Solusi Bahan Bangunan Ramah Lingkungan dan Tahan Lama dari Gyproc - Dunia-Spasi

Tuesday 8 August 2017

Solusi Bahan Bangunan Ramah Lingkungan dan Tahan Lama dari Gyproc


Saya semasa kecil sering menyaksikan tukang bangunan mengaduk campuran pasir, semen dan air untuk fondasi, dinding ataupun campuran untuk mengecor dinding dan lantai. Saya kecil memerhatikan mereka kompak bekerja sama, biasanya dilakukan oleh minimal 4 orang hanya untuk mengaduk. Biasanya yang satu bertugas mencampur bahan, satu lagi mengambil air dari sumur (Karena zaman dulu belum menjamur selang langsung dari jet pump) lalu yang lainnya bertugas mengangkat hasil adukan bahan tersebut untuk diaplikasikan oleh satu temannya lagi pada fondasi atau dinding.

Melihat betapa memerlukan banyak tenaga kerja hanya untuk pekerjaan mengaduk bahan bangunan saja, saya kecil sampai berpikir, berapa biaya yang dikeluarkan oleh orang tua saya untuk membangun dan merenovasi rumah pada saat itu? Apakah tidak ada yang lebih simpel lagi cara membuat dinding atau cor? Dan hanya saya pendam dalam hati.

Ternyata jawabannya saya dapatkan saat ini, saat saya sudah beranjak dewasa jauh sekali ya, jeda nya. Tahu soal bahan bangunan berkualitas dari undangan Blogger Crony Community untuk acara peluncuran tiga produk Gyproc dari PT. Saint-Gobain Construction Products Indonesia, pada 2 Agustus 2017 di Sheraton Gandaria City. Banyak pengetahuan soal bahan bangunan berkualitas terkait gypsum dan dinding rumah di sini. Surprise sekali!

Sebelum mengulas tiga keunggulan produk baru dari Gyproc, kenalan dulu yuk dengan PT. Saint-Gobain Construction Products yang sudah berpengalaman ratusan tahun dan mulai masuk ke pasar Indonesia mulai 2007 dengan sistem pemasaran distribusi Gypsum impor. Perusahaan ini tersebar di Eropa, Amerika, Timur Tengah dan Asia.

Untuk memenuhi pelayanan maksimal di Indonesia maka PT.Saint-Gobain Construction Products Indonesia resmi didirikan pada 2012 dengan pabriknya di Cikande Industrial Estate, Serang, Banten.
Berikut tiga produk unggulan yang diluncurkan:

Habito



Kuat dan Tahan, Papan Gypsum kuat tahan lama dengan ketebalan 12,5mm mudah dipasang tanpa harus membuat tempat sekitarnya kotor karena adukan semen, pasir dan air. Habito kuat dan tahan dari benturan, bahkan terhadap guncangan ekstrim. Di area pameran, saya sampai mencobanya berkali-kali memukul pakai palu besi tapi tidak retak, hanya terjadi lecet sedikit. Padahal saya memukul sekuat tenaga saat itu.

Mampu menahan beban hingga 30 kg per titik yang dipasang, dinding bisa dikreasikan menjadi pajangan bukan hanya untuk benda kecil s

eperti frame atau hiasan pada umumnya, bahkan kursi, meja, motor dan lain sebagainya bisa ditaruh di dinding. Bagi yang memiliki ruangan sempit, dinding rumah bisa menjadi solusi tempat penyimpanan barang yang sekaligus bisa menjadi hiasan.

Mudah dipasang, Barang yang akan ditempelkan di dinding mudah dipasang, tak perlu memakai bantuan bor listrik, cukup memakai sekrup biasa dengan bantuan obeng. Sesuaikan ukuran sekrup dengan barang yang akan digantung dan sekrup harus terdorong sampai dalam.

Ramah Lingkungan, Rendah emisi, dapat mengatur suhu ruangan sehingga bisa hemat energi, bahan tidak beracun dan mudah didaur ulang.

Glassroc H


Sistem drywall yang dikhususkan untuk area basah, seperti kamar mandi, dapur, kolam renang dan lain-lain. Jangan salah persepsi dengan berpikir bahwa semen sangat kuat dan tahan air, ketika di area pameran, saya mencoba mencelupkan dinding yang terbuat dari semen dan dinding Glassroc H. Ternyata yang terbuat dari semen sangat mudah menyerap air sedangkan Glassroc H lebih tahan air.

kiri: Gypsum semen dan kanan Glassroc H

Kelebihan dari Glassroc H adalah:

Tahan Air, dapat dilewati uap air sehingga  struktur dapat bernapas.

Tahan Api, unggul sesuai standar Euroclass A1

Tahan Jamur dan anti mikroba, Dari lapisan Fiber Mesh Tape dengan lapisan kacanya membuat jamur tidak mudah hinggap

Kedap terhadap suara

Bisa digunakan sebagai ubin langsung, atau bisa dilapisi ubin. Glassroc H mampu menopang berat ubin hingga 30kg per meter persegi.

Tidak memerlukan waterproofing

XRoc


Xroc dengan sistem drywall diperuntukkan khusus ruangan X-Ray yang ada di ruangan rumah sakit atau lembaga penelitian medis. Ruangan yang mampu menahan sinar radiasi akan menyelamatkan lingkungan dan individu di sekitarnya. Terutama untuk kesehatan tubuh jangka panjang. Maka, untuk dinding yang ruangannya biasa digunakan untuk aktivitas yang memakai X-Ray, direkomendasikan memakai Xroc.

Berikut kelebihan dari X-Roc:

Bersertifikat Uji Coba, Lolos uji sesuai standar internasional IEC 61331-1:2014 untuk nilai setara timbal oleh Radiation Metrology Group of Public Health England.

Mampu meredam suara hingga Rw 57dB, sehingga menenangkan aktivitas.

Tingkat kepadatan tinggi, Walaupun bahannya tidak banyak lapisannya namun komponen XRoc tangguh, tahan banting dan benturan.

Tahan Api, Mudah didaur ulang dan harga lebih stabil.

Tiga produk yang baru diluncurkan ini merupakan produk unggulan yang direkomendasikan baik untuk tempat bisnis maupun tempat tinggal. Semua produk Gyproc ramah lingkungan karena berbahan dasar material yang mudah didaur ulang.

Komponen bahan produk-produk Gyproc juga tidak menggunakan banyak bahan baku sehingga hemat biaya dan hemat operasional. Mudah dipasang dan tidak menimbulkan banyak pekerjaan seperti harus bersih-bersih lantai karena bekas adukan pasir dan semen dan lain-lain.

Kualitas Gyproc yang memberi keawetan memberikan solusi agar tidak sering merenovasi atau mengganti dinding atau plafon karena kerusakan tembok yang mudah lapuk, diserang rayap atau berjamur.

Sudah saatnya masyarakat beralih dari bahan bangunan biasa namun memakan biaya dan tenaga lebih banyak ke Gyproc yang menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan berkualitas tinggi yang pengeluaran biayanya lebih kompetitif dan ada nilai ekonomisnya.

Photo Credited: Blogger Crony Community

Terpenting lagi, masyarakat wajib mengetahui manfaat kegunaan bahan bangunan ramah lingkungan untuk kesehatan, karena bahan bangunan yang ditawarkan Gyproc tidak mengandung bahan beracun dan dapat mengurangi sampah karena selain produknya lebih efisien, mudah didaur ulang dan tidak cepat rusak.

Bahan bangunan ternyata harus banyak dipikirkan materialnya, jika tidak memilih yang tepat, bisa membahayakan diri dan keluarga dalam jangka panjang.

2 comments:

  1. aku awalnya deg2an mau nyoba duduk di kursi jati yg di gantung itu teh, tapi ternyata beneran kuat ya gypwall-nya hehehe..

    ReplyDelete
  2. Wah ramah lingkungan dan bisa di daur ulang juga yaa..komplit ini, cucok jadi pilihan ntar pas mau bangun rumah.

    ReplyDelete

@templatesyard