Menjawab tantangan iPrice untuk memberikan solusi dan masukan terhadap ecommerce, maka saya pilih kesupermarket.com sebagai ecommerce pilihan saya.
Saya mengenal e-commerce kesupermarket.com dari acara gathering tahun lalu di Jakarta Selatan. Sistem belanja via kesupermarket.com sangat memudahkan dan memanfaatkan teknologi banget. Kesupermarket baru beroperasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dan baru bekerjasama dengan Ranch Market dan Farmers Market. Hanya melayani wilayah yang jaraknya dalam batas sekitar 5 km saja. Dengan alasan supaya kesegaran terjaga. Sesuai tagline nya Fresh and Finest.
Belanja di
kesupermarket.com cukup mengakses via websitenya di komputer atau aplikasi di smartphone.
Dari hasil mencoba belanja, memang yang dilayani hanya ber-radius 5 km, jika
lebih dari 5 km, tidak bisa dilayani. Saya waktu mencoba belanja, pinjam alamat rumah
teman yang dekat dengan salah satu supermarket yang bekerjasama. Jadi saya bisa mencoba dan sukses!Saya mengenal e-commerce kesupermarket.com dari acara gathering tahun lalu di Jakarta Selatan. Sistem belanja via kesupermarket.com sangat memudahkan dan memanfaatkan teknologi banget. Kesupermarket baru beroperasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Dan baru bekerjasama dengan Ranch Market dan Farmers Market. Hanya melayani wilayah yang jaraknya dalam batas sekitar 5 km saja. Dengan alasan supaya kesegaran terjaga. Sesuai tagline nya Fresh and Finest.
Barang yang dipesan
sampai dalam waktu satu jam saja. Luar biasa! Setelah itu, saya mencoba sistem bisa
diambil di tempat, karena gak enak pakai alamat teman terus, saya kali ini
ngarang alamat. Pakai alamat daerah lebak bulus agar terjangkau ke Ranch Market Pondok Indah. Gak takut nyasar barangnya karena kan
mau diambil ke tokonya. Sukses! Pakai alamat bohongan yang
penting sesuai radius kurang dari 5 km. Dan sejam kemudian, setelah diberitahu customer service belanjaan bisa saya ambil.
Dari pengalaman saya
tersebut, ada beberapa catatan untuk kesupermarket.com agar bisa memperbaiki
kekurangannya. Berikut catatan dari saya:
TARGET KONSUMEN:
Selama ini, target
konsumen kesupermarket.com baru menyasar area Jabodetabek sedangkan daerah lain
dan kota-kota lain banyak yang tertarik dan ingin juga merasakan layanan ini. Sebaiknya
segera diluncurkan layanan kesupermarket.com untuk seluruh nusantara. Mengingat promosi dan jangkauan
website dan sosial media kesupermarket sudah diketaui banyak orang. Jika promosi
sudah menyebar, sebaiknya diimbangi dengan penyebaran cabang dan layanan yang
lebih luas.
Radius layanan juga
sebaiknya ditambah, tak sebatas 5 km. Saya rasa untuk bahan makanan segar yang
dibubuhi es batu akan kuat untuk jarak minimum 10 km. Apa lagi untuk bahan
makanan kering seperti beras, biskuit dan bahan mentah lainnya. Banyak yang
ingin mendapatkan layanan ini tapi radius sangat terbatas.
SOLUSI : Jika
kesupermarket.com tetap ingin memberlakukan kebijakannya seperti semula, dengan
layanan radius tak lebih dari 5 km dan hanya untuk konsumen di Jabodetabek
saja, strategi promosi ke target pasar dan konsumen harus lebih mengerucut dan
terfokus.
PROMOSI TAK CUKUP HANYA
MELALUI ONLINE
Saat gathering acara ini, menurut pihak kesupermarket.com promosi hanya dilakukan melalui digital dan mengedepankan kualitas produk. Ini oke menurut saya.
Catatan saya untuk sistem promosi, target pasar dan
konsumen yang sangat terbatas, dengan radius tak lebih dari 5 km dari rumah ke
supermarket dan sebaliknya, itu pun hanya untuk wilayah Jabodetabek, maka
promosi tak bisa hanya dilakukan secara online, mengingat pengguna gadget
dengan aplikasi yang digunakan di area tersebut belum tentu semua memahami dan
belum tentu semua punya aplikasi.
Mengingat banyak masyarakat yang belum tanggap teknologi, sekalipun masyarakat kelas menengah ke atas. Tidak menjadi jaminan mereka ngeh dengan aplikasi keren kesupermarket.com ini.
Mengingat banyak masyarakat yang belum tanggap teknologi, sekalipun masyarakat kelas menengah ke atas. Tidak menjadi jaminan mereka ngeh dengan aplikasi keren kesupermarket.com ini.
Jadi, ini beberapa
solusi promosi yang bisa dilakukan:
Penyebaran
Pamplet atau Brosur
Penyebaran pamplet atau
brosur bisa dilakukan di mana saja, sesuai wilayah target yang diinginkan. Misalnya,
di area Ranch Market dan Farmers Market atau di tempat umum. Sebaiknya, ada
petugas yang menyebarkan pamplet atau brosur ke rumah-rumah yang ada dalam
radius layanan. Dengan catatan, ada evaluasi setiap bulannya, jika efektif,
metode ini bisa diteruskan.
Monthly Gathering untuk Konsumen
Agar konsumen loyal,
salah satu yang dapat mengambil hatinya adalah dengan membuat forum. Buat
millis satu hamalan saja di website kesupermarket.com untuk menampung konsumen
atau pengguna layanan yang setia dan butuh wadah. Jadi, kesupermarket.com tak
hanya mengirimkan email promosi melalui subscribe saja tapi memberikan
informasi melalui millis atau forum akan lebih ada kedekatan secara emosional.
Selain forum atau
millis, adakan gathering rutin bisa sebulan sekali atau disesuaikan dengan
kesiapan kesupermarket.com. Mau dilaksanakan dua bulan sekali atau lebih pun
tak masalah yang penting ada tatap muka. Ini kesempatan untuk mengetahui
masukan dan harapan konsumen.
Door To Door
Introducing
Bisa juga dilakukan
perkenalan dari satu lingkungan rumah ke lingkungan rumah lainnya di wilayah
radius layanan, dengan cara mendatangi RT atau perkumpulan Ibu PKK atau Arisan.
Melakukan aktivitas games, kuis berhadiah atau berbincang-bincang sambil
memperkenalkan fitur kesupermarket.com yang bisa dimanfaatkan.
Strategi door to door lebih mendekatkan dan
memasyarakat tentunya.
Member of The Month
Beri penghargaan kepada
konsumen pilihan yang setia menggunakan kesupermarket. Konsumen yang rajin
belanja atau aktif di forum. Apresiasi ini akan menumbuhkan loyalitas dan
pemenang Member of The Month biasanya
secara otomatis menjadi brand ambassador secara
sukarela. Akan menyebarkan informasi terkait kesupermarket.com secara sukarela
karena ada keterikatan secara emosional. Jika sudah saling memberi dan menerima
manfaat, simbiosis mutualisme pun tercapai dengan sendirinya.
PRODUK DISPLAY
Produk display sangat
penting, sebaiknya beri tanda mana barang masih tersedia atau yang sudah sold out agar konsumen bisa memilih
barang-barang yang tersedia saja tanpa kerja dua kali untuk memilih dan order
kembali saat diberitahukan barang tersebut kosong.
Karena, pengalaman saya
belanja melalui kesupermarket.com ini, beberapa kali mendapatkan stok yang
kosong. Pemberitahuannya dilakukan setelah check
out jadi, makan waktu lagi dan harus membuat order baru lagi.
Deskripsi produk pun
harus jelas, mana yang tersedia dalam bentuk kemasan asli atau refill dan jika isi produk sama namun
tersedia beda kemasan juga harus dijelaskan. Misalnya, Minyak Goreng A tersedia
kemasan 2 Kg, jika kemasan Refill yang di-display apakah ada kemasan botol yang
tersedia?
Di poin target konsumen
di atas, saya membahas soal radius layanan pengiriman, saya menyarankan untuk
menambah jangkauan dengan menambah jarak radius. Solusinya, bisa bedakan mana
produk yang hanya dilayani radius kurang dari 5km dan bisa dilayani sampai
radius 10 km. Caranya, bedakan produk. Jika produk segar seperti sayuran,
daging dan makanan matang harus sampai cepat, tidak masalah hanya dilayani
dalam radius kurang dari 5 km tapi jika makanan kering bisa dilayani pengiriman
dalam radius lebih dari 5 km. Jadi, konsumen merasa puas menggunakan layanan
ini.
PENGEMBANGAN APLIKASI
Usahakan aplikasi
ringan saat diakses, fitur-fitur dibuat sederhana dan eye-catching jika aplikasi user
friendly dan tidak berat, akan memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya.
Terpenting lagi, selalu
update konten nya. Dan produk yang ditampilkan juga secepat mungkin update jangan sampai produk yang kosong
tidak dikasih tanda atau pemberitahuan bahwa barang tersebut kosong.
CALL CENTER / Customer Servive
Selama saya mencoba
belanja melalui kesupermarket.com, call
cencter cukup melayani dengan baik. Selalu tanggap dan koordinasi baik
sehingga belanjaan selalu tepat waktu sampai.
Catatan untuk call center kesupermarket.com, harus
mengetahui banyak aktivitas kesupermarket.com di setiap gerai atau tempat. Info
– info tersebut bisa didistribusikan oleh pusat tentunya. Mengapa saya memberi
masukan ini? Karena usai gathering blogger dan media, saya mendapatkan voucher
belanja kesupermarket dan ketika saya bertanya ke call center cara penggunaannya,
karena kode voucher semua sama dengan yang dibagikan ke peserta. Call center tidak tahu dan tidak ada
follow up untuk membantu bertanya ke atasannya atau pihak yang bisa mewakili.
KODE VOUCHER
Jika membuat kode
voucher, sebaiknya buat kode unik untuk masing-masing voucher, karena kalau
kode voucher sama, akan mengundang disalahgunakan orang yang tidak bertanggung
jawab walaupun one use one registration tapi
kode yang unik akan lebih aman dan mengunci.
Demikian masukan saya
untuk kesupermarket.com. Saya menuliskan ini karena fitur kesupermarket.com
sudah bagus dan sangat membantu bagi yang paham kemudahan melalui digital. Jika
dibenahi, akan memberi value yang
lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat luas. Dan kesupermarket.com belum
tersosialisasikan bahkan untuk wilayah yang ada dalam radius layanan.
Mudah-mudahan solusi yang saya tuliskan ini dapat memberikan masukan agar
kesupermarket.com lebih dikenal dan dirasakan manfaatnya untuk masyarakat luas.
Nah iya, saya juga pernah belanja di Kesupermaerket nih. Satu lagi teh, selalu update untuk stok barang-barangnya, karena saya sering banget udah pesen barang, tapi pas udah order baru dikasih tau barangnya udah sold ��
ReplyDeleteAplikasi gak berat, bener banget teh, saya pernah download aplikasi buat belanja, udah mah berat, lama kebukanya alhasil males duluan meski kepengen belanja :(. Kalo aplikasinya ringan dengan kapasitas kecil, kayanya bakal jadi dambaan semua orang.
ReplyDeleteSayang banget, Bandung belum bisa ya teh. hihih. Padahal lumayan ya biar ga capek keluar
ReplyDeletebaru tahu ada kesupermarket.com, bu
ReplyDeleteini jadi solusi kaum urban nih
coba ah instal aplikasinya :)
Aku malah baru tau ada kesupermarket.com. semacam belanja di supermarket online ya.
ReplyDeleteWaks, warbiyasak idenya teh Ani :)
ReplyDeleteBarokallah ya teh selamaaaatt
Wah, saya baru tau nih ada jasa kesupermarket.com ini. Anyway, congratulations teh Ani. You're Keren! ^_^
ReplyDeleteKalau di kampung saya mau sayur dan buah fresh bukan ke supermarket dit kom tapi langsung saja ke kebun samping rumah dot kom
ReplyDeleteHahaha...
Di kota aja jarak 5 km. Apalagi ke Cianjur ya. Jaman mana....
Aku malah baru tahu ada aplikasi kesupermarket, teh. Keknya enak itu, nungguin belanjaan sambil ngetik di rumah.
ReplyDelete