Career Coach From @ReneCC - Dunia-Spasi

Friday 13 April 2012

Career Coach From @ReneCC

Rene Suhardono diapit moderator Bayu dan Andira

Thursday, April12,  2012

Jam 17.00 usai ngantor saya langsung menuju Senayan City, lelah sehabis kerja dan pusing kepala karena cuaca panas dan terperangkap dalam kemacetan kawasan Radio dalam Jakarta tak membuatku urung menghadiri acara talkshow yang disponsori oleh Indosat mobile dan 87.6 Hardrock FM Jakarta.

Yang membuat saya tertarik magnet acara ini karena ada ulasan talkshow dari motivator Rene Suhardono penulis buku best seller berjudul "My Job is not my Career
Seorang pekerja full time di sebuah perusahaan swasta seperti saya ini tentu topik talkshow ini sangat bermanfaat dan cocok untuk diaplikasikan jika cocok dan mampu memberi perbaikan pola pikir terhadap apapun pekerjaan kita.

Sampai di tempat acara yaitu Nut Culture Cafe setelah registrasi, dibagi godie bag dan dinner, acara pun dimulai dan disiarkan secara langsung oleh 87.6 HardrockFM, dengan narasumber yang sudah ditunggu yaitu Rene Suhardono langsung berbagi tentang pengertian "portable professionals" dalam bekerja. Dipandu moderator Bayu dan Andira yang membuat acara talkshow semakin semarak dan hidup.
Saya dan beberapa teman Blogger yang hadir saat itu menyimak dengan seksama.

Portable Professionals adalah seseorang yang mempunyai kelebihan atau kepemilikan kemampuan dalam dirinya yang akan menjadikan dirinya kaya intelektual dan rasa, dengan memiliki berbagai hal tersebut sudah pasti akan meraih keberhasilan yang di inginkannya dalam hidupnya.
Jadi, bekerja tak hanya mengukur penghasilan dalam bentuk 'uang' karena masih banyak hal yang bisa membuat kita enjoy dalam hidup walau ada rutinitas bekerja. Jangan sampai bekerja adalah beban dan memperbudak kita, namun pekerjaan yang menjadi karir lah yang harus kita kendalikan.
Apakah equitas yang menjadikan dirinya portable professional? tentu saja sebuah jaringan relasi, pertemanan yang luas, reputasi diri yang baik dan kontribusinya dalam melakukan pekerjaan ditempat kerjanya maupun dalam usahanya sendiri.

Menurut Rene, begitu banyak hal dalam hidup ini yang bisa dicoba dan bisa dirasakan, kenalilah apa yang membuat kita ada gairah didalamnya, maka keluarlah kita dari lingkup yang monoton, masuki segala komunitas dan kegiatan positif, cari teman sebanyak mungkin untuk lebih meluaskan jaringan.
Untuk mengembangkan reputasi diri tentunya kita harus bisa sering meningkatkan kemampuan dan evaluasi terhadap setiap apa yang telah dilakukan.
Kontribusi adalah merupakan hal yang penting dalam mengukur sebuah loyalitas kita terhadap pekerjaan dan perusahaan tempat kita bekerja, jadi bukan diukur dari lama kita bekerja dalam perusahaan.

Saya sempat bertanya pada sessi tanya jawab, Mengenai definisi dari judul buku "My Job is not my career" Rene yang tak suka dipanggil namanya dengan embel-embel mas, bang, apalagi pak menjawab dengan lugas dan membuat saya tersihir akan artikulasi makna judul buku tersebut.
Menurut Rene, segala apa yang kita kerjakan ketika bekerja dalam mencari nafkah, sejujurnya tak semuanya sesuai dengan hati nurani, selalu saja ada ganjalan walau kita mendapatkan penghasilan cukup dan bisa memenuhi apa yang kita inginkan, ganjalan itu sebabnya karena kita tak punya passion dalam pekerjaan tersebut.

Dilanjutkan Rene bahwa jangan kita mengaku sudah memiliki passion terhadap apa yang kita lakukan tapi  dalam benak masih ada angan-angan lain, berarti passion itu belum kita dapatkan.
Dalam menerima atau menjalani suatu pekerjaan, ada baiknya kita berani berkata "tidak" terhadap sesuatu yang tak membuat kita merasa happy, lakukan apa yang benar-benar kita butuhkan dan sesuai untuk hidup kita dan cocok dengan segala kondisi kita.

Jadi intinya, Portable Professional adalah melakukan apa yang bisa kita nikmati dari aktivitas dan segala pekerjaan apapun, dimanapun, dengan hal ini maka passion itu akan muncul.

Dari acara ini, alhamdulilah saya mendapatkan hadiah Buku terbaru Rene Suhardono karena bertanya tadi , judulnya Your Journey to be the ultimateU , plus tandatangan dan pesannya yang menyentuh semangat "Dear Ani, Always live a life that really matter to you"




1 comment:

  1. sepertinya motivasi seperti ini yang saya butuhkan saat ini

    nice article teh :)

    ReplyDelete

@templatesyard