kemarin Dewi menang ya Teh
ReplyDeleteAcara brand yang seperti ini menyenangkan. Karena yang hadir tidak sekadar dikenalkan produk. Tpai justru porsi terbesar adalah bagi-bagi ilmunya. Terima kasih udah share :)
ReplyDeleteWah, acaranya asyik dan sarat ilmu ya, Teh? Saya juga suka tuh minum minuman yang satu ini. Bulir jeruknya itu memang membantu banget mengganjal perut saat bepergian hingga ketemu makanan utama nantinya. :)
ReplyDeleteMinuman favorit keluargaku nih mbak, begitu muncul langsung langganan sedia stok di rumah :)
ReplyDeleteJadi selanjutnya kita harus belajar bikin video ya teh, supaya tetap update. Dunia media memang dinamis bgt ya....belajar belajar dan belajar lg. Gpp asal jgn diminta bikin jurnal hehehe.
ReplyDeleteMakasih infonya teh.
PR nih buat aku bikin video, namun menanantang
ReplyDeleteAcaranya bermanfaat ya, ga cuma mengenalkan produk. Wings menghargai peran para jurnalis dalam mempromosikan produknya. Good!
ReplyDeleteHmmm, trend berikutnya, video & streaming. Harus terus meningkatkan ilmu euyy.
ReplyDeletegadget lebih dominan ya mbak,seru acaranya..dapat ilmu baru^^
ReplyDeleteVideo streaming, catet :D. hihih seru emang kalau ada acara gini ilmunya selalu baruuu
ReplyDeleteTergantung niat kita sih sebenarnya hadirin event buat apa.
ReplyDeleteHasilnya ga bakalan jauh2 dari niat kita
So, niat harus benar2 diperbaiki dulu
Teteh, bagiin satu Floridina nya dunk, hauusss
Setuju banget mbak Rahma... iat itu emang yang paking penting saat akan menjalankan sesuatu, apapaun ituh
DeleteSeneng ya kalau ada event yang brandnya bagi - bagi ilmu seperti ini, banyak hal baru yang bisa terus digali biar makin maksimal. Trus seneng jg da kalau pemenang blognya dapet piagam gitu hihihihi. Bisa dipajang untuk kenang - kenangan.
ReplyDeleteAku suka minuman sari buah yang ada serat jeruk aslinya seperti ini. Jadi nggak seperti minum lemon yang dikasih sepuhan :)
ReplyDeleteGood brand. mereka ternyata sangat menghargai media/blogger yang turut membesarkan namanya
ReplyDeleteWah kalau melihat minuman ini jadi keinget waktu zaman sekolah dulu, waktu itu saya sering beli floridina hmm rasanya memang enak sampai saya selalu membelinya setiap hari.
ReplyDeleteSemoga acara bermanfaat seperti ini semakin sering diselenggarakan yak
ReplyDelete